Mobil Khusus Wanita yang Paling Bagus? Ini Dia Daftar Rekomendasinya

Oleh Adam Rizal updated Kamis, 19 Okt 2017 | 11:24

wanita mengemudi
image via sykesassistance.com

Siapa bilang mobil hanya untuk kaum Adam? Saat ini banyak perempuan yang memilki dan mengendarai mobil sendiri bahkan sudah ada pembalap mobil perempuan di Indonesia. Mulai dari mahasiswi, wanita karir, hingga ibu-ibu rumah tangga kini melirik berbagai jenis mobil yang dapat dijadikan kendaraan pribadi mereka.

Apalagi, saat ini mobil adalah alat transportasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Hal itu membuktikan perempuan Indonesia juga sangat piawai menyetir dan mandiri yang memiliki beragam aktivitas. Biasanya, perempuan memilih mobil yang sesuai dengan style-nya seperti model-model hatchback, city car, maupun family car.

Karakteristik lainnya, mobil yang cocok untuk wanita biasanya yang memiliki desain body yang elegan, mungil, nyaman dan aman. Lalu mobil apa sajakah yang cocok untuk perempuan Indonesia saat ini? Berikut beberapa daftar merk dan jenis mobil yang sangat digemari oleh perempuan.

Toyota Agya

toyota agya 2017
Toyota Agya via youtube.com

Toyota Agya juga menawarkan konsep city car yang memiliki bodi kompak dan handal di daerah perkotaan serta sanggup menampung lima penumpang. Toyota Agya 2017 menawarkan desain interior yang tidak mengecewakan. Model itu memiliki desain dashboard yang berwarna hitam dan silver serta tidak terlalu banyak tombol pada roda kemudinya.

Dashboard Toyota Agya 2017 memiliki panel Audio, AC, dan tombol power windows. Satu hal baru, Toyota sudah membekali mobil LCGC itu dengan passenger seat model terbaru. Bangku penumpang Toyota Agya 2017 itu sudah menggunakan jok model ISOFIX yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang yang membawa bayi.

Untuk bagasi belakang, Toyota Agya 2017 menawarkan daya tampung ekstra dengan model kursi jok belakang yang bisa dilipat. Toyota Agya 2017 memiliki dimensi panjang 3600, lebar 1600 dan tinggi 1520 mm serta berat kosong mencapai 180 kg. Selain itu, Toyota Agya 2017 sangat cocok untuk melakukan manuver di jalan-jalan perkotaan.

Toyota Agya 2017 mengusung mesin DOHC 3 silinder sejajar dengan 12 katup. Mesinnya memiliki kapasitas silinder 998 cc yang mampu memuntahkan daya maksimal sebesar 65,3 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsinya sebesar 88 kgm pada 3.600 rpm. Ada juga varian 1200 cc bagi yang menginginkan mobil kecil dengan performa lebih mantap.

Toyota Yaris

toyota yaris 2017
Toyota Yaris via momobil.id

Toyota Yaris 2017 mengusung mesin seri 1 NZ–FE 1.4 liter DOHC VVT-i berkubikasi 1497 cc. Mesinnya sanggup memuntahkan tenaga sebesar 109 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,4 kg-m pada putaran mesin 4200 rpm.

Model hatchback itu memiliki kapasitas tangki maksimal 42 liter dan sudah menggunakan teknologi EFI yang akan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakarnya. Sebagai hatchback modern, Toyota Yaris 2017 mengusung kerangka model Energy Absorbing Body Structure dan High Strength Body Frame.

Kemudian, ada 3 point seatbelt dengan potensioner dan force limiter yang berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpangnya. serta fitur pengereman ABS dengan EBD yang menjadi fitur wajib Toyota Yaris 2017.

Terakhir, Toyota Yaris 2017 memiliki fitur Security System dengan Immobilizer Key serta alarm yang menjaga mobil itu dari incaran maling. Untuk kenyamanan, model hatchback itu mengusung fitur Audio Video Touchscreen yang berfungsi sebagai media entertainment dan ada AC Double Blower yang siap memanjakan pengemudi dan penumpang di dalam kabin All New Yaris.

Honda Brio

Honda Brio via jualmobilbaru.com

Honda Brio memiliki bodi mungil dan mesin yang irit sekaligus menjawab kebutuhan pasar akan mobil irit ramah lingkungan (LCGC). Honda Brio memiliki kapasitas penumpang hingga 5 orang, sangat cocok untuk keluarga baru.

Honda Indonesia pun telah merakit Honda Brio 2017 di pabriknya di Karawang, Jawa Barat dengan kandungan konten lokal sebanyak 85 persen. Tak hanya itu, Honda Brio juga mengusung mesin 1.300 cc atau 1.3 L SOHC 16 Valve I-VTEC.

Honda Brio mampu menempuh jarak 20 km dengan menghabiskan satu liter saja. Honda Brio memiliki fitur lainnya yaitu sistem ABS, Multi Information LCD, Green Glass, dan ECO Indicator. Mobil bertipe multipurpose vehicle (MPV) merupakan mobil paling laris di Indonesia karena menawarkan dimensi yang besar, mesin yang irit dan harga yang terjangkau.

Tak heran, mobil MPV menjadi mobil keluarga di Indonesia. Hampir semua pabrikan mobil di Indonesia memiliki varian mobil MPV karena varian MPV menjadi tulang punggung penjualan pabrikan otomotif di Indonesia.

Honda Jazz

honda jazz 2017
Honda Jazz via carlist.my

Siapa yang tidak kenal dengan Honda Jazz. Model hatchback itu sangat populer di mata generasi anak muda, modelnya yang compact dan aerodinamis menawarkan kemudahan ketika melakukan manuver di jalan raya.

Honda Jazz 2017 mengusung mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW mengusung bahan bakar PGM-FI yang sanggup menghadirkan performa impresif dan bertenaga. Mesinnya, sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 88 Kw (120 PS)/6.600 rpm dan juga torsi maksimal 14,8 kg.m (145Nm) 4.800 rpm.

Honda Jazz 2017 menggunakan penggerak roda depan yang terpadu dalam dua transmisi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan. Untuk Honda Jazz 2017 bertransmisi otomatis mengusung transmisi jenis CVT dengan teknologi Earth Dreams Technology untuk menghasilkan perpindahan transmisi lebih halus dan performa mesin yang maksimal.

Kemudian, Honda Jazz 2017 menawarkan fitur Audio Double DIN (New Jazz S dan New Jazz CVT), 6.1 inchi Touch Screen Display (New Jazz RS dan New Jazz RS CVT), Advanced 7 inchi Audio-Video System yang tersedia pada All New Jazz RS CVT Limited Edition. Terakhir, Honda Jazz 2017 menawarkan Key Type berjenis Wave Type atau Smart Key, Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System

Daihatsu Ayla

daihatsu ayla 2017
Daihatsu Ayla via blogspot.com

Daihatsu Ayla memiliki desain yang mirip dengan kembarannya Toyota Agya. Model itu sanggup menampung 5 penumpang dengan harga terjangkau. Daihatsu Ayla 2017 menawarkan desain yang sporty berkat kehadiran spoiler. Model itu memiliki speedometer yang atraktif, multi information indicator pada fuel meternya dan cluster ECO-driving.

Daihatsu Ayla 2017 menawarkan panjang 3600 mm x lebar 1600 mm x tinggi 1520 mm dengan berat kosong mencapai 180 kg. Untuk suspensi, Daihatsu Ayla 2017 mengandalkan sistem suspensi McPherson Struts dengan tambahan per keong untuk suspensi bagian depan. Untuk suspensi belakang, Daihatsu Ayla 2017 mengusung suspensi Torsion Axle Beam.

Daihatsu Ayla 2017 mengandalkan mesin D26F 1KR-DE yang merupakan mesin Eco Technology dan menjamin konsumsi bahan bakar lebih efisien, tetap bertenaga, dan ramah lingkungan. Daihatsu Ayla 2017 mengusung kapasitas silinder 998 cc DOHC 3 silinder dan jumlah katupnya sebanyak 12 katup.

Mesinnya sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 65 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 8,7 Kgm pada putaran mesin 3.600 rpm. Untuk model transmisinya, Daihatsu Ayla 2017 menawarkan dua varian yaitu manual 4 percepatan dan otomatis.

Daihatsu Sirion

daihatsu sirion 2017Daihatsu Sirion via otomat.id

Model hatchback Daihatsu Sirion mengusung mesin 1.300cc. Sirion menawarkan desain yang sporty khas anak muda dan sesuai zaman. Model itu memiliki fitur Audio Steering Switch yang dapat mengganti lagu selagi menyetir. Model itu juga memiliki teknologi Retractable Outer Mirror yang memungkinkan Anda melipat spion.

Suzuki Karimun

Suzuki Karimun via autonet.com

Suzuki Indonesia menghadirkan Karimun Wagon R sebagai salah satu unit LCGC dan mengisi kekosongan di pangsa pasar mobil murah khusus untuk daerah perkotaan. Suzuki Karimun Wagon R menawarkan kapasitas penumpang hingga 5 orang.

Dari fascia depan, Suzuki Karimun Wagon R generasi terbaru menawarkan desain yang lebih segar, terlihat desain head lamp berkonsep Blue Eyes yang ada di ujung kanan dan kiri serta lampu utama yang sudah berteknologi LED.

Model itu juga memiliki grill depan berbentuk heksagonal memanjang dengan balutan warna krom sehingga terlihat elegan. Untuk lampu kabutnya, Suzuki Karimun Wagon R memiliki bingkai ring bercorak hitam doff dengan lampu kabut di dalamnya.

Desain bumper depan Suzuki Karimun Wagon R 2017 menawarkan konsep bumper depan yang dinamis dan bertingkat yang tegas. Dari samping, Suzuki Karimun Wagon R 2017 terlihat kompak berkat kaca mobil yang dibuat melebar dan lekukan garis body yang tidak terlalu banyak.

Desain belakang Suzuki Karimun Wagon R sendiri menganut konsep Sementara itu Karimun Wagon R tipe GS sudah mempunyai child proof rear door locks pada pintu belakang mobil. Untuk fitur kenyamanan lainnya, Suzuki Karimun Wagon R menawarkan fitur modern seperti 2 Din Audio, AC Double Blower, Sensor Parking dan ABS.

Untuk spesifikasi Karimun Wagon R sudah mempunyai fitur keamanan standar, seperti Immobilizer dan Central Lock yang tersedia untuk semua tipe.

Datsun Go+ Panca

datsun go+ panca
Datsun Go+ Panca via datsun.com

Nyaris tiga dekade, Datsun mati suri di pasar Indonesia hingga kemudian pada tahun 2012 memutuskan untuk comeback. Datsun kembali menunjukan ketajaman di pasar Indonesia dengan meluncurkan varian Datsun Go+ Panca yang mampu menampung 7 penumpang.

Datsun Go+ Panca memiliki spesifikasi mesin 1.2L yang menjamin performa bertenaga dan tetap irit konsumsi bahan bakar. Untuk fitur, Datsun Go+ Panca memiliki fitur penunjang keselamatan standar seperti Drive-side Airbag plus Pretensioner Seatbelt dan fitur kenyamanan seperti Drive Computer, Digital Tachometer, Gear Shift Guide, Intelligent Whiping System, dan Parking Sensors.

Selain itu, semua tipe Datsun GO+ memiliki AC manual yang cukup memberikan kesejukan di dalam kabin. Kemudian, ada juga fitur keamanan standar mobil modern, mulai dari Immobilizer, Central Door Lock, dan Keyless Entry lengkap dengan alarm.

Artikel baca juga:

Mengenal Mobil Matic: Transmisi, Fungsi Gear, Cara Penggunaan dan Perawatannya

11 Ciri dan Gejala Transmisi Matic Rusak pada Mobil yang Harus Diketahui

10 Mobil Murah yang Cocok Buat Grab, Uber dan Go Car

Artikel Lainnya

Komentar