Diperbaharui pada Kamis, 14 September 2023 | 13:15

12 Air Purifier Terbaik, Harga Mulai 1 Jutaan

air purifier terbaru
Bicara tentang polusi udara dan juga kesehatan, air purifier menjadi salah satu perangkat yang mulai banyak dilirik. Karena alat pembersih udara ini berfungsi untuk membantu menyaring polusi udara yang masuk dan mengeluarkan udara yang sehat.

Air purifier sanggup menghilangkan berbagai partikel debu dan virus yang berukuran 0,3 mikron sebesar 99,9%. Jadi tidak mengherankan jika air purifier sangat cocok untuk menjaga udara di rumah tetap segar dan bersih.

Dipasaran sendiri cukup banyak merk air purifier. Termasuk air purifier terbaik dari Samsung, Sharp, Xiaomi serta lainnya. Belum termasuk merk air purifer baru yang hadir di Indonesia.

Harga air purifier sendiri juga masih bisa dijangkau kok. Dalam pengamatan Pricebook, harga air purifier termurah ada dikisaran Rp 1 jutaan.

Kualitasnya tidak perlu diragukan. Karena beberapa air purifier terbaik yang ada di artikel ini sudah dibekali dengan filter HEPA yang cukup ampuh membunuh virus, kuman dan kotoran lainnya

Nah, jika Anda sedang membutuhkan pembersih udara, Pricebook akan coba hadirkan daftar air purifier berkualitas terbaik. Apa saja?

Rekomendasi Air Purifier Terbaik

Berikut daftar air purifier terbaik yang bisa dimiliki.

1. Panasonic F-VXV70A

harga air purifier panasonic

Air purifier terbaik rekomendasi Pricebook dimulai dari Panasonic F-VXV70A yang hadir dengan banyak fitur pemurnian udara canggih yang dilengkapi dengan teknologi nanoe™X, teknologi ini menghasilkan 4,8 triliun radiokal OH per detik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan virus, bakteri dan bau serta dapat melembabkan kulit dan rambut.

Produk air purifier terbaik Panasonic F-VXV70A ini juga mampu dengan ampuh membunuh 99,99% virus flu H1N1 & H5N1, virus Corona & variannya.

Selain itu terdapat HEPA Filter yang mampu menghisap polutan berukuran kecil PM 2.5 melalui aliran udara hingga 99,97% dan sudah terbukti dengan mendapatkan sertifikat dari British Allergy Foundation, serta Deodoran Filter yang mampu membersihkan udara dari bau tidak sedap seperti asap rokok ataupun bau masakan yang menyengat. 

Panasonic F-VXV70A hadir dengan desain yang elegan dipadukan dengan warna netral yang mewah dan lembut. Air purifier ini dapat menjangkau area 52 m2 jadi sangat cocok untuk banyak ruang interior: kamar tidur, ruang tamu, kantor atau di kantor perusahaan. Serta memiliki roda pada bagian bawah, sehingga air purifier ini mudah untuk dipindahkan.

Panasonic F-VXV70A terintegrasi dengan banyak fitur penyaringan udara yang nyaman, menciptakan suasana hijau dan bersih untuk melindungi kesehatan konsumen.

Dengan fitur 3D Circulation Air Flow udara dihisap melalui bagian depan maupun dari samping sehingga produk dapat diletakkan hanya 1 cm dari dinding serta mampu menarik udara kotor hingga bulu hewan yang berada di lantai.

Tidak kalah canggih air purifier ini memiliki fitur Humidifiying yang sekaligus dapat melebabkan udara. Filternya sendiri dapat digunakan hingga 10 tahun tanpa diganti. Listriknya sendiri hanya 66 watt saja. 

Panasonic juga melengkapi F-VXV70A dengan beberapa sensor untuk merasakan kelembaban, cahaya, dan tingkat pergerakan di luar udara, serta meteran polusi yang berfungsi mendeteksi dan menyaring debu dan bau di udara. Selain itu dilengkapi dengan mode pengoperasian yang bisa digunakan, seperti mode tidur 8 jam serta mode sensor Econavi.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 52 m²
Power Consumption 66 Watt
Tipe Filter HEPA
Air Change per Hour (ACH) 402 m³/hr
Dimensi 39.8 x 26.5 x 63.6 cm
Weight (Indoor) -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Panasonic F-PXV50A

harga air purifier panasonic

Selanjutnya, rekomendasi air purifier terbaik ada pada Panasonic F-PXV50A dengan desain dan mode pengoperasian yang lebih simple air purifier ini juga dilengkapi dengan teknologi nanoe™X, HEPA Filter dan deodorizing filter. 

Terdapat indikator PM 2.5 yang dikhususkan untuk menyaring udara kotor yang berukuran kecil serta 3 lampu indikator, lampu merah menandakan udara sangat kotor, lampu ungu menandakan udara sedikit kotor dan lampu biru menandakan udara bersih.

Air purifier Panasonic F-PXV50A juga memiliki 3 air volume yang dapat diatur dengan mudah, menciptakan suasana hijau dan bersih untuk melindungi kesehatan konsumen dan napas yang tidak beracun, namun tetap hemat daya dengan konsumsi listrik 29W.

Panasonic F-PXV50A juga bekerja dengan tingkat kebisingan yang hanya mencapai maksimal 47 db (A), sehingga tidak akan mempengaruhi dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna saat digunakan.

Air purifier ini berukuran 550x340x208 milimeter dengan berat 6,2 kg serta jangkauan 36 m2 cocok digunakan di ruang tamu ataupun kamar tidur. Dengan perlindungkan dari teknologi nanoe™X yang dapat membunuh virus, bakteri, jamur dan menghilangkan bau. Udara di dalam ruangan menjadi sejuk, berih dan segar. 

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 36 m²
Power Consumption 29 Watt
Tipe Filter HEPA
Air Change per Hour (ACH) 300 m³/hr
Dimensi 34 x 20 x 55 cm
Weight (Indoor) 6.2 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Sharp FP-F30Y

Sharp FP-F30Y

Air purifier terbaik pertama yang bisa menjadi pilihan adalah Sharp FP-F30Y. Karena air purifier yang diluncurkan Sharp ini memiliki teknologi plasma cluster.

Kelebihannya diklaim mampu menghalau berbagai jenis virus ataupun mikroba, sehingga menjadikan udara semakin lebih bersih dan sehat.

Disebutkan bahwa Sharp FP-F30Y memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dalam ruangan dengan luas 21 meter persegi.

Tidak hanya itu saja, mereka ini juga memiliki variasi kecepatan seperti max, low dan high. Selain itu, keberadaan teknologi plasma cluster juga mampu memproduksi ion positif serta negatif seperti halnya yang ada di alam.

Dimensi perangkat ini cukup mini yakni 40 cm x 19 cm x 47 cm dengan bobot 8 kg, dengan daya listrik yang dibutuhkan sebesar 94 watt. Harga air purifier ini ada dikisaran 1 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 21 m²
Power Consumption -
Tipe Filter HEPA
Air Change per Hour (ACH) 60, 120, 180 m³/hr
Dimensi 40 x 18 x 46 cm
Weight (Indoor) 4 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Mi Air Purifier 2

Mi Air Purifier 2

Pilihan air purifier terbaik dengan harga terjangkau lainnya ada Mi air purifier 2. Perangkat ini bisa membersihkan udara dalam ruangan yang memiliki luas 406 m3/jam. 

Menariknya, produk keluaran Xiaomi ini dilengkapi dengan teknologi aero dynamic principles yang berfungsi untuk membersihkan virus dan polusi di udara.

Selain itu ada juga dual blower 4 duct yang akan menghasilkan udara bersih di berbagai sudut ruangan. Air purifier murah dari Xiaomi ini ternyata dibekali dengan teknologi triple filter protection.

Dimana teknologi ini nantinya akan menyaring udara dan partikel kecil 99% lebih baik dibandingkan dengan berbagai jenis air purifier pada umumnya.

Mi Air Purifier 2 ini akan membersihkan area dengan luas 48 meter persegi dengan daya listrik yang rendah hanya 50 watt saja. Harga air purifer ini dibawah 2 juta.

Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 48 m²
Power Consumption 50 Watt
Tipe Filter Ionizer
Air Change per Hour (ACH) 28.4, 48.7 m³/hr
Dimensi 20 X 30 X 50 cm
Weight (Indoor) 8 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Notale NTL-AP1

Notale NTL-AP1

Pilihan berikutnya ada air purifier Notale. Meski terbilang baru, namun kemampuan yang ditawarkan perangkat ini bisa diandalkan untuk membersihkan udara.

Salah satu air purifier terbaik yang dimiliki Notale adalah Notale NTL-AP1 yang memiliki fitur lengkap. Kombinasi UV Sterilizer dan 3 in 1 HEPA Filter menjadi keunggulan utama di Notale air purifier NTL-AP1.

Fungsinya sangat efektif menangkap dan membunuh virus, bakteri dan polusi. Notale mengklaim jika HEPA Filter di NTL-AP1 sangat efektif dalam menangkap hampir setiap ukuran partikel.

Mereka dapat menangkap virus, bakteri, serbuk sari, PM2.5, alergen, dan banyak lagi. Notale air purifier NTL-AP1 juga bisa meng-cover area hingga seluas 50 meter persegi.

Penggunaannya juga sangat mudah apalagi bisa terhubung ke smartphone menggunakan aplikasi Smart Life - Smart Living. Harga air purifier Notale ini dibanderol Rp 1,7 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 50 m²
Power Consumption 48 Watt
Tipe Filter HEPA
Air Change per Hour (ACH) m³/hr
Dimensi 272 x 303 x 498 cm
Weight (Indoor) -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. Levoit Core 300

Levoit Core 300

Hampir mirip dengan Notale, Levoit Core 300 juga terbaik merk air purifier baru yang hadir di Indonesia. Bentuknya tidak besar, dan sangat cocok untuk digunakan di ruang kamar atau kantor.

Alat ini bekerja dengan penyaring karbon aktif yang mampu menyaring 99.97% polutan sekecil 0.3 mikron. Dimana air purifier ini menggunakan True HEPA 3-Stage filter.

Filter ini berfungsi sebagai media untuk menyaring partikel di udara seperti debu, rambut, bulu hewan peliharaan, serat-serat halus, dan lain sebagainya.

Levoit menyediakan dua jenis filter lainnya yaitu True HEPA 3-Stage Toxin Absorber Filter yang dibuat secara khusus untuk menyaring udara kotor yang tercemar oleh asap rokok, asap pembakaran, polusi dari asap kendaraan bermotor, dan partikel berbahaya lainnya.

Filter jenis kedua adalah True HEPA 3-Stage Pet Allergy Filter yang cocok digunakan oleh pengguna yang memelihara hewan seperti kucing atau anjing, sekaligus untuk menetralisir udara bila ada anggota keluarga yang mengidap alergi.

Pada panel kontrol Levoit Core 300 air purifier, terdapat 7 (tujuh) jenis tombol dengan tombol utama yang berfungsi untuk mengaktifkan dan mematikan unit air purifier. Harga air purifer Levoit Core 300 dikisaran Rp 1,8 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 20 m²
Power Consumption 45 Watt
Tipe Filter HEPA
Air Change per Hour (ACH) m³/hr
Dimensi 22 x 22 x 36 cm
Weight (Indoor) 3.4 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Samsung AX60

Samsung AX60

Pilihan air purifier berikutnya berasal dari Samsung. Merk air purifier ini memang dikenal dengan produk home appliances yang berkualitas.

Salah satu air purifier terbaik Samsung adalah Samsung air purifier AX60. Perangkat ini memiliki filter udara ruangan dengan sistem filtrasi mencapai 99,97% serta 3 Way Air Flow yang membersihkan udara lebih luas dan cepat.

Ada juga Numeric Air Quality Display yang berikan informasi akurat akan kualitas udara di dalam rumah. Selain itu, air purifier AX60 juga dapat membersihkan udara 2.5x lebih cepat hingga ke sudut ruangan.memiliki teknologi hepa profilter.

Belum termasuk teknologi internal sensor, air purifier Samsung ini mampu mendeteksi polusi udara, sekaligus meningkatkan kecepatan dari filter dengan otomatis. Dayanya hanya sebesar 60 watt.

Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 60 m²
Power Consumption 60 Watt
Tipe Filter -
Air Change per Hour (ACH) m³/hr
Dimensi 360 x 783 x 293 cm
Weight (Indoor) 11.2 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

8. LG LAPBVS20GG0

LG LAPBVS20GG0

Salah satu produk air purifier terbaik LG adalah LG LAPBVS20GG0. Bentuknya unik dan merupakan sebuah perangkat penjernih Air dengan 3 filter system yang dapat menyaring udara kotor menjadi udara yang lebih sehat dan bersih.

Produk air purifier LG tidak menyebabkan alergi sekaligus mengurangi bakteri yang ada di udara. Keunggulan produk-produk air purifier LG adalah cara penggunaan dan pemasangan yang praktis.

Cakupan areanya mencapai 30 meter persegi dengan membutuhkan daya sebesar 20 watt serta menggunakan filter HEPA.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 30 m²
Power Consumption 20 Watt
Tipe Filter HEPA
Air Change per Hour (ACH) 180 m³/hr
Dimensi 47 x 45 x 23 cm
Weight (Indoor) -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

9. Hitachi EP-A3000

air purifier hitachi

Tidak mau ketinggalan dengan teknologi tercanggih, produk air purifier Hitachi adalah salah satu air purifier dengan teknologi yang modern.

Salah satunya Hitachi EP-A3000 yang memiliki humidifying filter sekaligus 4 mode operasi yang terdiri dari deodorization, purify, skin moisturize, dan humidity.

Tidak hanya itu saja, air purifier terbaik Hitachi ini juga memiliki teknologi infrared remote receiver sekaligus juga Air sensor, dimmer control, memory function yang kemudian akan membantu di dalam menghemat energi sebesar 36%.

Cakupan areanya mencapai 25 meter persegi, menggunakan tipe filter HEPA.

Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 25 m²
Power Consumption -
Tipe Filter HEPA
Air Change per Hour (ACH) 72, 102, 192 m³/hr
Dimensi 40 x 13 x 42 cm
Weight (Indoor) 4 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

10. Panasonic F-PXF35AHN

air purifier panasonic

Air purifier Panasonic F-PXF35AHN sangat efektif membunuh 99 % bakteri dan virus yang bertebaran di udara. Harga air purifier Panasonic ini dibandrol cukup murah untuk kelasnya.

Perangkat ini menawarkan teknologi Nanoe yang merupakan teknologi eksklusif dengan kemampuan menyaring partikel terkecil.

Cakupan areanya mencapai 42 meter persegi yang cukup untuk membersihkan satu ruangan besar. Sedangkan dayanya hanya membutuhkan 20 watt dan bergaransi 1 tahun.

Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 42 m²
Power Consumption 20 Watt
Tipe Filter Nanoe
Air Change per Hour (ACH) 80 m³/hr
Dimensi 52 x 30 x 18.9 cm
Weight (Indoor) 4.8 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

11. BlueAir 203

Blueair 203

Jika sebagian besar air purifier didesain dengan mengusung bahan plastik, air purifier Blueair 203 dibuat dari bahan metal. Jadi tidak mengherankan jika air purifier yang satu ini bisa bertahan lama, alias awet.

Air purifier BlueAir memiliki desain yang sleek dan lebih kecil, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di berbagai ruangan dengan area hingga 22 meter persegi.

Dibekali dengan teknologi hepa silence filtration, produk air purifier terbaik BlueAir akan membersihkan udara sekitar tanpa menghasilkan suara yang bising.

BlueAir Blueair ini sangat ideal untuk kamar atau ruangan kantor hingga 22 m2. Penjernih udara yang berdesain stylish ini memiliki fitur penjernih udara yang handal dan hemat listrik. Daya yang digunakan mulai 20 watt hingga maksimal 80 watt

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 22 m²
Power Consumption 80 Watt
Tipe Filter HEPA
Air Change per Hour (ACH) 5 m³/hr
Dimensi 43 x 21 x 53 cm
Weight (Indoor) 11 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

12. Daikin MC70MVM6

air purifier daikin

Air purifier Daikin MC70MVM6 memiliki kemampuan yang sangat efektif untuk menyegarkan udara, menghilangkan bakteri, sekaligus aroma yang kurang enak.

Produk air purifier Daikin ini diklaim mampu membersihkan udara dalam sebuah ruangan dengan luas mencapai 46 meter persegi, karena dilengkapi dengan sistem active plasma ion yang akan mengontrol tingkat kelembaban.

Untuk mendapatkan udara yang bersih, perangkat ini Daikin memanfaatkan streamer untuk mengurangi kerepotan mengganti filter. Bisa membersihkan udara di ruangan pada tiga arah, yang menjadikan proses tersebut lebih cepat.

Yang menarik, air purifier ini cukup hemat hanya butuh daya sebesar 26 watt saja.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Coverage Area 46 m²
Power Consumption 26 Watt
Tipe Filter HEPA
Air Change per Hour (ACH) 420 m³/hr
Dimensi 57.6 x 40.3 x 24.1 cm
Weight (Indoor) 8.5 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Itulah daftar air purifier terbaik yang bisa dibeli di 2023. Daftar air purifier di atas memiliki watt kecil dan dibanderol harga murah. Semoga membantu.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.