CES 2017 Inilah Kelebihan Samsung Chromebook Plus dan Chromebook Pro

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 06 Jan 2017 | 15:32

Di event CES 2017 yang berlangsung mulai hari ini, Samsung resmi meluncurkan dua perangkat Chromebook anyar mereka dalam model Chromebook Pro dan Chromebook Plus. Kedua Chromebook Samsung ini dirancang khusus dengan Google Play, sehingga pengguna dapat menggunakan semua aplikasi yang ada didalamnya yang mencakup film, buku dan musik. Bahkan keduanya menjadi Chromebook pertama dengan dukungan untuk stylus. 

Yang menarik adalah penggunaan desain fleksibel dengan kemampuan memutar layarnya hingga 360 derajat. Sehingga pengguna dapat menyesuaikan penggunaan kedua chromebook Samsung tersebut. Meski kedua chromebook ini cukup identik, namun ada perbedaan dari sisi performa. Dimana Samsung Chromebook Plus dipersenjatai prosesor hexa-core OP1 yang dirancang khusus untuk Chromebook, sedangkan Samsung Chromebook Pro sudah didukung oleh prosesor Intel Core M3 6Y30 dengan grafis Intel HD. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa keunggulan dari Samsung Chromebook Plus dan Chromebook Pro.

Desain dan Layar

Dengan desain ramping dan ringan, Samsung Chromebook Plus dan Chromebook Pro dirancang agar mudah untuk dibawa kemanapun. Apalagi keduanya sudah mengusung desain fleksibel yang memungkinkan pengguna untuk mengubah Chromebook sesuai keinginan. Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan layar touchscreen yang dapat diputar hingga 360 derajat. Sehingga chromebook anyar ini bisa digunakan dalam modus notebook dan tablet.

Layarnya sendiri berukuran 12,5 inci dan memiliki resolusi QuadHD 2400 x 1600p dengan dukungan perlindungan dari Gorilla Glass 3. Dengan aspek rasio layar 3:2, pengguna dapat menjalankan beragam aktiviitas mulai dari bermain game, bekerja atau menikmati konten multimedia.

Stylus

Untuk pertama kalinya dalam lineup Samsung Chromebook Plus dan Chromebook Pro hadir dengan stylus. Stylus yang disebut Samsung sebagai Pen ini tertanam di sisi perangkat untuk penyimpanan yang aman dan kemudahan akses. Keberadaan stylus ini dapat digunakan sebagai kemudahan untuk membuat catatan atau mengambil konten melalui layar. Stylus di Samsung Chromebook Plus dan Chromebook Pro juga dapat digunakan untuk aplikasi gambar ArtCanvas Samsung atau aplikasi Keep Google untuk mengikuti update terbaru. Stylus baru ini dikembangkan dengan bentuk yang tipis, hanya memiliki ketebalan 0.7mm. Tekanan sensitivitas juga meningkat agar dapat menangkap gambar dengan tepat di layar.

Software

Di sektor perangkat lunak, Samsung Chromebook Plus dan Chromebook Pro sangat cocok untuk pengguna yang ingin melakukan lebih, menciptakan dan mendapatkan lebih banyak produktivitas sambil tetap terhubung. Salah satunya dengan menawarkan pengalaman multitasking multi-window yang memungkinkan pengguna untuk browsing di Chrome, bekerja di Google Drive dan chatting dengan mudah dengan teman di Google Hangouts dalam saat bersamaan. Samsung Chromebook Plus dan Chromebook Pro juga memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi, bekerja pada dokumen atau mendengarkan lagu saat offline.

Hardware

Performa menjadi satu-satunya faktor yang membedakan diantara kedua Samsung Chromebook anyar ini. Dimana Samsung Chromebook Plus dipersenjatai grafis internal dan prosesor hexa-core OP1 yang dirancang khusus untuk Chromebook. Sedangkan Samsung Chromebook Pro sudah didukung oleh prosesor Intel Core M3 6Y30 dengan grafis Intel HD. Meski berbeda prosesor, namun keduanya memiliki jumlah RAM yang sama dengan 4GB LPDDR3. Termasuk memiliki kesamaan pada ruang penyimpanan internal yang masing-masing memiliki kapasitas 32GB.

Fitur

Samsung juga menyediakan dua port USB-C di kedua sisi yang berfungsi untuk pengisian ulang baterai dan transfer data. Konektivitas dua port USB-C ini telah ditingkatkan untuk mendukung video streaming 4k. Sehingga dapat menghasilkan video berkualitas tinggi saat Chromebook dihubungkan ke monitor 4k. Selain itu, sebuah keyboard ukuran penuh terintegrasi dan trackpad memungkinkan pengguna untuk menulis dan bermain dari mana saja.

Sarana konektivitas mengandalkan pada dukungan Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi 802.11 ac. Samsung Chromebook Plus dan Chromebook Pro juga dilengkapi dengan jack audio 3.5mm, pembaca kartu media, speaker stereo dan HD webcam. Kedua Chromebook memiliki daya tahan baterai hingga 8 jam, masih terbilang standar dibandingkan dengan kebanyakan Chromebook lainnya. Apalagi masa pakai baterai mungkin akan bervariasi berdasarkan penggunaan yang dilakukan pengguna.

Harga dan Ketersediaan

Samsung menyatakan bahwa Chromebook Plus akan dipasarkan dengan harga di kisaran US$ 449 dan akan tersedia untuk pembelian di bulan Februari. Sedangkan untuk Samsung Chromebook Pro tidak akan tersedia sampai musim semi mendatang. Samsung juga belum menyebutkan harga untuk model ini.

Baca juga artikel:
CES 2017 ASUS Perkenalkan Laptop Terbaru ASUS Zenbook 3 Deluve Version
CES 2017 Samsung Rilis Notebook Gaming Dan Chromebook Terbaru
CES 2017 Dell Umumkan Penantang Surface Pro, Dell Latitude 5285

Artikel Lainnya

Komentar