Penggunaan Data Seluler pada iPhone Boros? Lakukan Langkah Ini

Oleh Nadia Maharani on Jumat, 22 Jul 2016 | 16:50

Mungkin yang terlintas di benak Anda saat hendak melakukan registrasi paket data untuk iPhone Anda yang ditawarkan para provider, 4 GB adalah jumlah yang fantastis. Namun, ternyata kuota sebesar itu tak berarti banyak berkat aplikasi-aplikasi iPhone yang “lapar”.

Jika Anda amati, berbagai fitur dan aplikasi pada iPhone Anda akan melumat habis kuota Anda. Paket data sebesar 4 GB bisa habis kurang dari 3 minggu. Penggunaan kuota data Anda akan semakin boros bila Anda rajin melakukan streaming iTunes, menonton video-video berkualitas HD hingga memanfaatkan fasilitas hotspot yang disediakan perangkat Anda. Kondisi akan menjadi kian parah bila Anda membiarkan iOS melakukan update aplikasi secara otomatis.

Untungnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kegiatan pemborosan kuota data pada iPhone Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa menghemat kuota data seluler Anda:

Jangan Setting Update Otomatis

Memang, mengatur setting pembaharuan secara otomatis membuat aplikasi Anda selalu ter-update. Namun, tanpa pengawasan Anda, hal itu akan menyedot kuota data Anda, termasuk untuk melakukan update yang tak perlu. Itu sebabnya, Anda sebaiknya mematikan “Use Cellular Data” agar kegiatan mengunduh Anda tetap terkontrol.

Matikan Fitur Auto-Playing Video pada Facebook

Salah satu update yang ditawarkan Facebook untuk iOS adalah fitur auto-play yang akan memutar video secara otomatis ketika Anda tengah mengintip news feed Anda. Memang, fitur tersebut cukup menarik mengingat Anda tak akan melewatkan video seru yang di-posting teman Anda. Namun, fitur itu juga akan melahap kuota data Anda. Itu sebabnya, mematikan fitur tersebut akan menjadi langkah tepat.

Memilih Browser dengan Mode Mobile-Friendly

Berselancar di dunia tentu saja akan berdampak pada penggunaan kuota data Anda. Bila Anda gemar menghabiskan waktu Anda untuk berkunjung ke berbagai situs di internet, ada baiknya Anda memakai browser yang tak memakan banyak data. Opera Mini dan Google Chrome bisa jadi opsi tepat untuk Anda.

Kurangi Penggunaan FaceTime

Memang, FaceTime membuat aktivitas komunikasi terasa lebih asyik. Namun, aplikasi ini juga membutuhkan data besar. Jika Anda tergantung pada FaceTime untuk berkomunikasi, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mengurangi aktivitas video call Anda. Beralihlah ke pesan teks karena pengunaan datanya lebih kecil.

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar