4 Kamera Mirrorles Terbaik dari Nikon, Cocok untuk Traveling

Oleh Wiro updated Senin, 17 Jul 2017 | 10:42


Sebagai produsen kamera, Nikon tentu memiliki kamera mirrorless terbaik, 4 kandidat ini merupakan pilihan di jajaran Nikon 1 Series sepanjang peluncuran pertama mirrorless Nikon di tahun 2011.

Hingga tulisan ini dibuat Nikon belum merubah seri dan hanya melansir Nikon 1 Series untuk mirrorless, diikuti 3 turunan tipe Nikon 1 yakni J series, V series dan S series. Meski beberapa kalangan mengatakan bahwa Nikon 1 boleh dibilang kurang bersaing dengan beberapa mirrorless lain namun Nikon tetap melansir jajaran kamera tanpa ruang cermin ini sebagai pelangkap produk dengan keunggulan yang dimiliki.

Dibandingkan dengan sistem mirrorless lainnya seperti Olympus PENPanasonic GSony NEX, dan Samsung NX, bobot dari Nikon 1 ternyata punya keunggulan karena lebih ringan dan lebih kecil, dan dengan desain ini Anda yang menggunakan salah satu kandidat kamera mirrorless karena lebih kecil dan ringan.

Yang disayangkan adalah harga dari kamera mirrorless Nikon ini, rata-rata Anda bisa menemukan harga Nikon 1 series lebih mahal dibandingkan dengan kamera mirrorles dengan spesifikasi setara, bahkan merk lain ada yang menawarkan lebih murah dengan spesifikasi lebih tinggi ketimbang Nikon 1 di tipe tertentu.

Terlepas dari itu, deretan kamera mirrorles terbaik Nikon ini memang bisa jadi andalan juru foto sebagai kamera alternatif, meskipun dari sisi ukuran sensor hampir seluruhnya memiliki ukuran 1 inci. Akibatnya, kualitas fotonya lebih buruk dari kamera DSLR, tapi lebih baik dari kamera saku canggih.

Sebagai gambaran, saat memakai ISO tinggi, hasil foto mulai menampakkan noise yang cukup terlihat di ISO 800. Sementara di kamera saku pada umumnya, ISO 400 sudah cukup banyak noise terlihat.

Berikut adalah 4 kandidat kamera mirrorless terbaik dari Nikon yang perlu Anda ketahui :

Nikon 1 AW1

Kamera yang dilansir pada pertengahan 2013 ini memiliki bentuk yang cukup tangguh, tak salah jika pada awal kamera ini muncul para traveler dan petualang banyak yang memilih jenis kamera ini. Meskipun memiliki harga yang cukup mahal, namun masih banyak yang menggunakan kamera mirrorless Nikon terbaik ini untuk memotret dalam air.

Exposure dari kamera Nikon 1 AW1 cukup baik untuk menghasilkan foto-foto fenomenal. Namun, pada pemotretan minim cahaya membutuhkan ISO tinggi dan tidak dipungkiri noise akan hadir dalam frame foto.

Seperti halnya saat memotret di bawah air, dengan kedalaman tertentu fungsi flash dari kamera mirrorless terbaik Nikon ini sangat dibutuhkan untuk mengurangi penggunaan angka ISO tinggi. Tetapi berbanding terbalik ketika melakukan pemotretan di luar ruang dan underwater yang dangkal, kinerja kamera ini layak diandalkan.

Nikon 1 AW1 11-27.5mm
Harga termurah

Rp 6,900,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 5, 15, 30, 60 fps
Lens Mount Nikon waterproof 1 mount

Nikon 1 V3

Terlepas dari desain yang cukup futuristik, Nikon V3 yang masuk dalam kandidat kamera mirrorless terbaik Nikon ini lebih dikenal sebagai kamera yang sangat cepat terutama kecepatan continuous shutter yang mampu menghasilkan 20 foto per detik, kinerja ini tentu berkat teknologi baru yakni autofokus hybrid phase and contrast detect, dan keunggulan ini juga merupakan salah satu pembaharu dari Nikon V1 yang juga mampu menunaikan tugasmemotret olahraga, satwa liar dan liputan.

Turunan dari Nikon 1 ini mengunakan sensor gambar berukuran 1 inch, seperti yang telah disinggung bahwa ukuran sensor gambar ini lebih besar dari sebagian besar kamera saku tapi sayangnya untuk bersaing dengan beberapa mirrorless lain atau DSLR maka kamera ini belum setara. Namun kontrol dial yang dimiliki membuat kamera Nikon mirrorles ini mudah digunakan sekalipun pengguna adalah pemula.

Nikon 1 V3
Harga termurah

Rp 9,978,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 30, 60, 120 fps
Lens Mount Nikon 1

Nikon 1 S2

Kandidat lanjutan sebagai kamera mirrorless Nikon terbaik jatuh pada Nikon 1 S2, kamera ini dibekali sensor CX-Format 14.2 megapixel tanpa optical low-pass filter yang dipercaya akan mepertajam hasil jepretan. Untuk puast kinerja kamera, kamera Nikon S2 yang punya dimensi kecil menggunakan prosesor Nikon EXPEED 4A yang menawarkan ISO hingga 12,800.

Sedangkan untuk performa video, Full HD 1920 x 1080/60p dengan dukungan electronic vibration reduction (e-VR) yang berguna untuk mengurangi efek guncangan saat perekaman video berlangsung telah disematkan sebagai senjata untuk mengabadikan gambar. Dengan teknologi yang dimiliki tersebut maka diharapkan hasil video saat bergerak akan lebih terlihat halus ketika ditonton ulang.

Sayangnya belum memiliki fitur WiFi terintegrasi, dengan begitu Anda yang inginkan teknologi ini harus berusaha untuk menambahkan aksesoris berupa wireless adapter untuk bisa terkoneksi internet. Dibandingkan dengan kamera saku Nikon lainnya maka kamera ini terasa lebih baik.

Nikon S2 Kit 10-30mm
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 30, 60 fps
Lens Mount Nikon 1 mount

Nikon 1 J5

Dari beberapa tipe sebelumnya yang terpilih,  Nikon 1 J5 merupakan kamera mirrorless yang paling mewakili untuk menjadi yang terbaik dari beberapa ulasan sebelumnya.

Pesaing kuat dari kamera ini adalah M10 milik Canon, meski keduanya diperuntukkan pada juru foto pemula, namun kelengkapan fitur yang dimiliki boleh jadi cukup mumpuni untuk para penggiat foto profesional dan menjadikannya sebagai second camera.

Prosesor Expeed 5A yang dimiliki sepertinya menjadi titik sentral kekuatan kamera ini, ditambah lagi dengan resolusi 20,8MP tentu cukup diperhitungkan untuk sebuah kamera, belum lagi dengan teknologi hybrid AF, tentu menjadi pelengkap siapapun yang menginginkan hasil gambar cepat akan terlaksana.

Yang juga tak kalah penting dari keunggulan kamera mirrorless Nikon terbaik ini adalah pada kemampuan rekam video dengan kualitas 4K, beberapa blogger sepertinya telah familiar dan lebih memilih menggunakan kamera ini selain memiliki kualitas video lebih baik daripada kamera ponsel, kualitas gambar serta kecepatan rekam dengan peredam getar serta bentuk yang kecil merupakan pertimbangan utama para vlogger untuk membuat tayangan mereka.

Nikon 1 J5 Kit 10-30mm
Harga termurah

Rp 4,400,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 16000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 60, 30, 20, 10, 5 fps
Lens Mount Nikon 1

Itulah jajaran dari kamera mirrorles terbaik dari Nikon, tak banyak yang bisa diulas karena produsen kamera ini sepertinya tak ingin juga mengambil posrsi pasar kamera mirrorless di pasar kamera. Nikon, yang besar dan terpercayta dengan kamera analog serta digital SLR masih tetap mempertahankan generasi DSLR, sama seperti Canon, meskipun mampu membuat sensor dan desain yang baik untuk mirrorles namun dua produsen kamera gaek yang telah banyak diketahui khalayak ini tak mau melahap porsi kamera mirrorless.

Baca juga artikel :
7 Kamera Mirrorless Untuk Video Terbaik 
4 Kamera Mirrorless Canon Terbaik, Foto dan Video Berkualitas 
5 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik, Lihat Perbandingannya Disini 

Artikel Lainnya

Komentar