Diperbaharui pada Minggu, 1 Januari 2023 | 18:05

Update Harga Suzuki Ertiga Lengkap dengan Spesifikasi dan Fiturnya


Kehadiran Suzuki Ertiga pada 2012 silam, merupakan peruntuh dominasi tunggal Toyota di lahan Low MPV yang sangat subur. Meski belum dapat menggusur singgasana Avanza, setidaknya publik tanah air mendapatkan pilihan yang tak menarik sebagai mobil keluarga.

Suzuki Ertiga pun menjadi backbone penjualan Suzuki di Indonesia dan memberikan kontribusi penjualan terbesar kepada PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).Bahkan, Suzuki Ertiga berhasil masuk dalam 10 mobil terlaris di Indonesia.

Awalnya, Suzuki Indonesia memajang sebuah mobil konsep bernama RIII dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada sebagai pengujian pasar. Kemudian, Suzuki Indonesia berlanjut kepada tahap pengembangan produk dan lahirnya Suzuki Ertiga di Indonesia

Namanya sendiri merujuk pada penamaan bahasa Indonesia, yang berarti ER (R) atau Row dan Tiga (angka tiga) yang menandakan kursi tiga baris. Berbeda dengan Avanza, Ertiga lebih menekankan kenyamanan layaknya mobil sedan, karena mengadopsi konstruksi monokok dan penggerak roda depan (FWD).

PT. SIS meluncurkan Suzuki Ertiga generasi terbaru dengan beberapa penyegaran pada bagian eksetrior serta interiornya. Suzuki Indonesia tetap mempertahankan posisi Suzuki Ertiga sebagai salah satu mobil low MPV pilihan keluarga Indonesia.

Desain Eksterior Suzuki Ertiga


Suzuki Ertiga tetap mempertahankan basis desain bodi seperti generasi lamanya dengan sentuhan wajah yang lebih stylish. Suzuki Ertiga hadir dalam dua pilihan tipe yaitu tipe GL dan GX.

Suzuki Ertiga memiliki desain yang stylish dengan perubahan di sektor bodi, desain headlight yang tajam, front grill full chrome, foglamp Suzuki Ertiga versi terbaru yang menggunakan reflektor berbentuk sederhana dengan bezel berwarna hitam sehingga terlihat elegan. Untuk menambahkan kesan stylish, Suzuki Ertiga sudah memiliki New Electric Foldable Outside Mirror untuk tipe GX dan New Alloy Wheel untuk tipe GL & GX. Selain itu, spesifikasi Suzuki Ertiga juga mengalami perubahan pada bagian bumber belakangnya.

Desain Interior Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga memiliki roda setir yang didominasi dengan warna hitam dengan penggunaan material dan warna yang lebih soft.

Suzuki Ertiga memiliki jok-jok dengan bahan material New Pattern Fabric. Kemudian, Suzuki Ertiga juga memberikan perubahan warna pada karpet, tuas transmisi dan rem tangan.

Suzuki Ertiga juga memiliki ruang bagasi yang lebih luas dengan panel audio yang baru. Kemudian, ada penambahan Accessories Socket pada bagian belakang Console Box baris ke-2 untuk men-charging perangkat gadget.

Tak hanya itu, Suzuki Ertiga juga menawarkan kursi pada baris ketiga yang sudah menerapkan sistem split 50:50 sehingga memungkinkan pengendara dapat membawa barang bawaan yang lebih banyak dengan cara melipat kursi pada bagian belakang.

Kursi pada baris tengah dapat dipindahkan sejauh 240 mm untuk menambah luas ruang kaki, ruang kepala, dan ruang bahu sehingga menambah kenyamanan selama berpergian bersama keluarga. Sandarannya dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40 jika perlu ruang luas untuk barang.

Head unit double din terintegrasi rapi dengan dasbor, dan dapat memutar radio dan CD. Soket USB terpasang di bawah konsol sebagai alternatif lain pemutar audio. Pengaturannya dapat diakomodir melalui tombol yang tersemat di roda kemudi.

Dimensi Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga menawarkan dimensi panjang 4.265 mm, lebar 1,695 mm dan tinggi 1,685 mm, sangat pas jalanan Indonesia. Selain itu, Suzuki Ertiga juga menawarkan bodi yang kompak dan mampu memberikan kenyamanan tingkat tinggi.

Suzuki Ertiga juga mempunyai ground clearance yang tinggi sehingga mampu melibas jalanan rusak sekalipun tanpa mengorbankan kenyamanan penumpangnya. Untuk kenyamanan, Suzuki Ertiga juga menggunakan suspensi MacPherson Strut dengan tambahan perkeong pada bagian depan. Untuk suspensi belakangnya, Suzuki Ertiga mengandalkan suspensi Torsion Beam dengan tambahan perkeong. Suspensi itu akan memberikan kenyamanan tingkat tinggi kepada pengemudi dan juga penumpangnya.

Mesin dan Fitur Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga mengandalkan mesin K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kapasitas mesin 1.400 cc. Mesinnya sudah mengusung teknologi Variable Valve Timing (VVT), Multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain dan Drive Wire Technology sehingga menghasilkan tarikan mesin yang bertenaga tetapi halus.

Mesinnya sanggup memuntahkan daya maksimum sebesar 92 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Sama seperti MPV pada umumnya, Suzuki Ertiga menggunakan mesin penggerak roda depan (front wheel drive) dan membuat performa mobil menjadi responsif serta irit bahan bakar dengan tenaga mesin yang langsung didistribusikan ke bagian roda penggerak.

Suzuki Ertiga juga menawarkan berbagai fitur penunjang keamanan dan kenyamanan. Untuk fitur keamanan dan kenyamanan, Suzuki Ertiga sudah memiliki fitur-fitur fungsional seperti contohnya adalah rem ABS plus EBD.


Pada bagian sistem audio, Suzuki Ertiga sudah menawarkan sistem audio Double DIN dan AC Double Blower. Kemudian, model itu juga mengusung fitur New Parking Censore sehingga memudahkan pengemudi saat ingin memarkir kendaraannya.

Selain itu, ada juga fitur Auto Up Window yang terletak di bagian kabin pengemudi. Untuk bagian keamanan, Suzuki Ertiga menawarkan adanya Dual Airbags yang mampu melindungi penumpang dan pengendara di kabin paling depan. Suzuki memasang airbags pada dashboard dan steering wheel.

Suzuki Ertiga juga menawarkan fitur Side Impact Beam sebagai standar keselamatan ketika terjadi kecelakaan. Fitur itu akan berfungsi ketika terjadi kecelakaan sehingga pintu tidak akan mengunci secara otomatis.

Suzuki Ertiga juga menawarkan fitur Child Proof Rear Door Locks pada pintu belakang mobil. Terakhir, spesifikasi Suzuki Ertiga memiliki fitur keamanan yang sudah menggunakan sistem Keyless Entry dan Immobilizer sehingga mobil itu tidak akan bisa nyala tanpa kunci yang asli.

Harga Suzuki Ertiga

Bermain di kelas low MPV menjadikan Suzuki Ertiga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain performa mesin tangguh dan fitur lengkap, Suzuki Ertiga juga menawarkan harga yang bersahabat. Berdasarkan laman resmi Suzuki Indonesia, harga Suzuki Ertiga dibanderol sekitar Rp 183 jutaan, Suzuki Ertiga Dreza GS dibanderol Rp236 jutaan.

Di akhir 2015, ada ada tambahan satu varian lagi, yakni Ertiga Dreza yang diplot sebagai tipe tertinggi dan termahal.

Paling baru, Suzuki Indonesia berani menghadirkan Ertiga bermesin diesel dengan teknologi mild hybrid. Cukup populer di pasar India, Suzuki Ertiga diesel menawarkan efisiensi bahan bakar tinggi dari mesin diesel modern yang bertorsi besar dan semakin halus.

Suzuki Indonesia membanderol Suzuki New Ertiga Hybrid senilai Rp219.500.000, Suzuki New Ertiga Dreza senilai Rp217,900,000, dan Suzuki New Ertiga senilai Rp.184,000,000.


Perbedaan Tipe Suzuki Ertiga

Dreza

Suzuki Ertiga Dreza menawarkan unsur utamanya yaitu aman, mewah, irit, nyaman. Suzuki Ertiga Dreza menawarkan Dual Airbag dan Side Impact Beam sebagai standar dari fitur keselamatan, Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD). Lalu teknologi Child Proof Rear Door Locks pada pintu belakang mobil, Keyless Entry dan Immobilizer Key yang membuat mobil tidak dapat dinyalakan tanpa kunci asli.

Untuk memperkuat unsur mewah, Suzuki Ertiga Dreza menawarkan desain bumper depan New Front Bumper, New Garnish Chrome Grille Radiator Upper, New Grille Radiator Upper, New Grille Radiator Lower, New LED (Light-Emitting Diode), New Garnish Radiator Lower dan New Design Alloy wheel 15 inchi, New Guard Side Sill , New Design Fog Lamp Bezel dan New Guard and Garnish Side Sill Splash.

Di bagian belakang, model itu memiliki New Design Rear Bumper, New Emblem ‘Dreza’, dan New Upper Spoiler with High Mount Stop Lamp. Untuk interior, Suzuki Ertiga Dreza menawarkan New Wood Panel Instrument at Dashboard and 1st Row Door Trim, New Two Tone Color Seat (Dark Brown and Brown), New Material Cover Seat, dan New Pattern Material Seat & Door Trim.

Perbedaan Suzuki Ertiga Type GL atau GX

Suzuki Ertiga GX menawarkan dasboard yang memiliki Audio Tweeter (Resonansi nada/suara tinggi pada musik ) di kanan-kiri dashboard, stir kemudi dengan SRS AIRBAG untuk melindungi pengemudi dari benturan keras saat terjadi kecelakaan, stir kemudi dengan fitur Audio Switch Control dan handle pintu bagian dalam dan knop persneling Chrome/Krom.

Kemudian, Suzuki Ertiga GX mengusung MID (Multi Information Display) yang menjadi indikator pengukur suhu luar Kabin, pelindung panas yang berwarna hitam terbalut kain, pintu belakang/bagasi terdapat Back Door Garnish dan sistem pengerman ABS-EBD ( Antilock Brake System – Electric Brake Distribution).

Sedangkan, Suzuki Ertiga GL tidak memiliki fitur-fitur di atas.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.