Pinjaman Online Tanpa Agunan, Lakukan Ini Ini Agar Anda Tidak Tertipu

Oleh Rizki Abadi updated Selasa, 2 Jan 2018 | 03:37

Pinjaman tanpa agunan kini populer di masyarakat. Kemudahan dalam mengajukannya dan prosesnya yang hanya sekitar 2-3 hari membuatnya menjadi solusi pinjaman yang efektif. Belum lagi, kini muncul produk pinjaman tanpa agunan yang bisa diajukan via online.

Dengan begitu, kemudahan dalam mendapatkan pinjaman dana tunai pun terus meningkat. Kini, bisa dilihat beragam situs pinjaman online tanpa agunan bermunculan di internet. Mereka menawarkan bunga yang bervariasi, dan cenderung rendah. Hal tersebut tambah meningkatkan ketertarikan masyrakat untuk mengajukan pinjaman online tanpa agunan.

Namun, di balik segala kemudahannya, apakah jenis pinjaman ini aman untuk dipilih?  Apalagi semuanya dilakukan lewat dunia maya. Kita tidak bisa melihat wajah orang yang menerima data aplikasi kita. Oleh karena itu, mari hal berikut agar transaksi pinjaman online Anda aman.

1. Kenali Lembaga Penyedia Pinjaman

pinjaman online tanpa jaminan
kenali tempat anda meminjam dana via suntrustng.com

Hal pertama yang harus dilakukan agar proses pinjaman online tanpa agunan aman adalah mengenali lembaga penyedia pinjaman. Jangan mengajukan pinjaman ke situs yang Anda tidak mengetahui asal usulnya. Anda bisa mencari tahu tentang lembaga tersebut di internet. Misalnya, ketik nama lembaga penyedia pinjaman online tanpa agunan di internet untuk mencari tahu informasi terkait lembaga tersebut. Biasanya lembaga yang kredibel memiliki situs sendiri, bukan berupa blog.

Selain itu, Anda juga bisa membaca testimoni-testimoni dari orang yang sudah mengajukan pinjaman online tanpa agunan di webstie tersebut. Caranya sama, yaitu cari lewat internet atau media sosial lembaga tersebut. Tujuannya, untuk mengetahui rekam jejak lembaga tersebut.

2. Pastikan Website Tersebut Asli

Setelah berkenalan dengan lembaga penyedia pinjaman yang menawarkan pinjaman online tanpa agunan, kini saatnya mengecek keaslian websitenya. Hal ini karena, bisa saja lembaga tersebut memang kredibel, namun ada pihak lain yang membuat website serupa yang mirip dengan tujuan menipu.

Oleh karena itu, mengecek keaslian website sangat diperlukan. Caranya, cek domain website, apakah menggunakan domain berbayar atau hanya domain gratis, semisal blogspot.com. Website asli tentunya akan menggunakan domain berbayar, seperti .com, .co.id, .net, dan lain sebagainya.

Selain itu, periksa ejaan nama website, biasanya website palsu menggunakan nama yang hampir mirip, hanya saja diplesetkan satu atau dua huruf, sehingga pengunjung tertipu. Misalnya, website asli www.pinjaman.com, website palsunya bisa saja www.pijamaan.com.

3. Ajukan Ke Situs Pinjaman yang Kredibel

Apabila malas untuk mengenali lembaga penyedia pinjaman online tanpa agunan terlebih dahulu, pilihlah ke situs pinjaman yang memiliki reputasi bagus. Maksudnya, Anda bisa memilih untuk mengajukan pinjaman online tanpa agunan ke situs yang sudah punya nama dan terkenal kredibel. Jika tidak tahu, Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada teman, saudara, atau tetangga yang pernah menggunakannya.

4. Periksa Kelengkapan Data yang Diunggah

kredit online tanpa jaminan
perhatikan dokumen yang Anda berikan via smallbizclub.com

Untuk melakukan pengajuan pinjaman online tanpa agunan, Anda tidak perlu mengirimkan dokumen persyaratan lewat pos atau mengantarkan langsung ke lembaga penyedia pinjaman. Cukup dengan mengunggah hasil scan dari dokumen-dokumen yang diminta.

Kelengkapan dokumen yang diminta menentukan apakah pinjaman akan disetujui atau sebaliknya. Lalu, apa saja dokumen yang diminta? Dokumen umum untuk pengajuan pinjaman online tanpa agunan adalah sebagai berikut.

  1. Fotokopi KTP atau Kartu Identitas Lain
  2. Fotokopi NPWP
  3. Fotokopi Rekening (3 bulan terakhir)
  4. Slip Gaji/SKP/SPT
  5. Fotokopi Surat Izin Profesi (untuk peminjam profesi)
  6. Fotokopi akta Pendirian/SIUP/TDP (untuk wiraswasta)

5. Cek Bunga yang Ditawarkan

Sebelum melakukan pengajuan, perhatikan berapa beban bunga yang ditetapkan oleh lembaga penyedia. Hal ini sangat penting karena jika tidak memperhatikan, bisa-bisa Anda bisa membayar mahal cicilan per bulannya.

Lihat pada website pinjaman online berapa bunga yang dikenakan untuk sebuah pinjaman. Jangan ajukan pinjaman dengan bunga lebih dari 3% per bulannya. Hal tersebut akan memberatkan Anda membayar cicilannya nanti. Biasanya untuk peminjaman tanpa agunan secara offline, bunga yang dikenakan hanya 1%.

6. Perhitungkan Dana Administrasi

Biasanya setiap pinjaman memiliki biaya administrasi, walaupun ada beberapa penyedia membebaskan biaya tersebut. Sebagai langkah antisipasi, lakukan pengecekan terlebih dahulu pada website penyedia pinjaman online, berapa biaya administrasi yang akan dibebankan ke debitur.

Tujuannya, agar Anda tidak terbebani dengan adanya dana administrasi ini. Jangan sampai tidak tahu bahwa pinjaman tersebut terkena biaya administrasi yang wajib dibayar. Tahu-tahu biaya tersebut sudah masuk dalam tagihan saja.

7. Hitung Lama Proses Pencairan

 

kredit online tanpa jaminan
perhatikan waktu cair kredit via pinimg.com

Setelah aplikasi pengajuan sudah lengkap, maka segera ajukan pinjaman tersebut. Hitung lamanya pencairan dana setelah pengajuan dikirimkan. Selanjutnya, apabila pinjaman sudah disetujui, pihak pemberi pinjaman akan menghubungi peminjam lewat telepon. Lama maksimal proses pengajuan pinjaman online tanpa agunan adalah 7-14 hari kerja. Jika lewat dari jangka waktu tersebut, Anda perlu curiga.

8. Pastikan Cicilan Bisa Dibayar

Pada umumnya, website penyedia pinjaman online tanpa agunan akan menampilkan simulasi pinjaman kredit sesuai dengan besaran pinjaman dan tenornya. Gunakan hal tersebut untuk melihat berapakah cicilan perbulan dari pinjaman Anda. Misalnya, untuk pinjaman Rp40. juta, cicilannya Rp3.7 juta per bulan dengan tenor setahun. Ingat, jangan ajukan pinjaman yang cicilannya akan membebani Anda setiap bulannya, apalagi yang melebihi pendapatan. Pastikan bahwa cicilan pinjaman dapat dibayar dengan lancar dengan menghitung kira-kira berapa pengeluaran Anda setiap bulannya.

9. Tentukan Tenor Sesuai Kebutuhan

Selain memastikan bahwa cicilan dapat “kecabut” setiap bulannya, tentukan juga berapa lama Anda akan berutang. Maksudnya, tentukan tenor pinjaman sesuai dengan kemampuan Anda. Hal ini karena, semakin lama tenornya, semakin ringan pula cicilan kredit perbulannya. Akan tetapi, Anda juga harus tahu satu hal. Apabila tenor semakin panjang, efek lainnya adalah bunga semakin besar pula. Untuk itu, perhatikan hal tersebut matang-matang. Selain itu, sesuaikan juga dengan kebutuhan.

Jangan Takut Mengajukan Pinjaman Online

Sebenarnya, melakukan pinjaman online tanpa agunan aman, asalkan Anda mengetahui prosedurnya dengan jelas. Selain itu, Anda juga harap waspada dengan lembaga penyedia pinjaman yang menawarkan bunga di atas rata-rata, misalnya lebih dari 3%. Hal tersebut tentunya akan membebankan Anda nantinya. Jadi, apabila sudah mengetahui seluk-beluk soal pinjaman ini, jangan ragu untuk mengajukannya.

Artikel Lainnya

Komentar