Hasil Tes Baterai HTC U Ultra Buruk, Benarkah?

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 20 Mar 2017 | 16:13

Tentu menarik, membandingkan daya tahan baterai HTC U Ultra dengan ponsel Android premium lainnya. Apalagi spesifikasi ponsel HTC terbaru ini tidak berbeda jauh dengan spesifikasi hape Android premium lainnya. Sekadar catatan, HTC U Ultra menggunakan layar berukuran 5,7 inci dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixels.

Untuk kapasitas baterai, hape terbaru ini juga menggunakan baterai berkapasitas standar 3000 mAh. Tentu dengan kapasitas baterai yang standar ini banyak pengguna yang menganggap daya tahan baterai ini buruk. Namun, ternyata hal tersebut salah.

Dalam tes yang dilakukan laman Phonearena, HTC U Ultra disetting kecerahan layarnya untuk nyaman digunakan di dalam maupun luar ruangan. Setelah itu, ponsel dipakai untuk harian dan multitasking.

Hasilnya cukup mengejutkan, ponsel premium HTC ini ternyata memiliki daya tahan hingga kurang dari 7 jam penggunaan. Sedikit lebih buruk dibanding Samsung Galaxy S7 Edge dan Google Pixel XL yang bertahan selama 7 jam lebih.

Image via PhoneArena

Dari hasil ini tampak jelas bahwa smartphone premium saat ini memiliki daya baterai yang buruk dibandingkan ponsel Android kelas menengah hingga entry level. Pasalnya, saat tes baterai dilaksanakan pada Lenovo P2, ponsel kelas menengah ini bisa bertahan kurang dari 12 jam. Tentu hasil ini mengejutkan banyak pihak. Namun, sepertinya masalah layar yang terlalu lebar hingga resolusi yang terlalu tinggi pada smartphone premium menjadi kendala utama borosnya baterai.

Selain tes berapa lama baterai bisa bertahan, dalam tes kali ini juga dicek seberapa cepat ponsel bisa mengisi daya. Dalam tes kedua ini, HTC U Ultra mampu mengisi baterai dari 0 ke 100% dalam waktu 1 jam 40 menit. Hal ini tidak berbeda jauh dengan hasil tes Samsung Galaxy S7 Edge.

Image via PhoneArena

HTC U Ultra menghadirkan sejumlah fitur yang berkelas serta fungsional disokong desain nyaman. Tidak tanggung-tanggung, HTC mengusung bodi mewah berbahan metal berlapis kaca Sapphire. Hal ini menjadikan ponsel tampak eksotis dibandingkan ponsel premium yang ada di pasaran saat ini. Lapisan ini tidak lupa terlindungi oleh anti gores Gorilla Glass 5.

Pada bagian layar, HTC menggunakan layar yang lebar yakni 5,7 inci. Layar ini akan menggunakan panel Super LCD 5 dengan resolusi 1440 x 2560 pixels. Layar ini tentu menampilkan gambar yang jelas dan detail. Tidak hanya itu, HTC menggunakan teknologi bernama Liguid Surface.

Dengan teknologi ini, pengguna bisa menikmati layar di bawah cahaya matahari dengan lebih jelas. Tidak hanya itu, HTC juga menghadirkan layar kecil di atas layar utama. Layar ini akan menampilkan shortcut untuk aplikasi favorit dan kontak. Layar ini akan berukuran 2 inci dengan resolusi 160 x 1040 pixels.

HTC U Ultra dibekali teknologi USonic untuk menjernihkan suara audio yang dihasilkan ponsel. Sayangnya, HTC menghilangkan jack 3,5 mm dan menggantinya dengan USB type C. Menurut website resmi HTC, adaptor USB untuk jack 3,5 mm akan dijual terpisah. Tidak hanya itu, HTC juga menghilangkan speaker stereo pada sisi depan.

Pada bagian mesin, ponsel premium HTC ini akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Prosesor ini akan disokong RAM 4GB. untuk memori penyimpanan, HTC menghadirkan memori internal 64GB yang bisa ditambah lagi dengan slot microSD. Ponsel Android terbaru ini akan menggunakan OS Android 7.0 Nougat.

Untuk bagian kamera, HTC U Ultra akan menggunakan kamera utama 12 MP dengan sensor 1,55 pixels. Tidak hanya itu, HTC juga sudah menempatkan teknologi PDAF dan laser autofocus, OIS hingga lensa sapphire yang anti gores. Untuk kamera depan, HTC memasang kamera 16 MP dengan teknologi HTC UltraPixel. Terakhir ponsel terbaru HTC ini menggunakan baterai 3000 mAh dengan Quick Charge.

Baca juga artikel:
Hape LG X Power2 Dirilis dengan Baterai 4.500 mAh
Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Boros Baterai Usai Update Android 7.0 Nougat
Wow, Hasil Tes Daya Baterai Samsung Galaxy A5 2017 Cukup Mengesankan

Artikel Lainnya

Komentar