Fitur Rahasia Mac Yang Perlu Anda Ketahui

Oleh Nadia Maharani on Senin, 22 Des 2014 | 16:35

Apakah Anda menggunakan Mac Anda dengan cara konvensional alias mengandalkan tombol-tombol pada keyboard atau ikon yang tersedia untuk melakukan perintah? Sebenarnya Mac memiliki segudang rahasia yang tak banyak diketahui oleh para penggunanya.

Alih-alih menghabiskan waktu Anda untuk mencari ikon atau perintah pada menu, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan secara manual untuk mempermudah pekerjaan Anda. Tentu saja, Anda juga dapat menghemat banyak waktu saat menggunakan Mac kesayangan Anda.

Jika Anda merasa sudah amat mengenal Mac Anda, pernahkan Anda melewatkan perintah-perintah dasar yang tersembunyi dari mata Anda selama ini? Apabila Anda belum tahu cara menyembunyikan dock Anda, bisa dipastikan Anda belum sepenuhnya mengetahui rahasia Mac.

Cukup dengan mengkombinasikan Command + Option + D, dock akan tersembunyi dari layar Anda. Amat mudah untuk mengembalikan dock tersebut sesuka Anda. Anda hanya perlu mengulang perintah tadi untuk menampilkan dock kembali.

Ingin meng-capture sebagian gambar tanpa harus menyimpan semua bagian layar? Anda dapat menahan Command + Shift + 4 yang akan mengubah kursor menjadi tanda untuk membuat outline. Segera buat outline dan tekan Spacebar untuk meng-capture.

Untuk menghilangkan aplikasi berjalan yang terlalu banyak, Anda dapat melakukan manajemen quick tab. Tinggal tahan command dan tekan tombol tab. Tekan “Q” untuk menghentikan beberapa aplikasi yang tak Anda butuhkan atau “H” untuk melakukan minimize.

Tahukah Anda jika Spotlight tak cuma untuk mencari dokumen? Ternyata Spotlight juga dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan matematika dasar. Anda hanya perlu mengetikkan angka untuk melakukan perkalian atau pembagian di kolom pencarian.

Tak hanya bisa digunakan sebagai kalkulator, khusus pengguna OS X Yosemite, Spotlight dapat dipakai untuk melakukan pencarian di web yang akan memberikan rangkuman singkat dan teratur dari Wikipedia. Dengan Spotlight, Anda pun bisa membuka aplikasi dari kolom pencarian.

Ingin melihat Expose bekerja dalam slow motion? Cukup tahan “Shift” sambil menekan tombol Expose. Anda juga dapat membuat ikon Apple di layar dengan menahan Option + Shift + K.

Bagi Anda yang menggunakan Mac OS X Lion, melakukan invert dan revert warna pada dislay sangat memungkinkan. Cukup tahan Command + Option + Control + 8 untuk melakukannya. Ini merupakan cara yang sangat membantu bagi para penderita buta warna.(Tedi)

Baca juga artikel:

Samsung Chromebook 2, Tampilan Mewah Harga Terjangkau

Onda V975M, Cara Murah Menikmati Retina Display Selain di iPhone 

Ini Bocoran Produk Yang Akan Dirilis Apple pada 2015

Artikel Lainnya

Komentar