Manakah yang cocok untuk Anda, Asus X205TA atau HP Stream 11?

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 11 Jun 2015 | 20:01

Seperti diketahui, awal tahun ini beberapa produsen laptop kembali menghadirkan produk baru guna memanaskan persaingan di pasar gadget dunia. Tak hanya laptop dengan spesifikasi tinggi hingga laptop untuk pebisnis, beberapa vendor terkemuka juga menghadirkan Notebook 11 inci yang dianggap mumpuni untuk mobilitas yang semakin padat.

Acer awal tahun ini menghadirkan Asus Eeebook X205TA yang dibekali layar mumpuni hingga baterai yang memiliki daya tahan lama. Sementara itu, HP (Hawlett Packard) memiliki HP Stream 11 yang kabarnya siap menjadi pesaing notebook 11 inci lainnya.

Baca jugaKingston Luncurkan Flash Drive USB Type C dengan Kapasitas

Dalam notebook ini, HP menawarkan mesin yang tangguh hingga keyboard yang nyaman. Dilepas dengan harga yang tak jauh beda, berikut perbandingan spesifikasi kedua notebook terbaru ini?

Spesifikasi Asus X205TA dan HP Stream 11

Asus X205TA Spesifikasi HP Stream 11
1.33-GHz Intel Atom Z3735 CPU CPU 2.85-GHz Intel Celeron N2840
Windows 8.1 OS Windows 8.1
2GB DDR3 Memory 2GB DDR3
11.6" 16:9 HD (1366x768) Display 11.6" 16:9 HD (1366x768)
Integrated Intel® HD Graphics Graphic Integrated Intel® HD Graphics
32GB eMMC Storage 32GB eMMC

Desain

Kedua produk dari Asus dan HP ini hadir dengan konsep Ultraportable. Asus hadir dengan desain yang minimalis dan ramping sehingga mudah disimpan. Dengan berat 0,98 kg, notebook ini sangat cocok untuk dibawa bepergian. Sayangnya, untuk body notebook ini tampak kurang cantik.

Berbeda dengan Asus, HP tampil dengan desain yang cukup modis dan penuh warna. HP menghadirkan desain yang solid, ramping dan minimalis dengan berat 1,3 kg sehingga masih nyaman dipangku atau dibawa beraktivitas.

Baca jugaToshiba Astrea, PC 2-in-1 Dengan Prosesor Skylake dan Layar 4K

Layar

Kedua notebook 11 inci ini hadir dengan layar ukuran yang sama yakni 11,6 inci. Asus menggunakan resolusi HD 1366 x 768 pixels dengan teknologi HD LED Backlit Ultra Slim Glare display. Sementara itu, HP menggunakan resolusi layar HD 1366 x 768 pixels dengan teknologi HD LED Backlit widescreen Anti-glare display. Untuk penggunaan harian, layar notebook Asus tampak lebih jernih dan detail dalam menampilkan gambar dan video dibanding notebook HP.

Mesin

Pada bagian ini, Asus menghadirkan mesin Intel Atom Z3735F Quad core dengan kecepatan 1,3 GHz. Prosesor ini semakin maksimal digunakan dengan sokongan RAM 2GB dan pengolah grafis intel HD Graphics.

Sementara itu, HP memasangkan mesin Intel Celeron N2840 Dual core dengan kecepatan 2,1 GHz. Proseseor ini juga sama disokong RAM 2GB dan VGA intel HD Graphics.

Dari spesifikasi ini tampak notebook HP Stream 11 inci lebih unggul dalam hal performa mesin dibanding Asus X205TA.

Memori Penyimpanan

Sebagai sebuah Notebook mungil, kedua perangkat hanya dibekali memori penyimpanan sebesar 32GB. Anda tak bisa menyimpan terlalu banyak data pada perangkat ini.

Sistem Operasi

Dalam paket penjualannya, kedua notebook entry level ini hadir dengan sistem operasi Windows 8.1 64 bit. Sistem Operasi ini diharapkan memberikan pengalaman lebih seru bagi pengguna.

Fitur Lainnya

Untuk fitur, tampaknya notebook HP lebih unggul. HP membenamkan fitur webcam HD truevision sehingga bisa tampilan webcam lebih jelas. Sedangkan Asus hanya dibekali Webcam standard an speaker Sonicmaster.

Tak hanya itu, HP juga menghadirkan multtouch gesture. Untuk Audio, HP menghadirkan dual speaker dengan DTS Sounds. Menariknya, untuk bagian baterai, notebook Asus sanggup bertahan dipakai hingga 12 jam.

Harga

Dengan fitur yang cukup banyak HP Stream 11 dilepas dengan harga Rp 4,7 juta saja. Sedangkan Asus EeeBook X205TA hanya dijual 4 jutaan saja.

Bila Anda mencari notebook 11 inci dengan performa mesin tampaknya notebook HP layak dipilih. Namun, bila Anda mencari perangkat mobile yang ringkas dan awet digunakan, notebook Asus cocok untuk Anda.

 

Baca juga artikel

Harga laptop Gaming Besutan MSI Mulai dari Rp 6 Juta

Inilah Daftar Gaming Laptop Terbaik 2014

MSI GT80 Titan, Laptop Gaming Berkeyboard Mekanik Cherry MX Brown

 

Artikel Lainnya

Komentar