Diperbaharui pada Selasa, 3 Oktober 2017 | 18:00

Ini Alasan Honda Accord 2018 Jadi Varian Terbaik Accord Sejauh Ini

Image via CarAndDriver

Setelah menanti semenjak pertengan tahun 2017, Honda akhirnya merilis varian baru mobil sedan populer, Honda Accord 2018. Berbeda dengan rumor yang sempat beredar bahwa mobil terbaru ini akan menggunakan mesin V6 dan desain baru dua pintu, Honda justru menghadirkan ubahan kecil namun cukup berpengaruh.

Sebut saja desain yang kian elegan, hingga desain eksterior baru dan teknologi steering wheel baru. Dengan dukungan mesin baru 1,5 liter dan 2.0 liter VTEC, mobil Honda ini siap diajak berkendara secara nyaman ataupun kencang tiap harinya. Lalu apa saja yang membuat Honda Accord 2018 layak menyandang gelas varian terbaik Honda Accord sejauh ini?

Desain Baru

Honda membalut mobil sedan terbarunya ini lebih elegan dan mirip dengan aura Civic. Accord baru ini bahkan lebih besar dari pendahulunya di hampir setiap sisi dan kapasitas bagasi. Terdapat juga pengurangan bobot kendaraan yang disebabkan penggunaan sasis modular baru. Penggunaan aluminium di area seperti subframe depan dan suspensi dengan baja berkekuatan tinggi juga membuat mobil lebih stabil.

Dibagian belakang, Honda menghadirkan lampu belakang LED baru dan knalpot ganda yang dibalut dnegan aksen krom. Dari sisi keamanan, mobil Honda ini menghadirkan sistem pengereman pra tabrakan hingga teknologi cruise control adaptif.

Speedometer Canggih

Image via jalopnik

Honda Accord 2017 hadir dnegan ubahan jajaran speedometer yang jelas dan bersih. Terdapat sebuah layar LCD kecil untuk menunjukan jarak tempuh dan petunjuk lainnya. Komponen ini pun dianggap kurang menarik bagi sebagian pengemudi. Menyadari hal tersebut, Honda merombak speedometer dalam varian 2018 menjadi layar resolusi tinggi dengan pilihan warna yang menarik. Tachometer pun didesain lebih minimalis namun elegan. Bahkan terdapat bagian yang akan menunjukkan berbagai informasi termasuk status mesin dan status jalan.

Sistem Infortaiment Baru

Image via jalopnik

Pada varian 2017, Honda menghadirkan dua buah layar LCD pada tengah dashboard. Hal ini tampak aneh bagi sebagian orang. Untungnya, pada varian Accord 2018 honda merombak itu semua. Honda menambahkan semacam tablet Android mirip dengan kepunyaan Mercedez benz dan Mazda. Layar tablet Honda ini akan menampilkan informasi dan konfigurasi mobil. Terdapat pula beberapa tombol pengaturan yang didesain mudah dijangkau dan dioperasikan.

User interface yang dihadirkan bahkan mirip dengan smartphone sehingga mudah dipahami. Honda juga menambahkan Accord NFC System sehingga smartphone bisa terhubung ke sistem infotainment mobil Accord dengan mudah. Sayangnya sistem ini tidak support untuk iPhone. Honda juga menghadirkan aplikasi baru untuk Android maupun iOS yang berguna untuk mengunci mobil, menyalakan mobil atau mencari mobil, semua dari smartphone.

Lebih Ergonomis

Image via CarAndDriver

Untuk urusan kenyamanan, varian Honda Accord sejak lama memang sudah terkenal nyaman untuk dikendarai. Dan pada varian Honda Accord terbaru, produsen asal jepang ini kian menghadirkan ergonomis tinggi. Honda merombak bagian knop persneling dengan desain ala Civic Type R 6 Kecepatan. Honda juga mengubah bagian pedal sehingga lebih responsive dan nyaman di kaki dibanding pedal varian 2017. Pada bagian kemudi pun, Honda menampilkan desain yang lebih minimalis. Tombol pada setir dibuat lebih menyebar sehingga mudah dijangkau.

Satu hal yang membedakan Accord baru dan Accord lama ini ialah bagian kabin depan yang dibuat lebih bersih dan simple. Ini membuat pengendara lebih fokus dalam berkendara. Honda juga mengubah bagian pengaturan suhu sehingga lebih detail dan berkelas.

Mesin Bertenaga

Honda kabarnya memasang mesin baru yang siap memuaskan semua segmen pengendara. Dalam mobil sedan Honda ini terpasang mesin 1500cc 4 silinder VTEC Turbo, mesin 2000 cc 4 silinder VTEC Turbo. Mesin Honda tersebut akan disokong pilihan transmisi 6 percepatan manual, CVT EartDreams atau girboks baru Honda yakni Girboks otomatis 10 percepatan yang mirip dengan Honda Odyssey 2017. Ini kan membuat mobil 1500 cc mampu menyemburkan tenaga 192 HP. Untuk versi 2000 cc akan mengelontorkan daya 252 HP. Dengan spek mesin baru, Honda menjamin mobilnya tetap akan bisa dipacu kencang maupun santai.

Honda Accord 2018 memang bukanlah sebuah mobil sedan sport. Namun, Honda menyuguhkan nuansa sport nan elegan pada bodi dan mesin. Tidak heran, pengemudi akan puas menggunakan mobil ini untuk harian maupun untuk mencari kecepatan. Sayangnya, Honda belum merilis harga resmi dari mobil terbaru ini.

Baca juga artikel:

Harga dan Spesifikasi Honda Accord April 2017

Harga Honda Jazz 2017 dan Mobil 1500cc Paling Irit Berbagai Merk

Honda Luncurkan All-New Honda CR-V, Harga Mulai Rp400 Jutaan

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts