Diperbaharui pada Rabu, 3 Mei 2017 | 17:40

Teknologi yang Bikin Samsung Galaxy S8 dan S8+ Layak Dimiliki


Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+ resmi dirilis dan siap dimiliki konsumen di Indonesia.

Samsung secara resmi telah merilis perangkat flagship generasi terbaru mereka di pasar Indonesia. Dimulai dengan pemesanan secara pre order, kini hape Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+ sudah mulai dipasarkan. Dengan harga yang cukup tinggi, apa saja yang ditawarkan kedua smartphone canggih ini.

Infinity Display 

Menjadi tren baru bagi desain smartphone nyaris tanpa bezel yang menghadirkan pengalaman menggunakan smartphone dan menikmati konten menjadi lebih menarik. Tampilan Infinity Display yang dihadirkan oleh Galaxy S8 dan S8+ memiliki rasio tampilan layar menjadi 18,5:9 sehingga semua konten dapat ditampilkan dan dinikmati dengan lebih maksimal. 

Tidak hanya itu, keduanya juga sudah didukung perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5 pada sisi depan dan belakang untuk memastikan ketahanan perangkat. Penambahan fitur always-on dengan wallpaper yang dianimasikan mendukung keseluruhan tampilan Infinity Display sehingga Galaxy S8 dan S8+ tampak lebih menawan dan elegan.

Bedanya, layar di Samsung Galaxy S8 berukuran 5,8 inci dengan teknologi AMOLED dan resolusi Quad HD+ 2960 x 1440. Sedangkan Samsung Galaxy S8+ menggunakan layar 6,2 inci dengan teknologi dan resolusi yang sama. Sehingga mempengaruhi ukuran bodi keduanya, dimana Samsung Galaxy S8 berukuran 148,9 x 68,1 x 8,0 mm dan Samsung Galaxy S8+ berukuran 159,5 x 73,4 x 8,1 mm.


Kamera

Untuk kemampuan kamera di Galaxy S8 dan S8+, Samsung telah memaksimalkan jumlah pixel dan menambah kecepatan auto-fokus dengan lensa yang dapat menangkap lebih banyak cahaya. Sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan hasil yang berkualitas, kapanpun, dimanapun.

Kamera di Samsung Galaxy S8 dilengkapi dengan teknologi canggih untuk pengolahan multi-frame image yang menghasilkan foto terang dan jelas hampir di setiap suasana.Dengan teknologi ini, kamera dapat mengambil bukan hanya satu foto, namun hingga tiga foto, kemudian memilih gambar yang paling jelas dan menggunakan dua lainnya untuk mengurangi blur.

Dengan menyatukan tiga gambar di atas satu sama lain, foto yang dihasilkan menjadi sangat detail dengan kontur yang lebih jelas. Hal ini bahkan berlaku untuk foto yang diambil dalam kondisi kurang ideal, seperti ketika zoom-in dalam keadaan minim cahaya. Selain itu, kamera juga dapat menangkap dan memproses gambar dengan sangat cepat sehingga pengguna tidak dapat membedakan prosesnya dengan kamera smartphone konvensional.

Lensa kamera yang terdapat pada Galaxy S8 memiliki resolusi 12 megapiksel dengan bukaan F1.7 yang mengadaptasi sensor gambar Dual Pixel yang pertama kali diperkenalkan ke pasar smartphone melalui Samsung Galaxy S7. Dengan teknologi Dual Pixel, setiap pikselnya akan secara cepat terfokus, sama seperti cara kerja mata manusia. Dengan memisahkan semua piksel kamera menjadi dua dioda foto untuk deteksi fase on-chip, teknologi ini memungkinkan performa auto fokus yang lebih baik, bahkan dalam keadaan minim cahaya.


Sedangkan kamera depan dengan resolusi 8MP dan bukaan F1.7 memiliki auto-fokus yang telah ditingkatkan dari kamera depan yang dimiliki oleh Galaxy S7 yaitu 5 megapiksel bukaan F1.7.

Fitur lain yang juga menarik keberadaan stiker-stiker lucu yang bisa menambah keseruan foto. Samsung Galaxy S8 memang memberikan pengguna pilihan untuk menggunakan filter foto, stiker dan stempel dengan cara yang sama seperti aplikasi populer lainnya. Pengguna juga dapat memilih dari 34 stiker dan 50 stempel untuk ditambahkan ke dalam foto mereka, langsung dari aplikasi kamera bawaan Galaxy S8. Teknologi pengenalan wajah kamera dapat langsung menerapkan stiker statis dan animasi pada wajah subjek saat di Camera atau mode Video. Kedepannya stiker dan stempel baru akan terus ditambahkan.

Performa

Hape Samsung Galaxy S8 maupun S8+ menggunakan chipset Exynos 8895 dengan sokongan RAM 4 GB serta ruang penyimpanan internal sebesar 64 GB yang bisa diperbesar melalui microSD. Salah satu keunggulan dari chipset ini adalah sudah menggunakan proses 10 nm diklaim lebih hemat daya namun tidak mengorbankan performa secara keseluruhan. Karena chipset ini 20% lebih hemat daya dan performa yang ditingkatkan 10%. 

Kinerja chipset ini diyakini memberikan kenyamanan dan kelancaran saat digunakan untuk menikmati OS Android 7.0 Nougat dengan UI Touchwiz. Tampilan UI Touchwiz ini telah diperbaharui menjadi lebih modern dan memudahkan pengguna. Membuatnya lebih fresh karena Samsung telah mendesain ulang setiap elemen yang ada didalamnya.


Sistem Keamanan Lengkap

Fitur keamanan di Samsung Galaxy S8 dan S8+ telah diperkuat dan kenyamanan yang ditingkatkan melalui kombinasi biometrik, termasuk teknologi inovatif iris scanner, fingerprint scanner dan fitur baru face recognition. Dijaga oleh platform keamanan Samsung, Knox, Galaxy S8 memberikan pengguna ketenangan dengan mengetahui informasi biometrik mereka terlindungi.

Teknologi baru facial recognition dihadirkan untuk Galaxy S8 yang memungkinkan pengguna untuk membuka smartphone mereka dengan cepat dan mudah dengan hanya melihat layar depan smartphone. Teknologi ini memanfaatkan sejumlah data untuk mengenali pola, seperti perbedaan kecil dalam fitur wajah.

Fitur biometrik lain yang telah ditambahkan ke Galaxy S8 adalah iris scanner, metode identifikasi biometrik yang menggunakan pengenalan pola matematis dari gambar iris pengguna, baik dari satu atau kedua mata. Setiap individu memiliki pola iris unik yang berbeda dan sangat rumit di setiap mata, dikombinasikan dengan fakta bahwa pola iris hampir mustahil untuk ditiru, menjadikan iris scanner sebagai salah satu teknik biometrik yang paling aman dan dapat diandalkan.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ juga menawarkan berbagai layanan untuk menambahkan lapisan keamanan yaitu Secure Folder, sebuah folder terenkripsi yang memungkinkan pengguna mengelola aplikasi pribadi dan file aman melalui PIN, pola, passcode atau verifikasi biometrik. Ada juga Samsung Pass yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah login ke aplikasi mobile banking dan website di Samsung Internet Browser menggunakan otentikasi biometrik.

Nama Harga di Pasaran Nama Produk Ukuran Layar Kecepatan CPU OS
Samsung Galaxy S8 RAM 4GB ROM 64GB Rp 7.350.000 Galaxy S8 RAM 4GB ROM 64GB 5.8 inch 1.7 GHz Android
Samsung Galaxy S8 Plus RAM 4GB ROM 64GB belum ada harga Galaxy S8 Plus RAM 4GB ROM 64GB 6.2 inch 1.7 GHz Android

Baca juga artikel :

Ini yang Disukai Dian Sastrowardoyo di Kamera Samsung Galaxy S8

Seperti Apa Samsung Galaxy S8 Ketika Dibakar, Digores dan Dibengkokkan? Berikut Tesnya

Hape Xiaomi Mi 6 Setengah Harga Samsung Galaxy S8, Performanya Tak Kalah Ajib

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2452 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.