Harga dan Spesifikasi Toyota Alphard 2018

Oleh Rira updated Rabu, 24 Jan 2018 | 17:41

Mobil Toyota Alphard di Indonesia bisa dibilang menjadi salah satu simbol gaya hidup. Tak heran bila banyak kalangan yang menggunakan kendaraan ini untuk menunjang aktivitas mereka, sebut saja mulai dari artis, selebritis, politikus, hingga tokoh-tokoh masyarakat terkemuka.  

Hal ini cukup wajar mengingat mereka memang memiliki penghasilan besar. Apalagi harga mobil Alphard baru cukup tinggi untuk ukuran kalangan menengah. Untuk memiliki mobil ini, setidaknya Anda harus menyiapkan dana hingga Rp900 jutaan hingga Rp1 milyar lebih. Bahkan harga mobil Alphard bekas juga masih terbilang stabil.

Meski demikian, harga ini sudah sesuai dengan apa yang akan didapat. Salah satu kelebihan mobil Alphard adalah kenyamanannya, terutama untuk Anda yang memiliki aktivitas yang padat. Selain itu, tampilan mewah Aphard juga tak bisa dipungkiri lagi. Tak hanya bagian eksterior, bagian interiornya pun jauh lebih mewah dibandingkan mobil MVP lainnya karena memang material mobil ini dipilih dari bahan-bahan premium.

Memasuki tahun 2018, Toyota pun kembali mengupgrade mobil MVP andalan mereka tersebut. Selain desain luar, Toyota Alphard 2018 interior termasuk mesinnya pun banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hal ini tentunya sangat menggelitik para pemilik Alphard tipe lama untuk mengupgrade mobilnya ke seri yang paling baru ini.

Nah, perubahan-perubahan apa saja yang ada di All New Alphard 2018 ini dan kira-kira berapa harga yang ditawarkan Toyota untuk mobil impian ini? Berikut ulasannya.

Toyota Alphard 2018 Eksterior

Untuk tahun 2018, Toyota Alphard tampil dengan lebih mewah dan gagah. Tersedia beberapa pilihan seperti Black, Luxury White Pearl Crystal Shine, White Pearl MM, dan Silver Metalic. Untuk eksterior, Toyota membuat perubahan pada lampu depan,  grill depan, bumper depan, tailgate dan lampu ekor.

Kesan mewah dan aerodinamis dari Alphard 2018 ini sudah nampak dari aksen warna chrome yang ada di grill radiator dengan desain V shape yang menyatu dengan headlamp. Bumpernya sendiri kini dibuat dengan lebih sederhana dilengkapi dengan foglamp simpel yang memberikan kesan mewah. Untuk bagian samping mobil, kekhasan Alphard tetap terjaga dengan keberadaan pintu slidernya.

Tentunya dengan sistem geser ini, membuka dan menutup pintu bisa dilakukan dengan lebih mudah dan tentunya menunjang kesan mewah. Di bagian handle pintu slider ini juga diaplikasikan aksen chrome sehingga membuatnya makin cantik.

Kesan mewah yang manis dari Alphard 2018 ini juga nampak dari desain new rear aerokit yang ada di bagian belakang mobil. Bagian belakang mobil desainnya lebih simpel namun tetap terkesan mewah karena aksen chrome yang ditampilkan di bagian garis tengah bagian belakang lampu belakang sehingga memiliki garis yang berpadu dengan yang lain. Stoplamp bagian belakang ini bentuknya cukup besar sehingga akan terlihat jelas untuk bagi pengendara yang ada di belakangnya. Pintu bagian belakang lebih mudah dibuka dengan karena dukungan power backdoor.

Toyota Alphard 2018 Interior

Salah satu aspek yang sangat diunggulkan dari jajaran Alphard adalah kenyamanan interiornya. Selain nyaman, bagian interior Alphard juga terlihat mewah dan berkelas sehingga semakin menegaskan kelas premium dari mobil ini. Kenyamanan dalam mobil bisa dirasakan baik oleh pengemudi maupun penumpangnya.

Mobil ini memiliki konsep 7 seater yang luas dan leluasa. Kesan mewah langsung terasa begitu melihat bagian kabin mobil ini. Berada di dalam kabin juga sangat nyaman karena suara bising dari luar tidak akan masuk ke dalam. Semua teredam begitu pintu ditutup. Untuk hiburan, disediakan fitur audio dengan LCD di bagian depan. Ada pula LCD screen yang bisa digunakan untuk memutar acara favorit yang bisa ditonton bersama-sama.

Jok terbuat dari bahan kulit lembut yang sangat nyaman menyentuh kulit. Jok didesain dengan sekat antar tiap jok plus penyangga tangan dan kaki serta tempat untuk meletakkan barang. Di setiap kursi terdapat alat untuk mengontrol AC agar pengguna bisa mengatur suhu AC sesuai keinginan masing-masing. Demikian juga dengan tempat duduk yang bisa disetting sendiri-sendiri sesuai keinginan. 

Perhatian Toyota pun tak hanya untuk penumpang normal saja, karena untuk penumpang difabel disediakan setting kursi yang bisa bergerak otomatis keluar dari kabin dengan posisi rendah sehingga jika menggunakan kursi roda bisa dengan mudah masuk atau keluar mobil. Sunroof pun disediakan sehingga penumpang bisa menikmati sinar matahari saat berkendara.

Sistem kemudi yang digunakan adalah tipe rack and Pinion dengan EPC yang berguna untuk memudahkan pengemudi saat menyetir.  Untuk All New Alphard 2018 ini Toyota mengubah warna panel instrumen dan memberi lebih banyak pembaruan visual. Ada fitur Toyota Safety Sense P, fitur Pre-Collising System (PCS) untuk mendeteksi pejalan kaki baik di siang maupun malam hari, juga fitur Lane Departure Alert (LDA) untuk mendeteksi pinggir jalan dan juga fitur Advance Car Start Notification.      

Spesifikasi Toyota Alphard 2018

Untuk mobil sekelas Alphard, bisa dibilang mobil ini irit bahan bakar karena sistem suplai bahan bakar di mobil ini membuat mobil menjadi irit BBM. Untuk kapasitas tangki BBM nya sendiri sebanyak 75 Liter. Untuk mesinnya, All New Alphard 2018 terbagi dalam dua varian mesin. Untuk yang pertama yakni untuk varian tertinggi menggunakan mesin 2GR-FE yang berkonfigurasi V6 12 Valve DOCH dengan Dual VVT-I berkapasitas 3.5 Liter. Mesin jenis ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 275 PS putaran 6200 RPM dengan torsi maksimal 34.7 Kgm pada putaran mesin 4700 RPM.

Sedangkan untuk varian kedua, menggunakan mesin 2AZ-FE berkonfigurasi IL 4 16 Valve DOCH dan sudah Dual VVT-I dengan kapasitas 2.4 Liter. Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini maksimal hingga 170 PS untuk putaran mesin 6000 RPM dengan torsi maksimal 22.4 Kgm pada putaran mesin 4000 RPM.

Tenaga dari mobil ini tersalurkan dari transmisi otomatis 6 percepatan. Kualitas suspensinya tidak perlu diragukan lagi karena sudah menggunakan MacPherson Sturt dengan Torsion Bar. Sistem EFI (Electronic Fuel Injection) dibenamkan pada mobil ini untuk mengefisiensi penggunaan bahan bakar. Dual VVT-I yang disematkan di mesin mobil ini juga dilengkapi dengan ETCS-I & ACIS yang berfungsi untuk memudahkan kontrol dan dapat meningkatkan performa mesin sehingga torsi berkecepatan rendah sampai kecepatan tinggi bisa optimal.

Sistem Keamanan Toyota Alphard 2018

Selain kenyamanan, keamanan juga sangat diutamakan bagi pengemudi dan penumpang Alphard. Di mobil ini ada 7 airbags yang terdapat ada masing-masing kursi yang akan bekerja secara otomatis saat terjadi kecelakaan atau benturan dan tentunya bisa memberikan perlindungan yang maksimal.

Sedangkan sistem pengereman mobil ini menggunakan rem cakram ABS, EBD, BA, VSC dan TRS yang mengoptimalkan pengereman dan dapat menghindarkan diri dari terkuncinya roda saat pengemudi mengerem secara tiba-tiba. Mobil ini juga dilengkapi dengan clereance and back sonars, vehicle stability control, dan perlindungan di bagian atas dan bawah mobil untuk melindungi saat terjadi benturan dan mengurangi efek benturan.

Dimensi Toyota Alphard 2018

Sebagai mobil MVP, dimensi Alphard memang cukup besar. Dengan panjang 4919 mm, lebar 1850 mm dan tinggi 1895 mm mobil ini memiliki jarak pijak depan dan belakang 1575 dan 1570 mm. Sedangkan jarak poros roda yaitu 3000 mm dan ajrak terendah ke tanahnya yaitu 160 mm. Dengan ukuran tersebut memang membuat mobil ini terlihat bongsor namun sangat pas dan nyaman untuk menampung 7 orang penumpang di dalamnya. 

Harga Toyota Alphard 2018

Berlaku bulan Januari 2018 :

No Tipe Alphard 2018 Harga
1 Alphard X A/T 2.4 Rp904.700.000
2 Alphard G A/T 2.4 Rp1.054.700.000
3 Alphard Q A/T 3.5 Rp1.723.100.000


Baca juga artikel :  

Ini Harga dan Spesifikasi Toyota All New Rush 2018

Pilihan Mobil Bekas Toyota Paling Populer di Indonesia

Mobil Tangguh Toyota Fortuner, Cek Harganya di Sini Bro!

Artikel Lainnya

Komentar