Diperbaharui pada Senin, 17 Juli 2023 | 17:40

9 Helm Favorit Anak Moge, BOGO Minggir Dulu

helm termahal di duniaImage via Pixabay

Fungsi helm motor sebagai alat perlindungan dan keselamatan bagi pengendara memiliki fungsi yang vital. Semakin banyak fitur dan tingkat perlindungan yang tinggi, membuat harga helm motor semakin mahal. Ini daftar 9 helm termahal di dunia!

Demi mendapatkan perlindungan yang maksimal, banyak pengendara motor rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan helm dengan kualitas terbaik dan daya tahan yang prima.

Kenyataannya, memang banyak yang memilih helm dengan harga jutaan, demi keamanan. Kalau mencari helm yang harganya terjangkau, kamu bisa baca artikel tips membeli helm motor.

Daftar Helm Termahal di Dunia

Berikut beberapa daftar helm termahal yang pernah rilis di dunia.

1. Arai MZ RC

harga helm arai mz rcImage via Arai

Dengan harga yang tembus di angka Rp 40 jutaan, helm ini dikonstruksi dengan 11 lapisan karbon yang disatukan dengan jaring titanium khusus dengan memanfaatkan teknologi PB-SNC terkini.

Interiornya didesain dengan kain lining yang bisa dilepas-pasang, sejuk, bahkan bersifat non-allergenic.  Untuk menunjang kenyamanan pengguna, helm Arai MZ RC ini juga dilengkapi dengan sistem ventilasi berkualitas.

Hanya saja, terlepas dari harga helm MZ RC yang cukup mahal tersebut, rupanya helm ini belum menjadi yang termahal dalam daftar ini, loh!

2. Arai Corsair V Race Carbon Fiber

harga helm arai corsair vImage via Arai

Harga yang dipasang untuk helm ini bukan main-main! Sebagai salah satu helm termahal di dunia, Arai Corsair V Race Carbon Fiber dibanderol dengan harga Rp 50 jutaan!

Rangka yang digunakan untuk helm ini disusun dengan 11 lapisan carbon fiber berkualitas tinggi yang berbeda-beda. 

Di samping itu, masih ada sistem sirkulasi udara yang canggih, bantalan pipi yang gampang untuk dibongkar-pasang, sistem AirWing untuk kesejukan selama berkendara, hingga sistem pelindung Super AdSis yang dikembangkan khusus oleh Arai.

3. AGV Pista GP R Carbon

harga agv pista gp r carbonImage via AGV

Ada satu alasan utama yang membuat helm ini masuk ke dalam jajaran helm termahal, salah satu sebagai helm resmi yang dipakai oleh Valentino Rossi mencapai puncak karirnya di arena MotoGP.

Terbuat dari 100% 3K carbon fiber, helm ini juga didesan untuk fokus pada efisiensi aerodinamikanya. 

Belum lagi, helm ini juga didesain agar pas dengan “punuk” pada baju balap.Sebagai helm yang dikembangkan di arena MotoGP, AGV Pista GP R Carbon dibekali dengan sistem hidrasi yang terintegrasi. 

Pengembangan lainnya juga bisa terlihat pada spoiler-nya. Harga yang dipatok untuk helm AGV ini ada di kisaran harga Rp 20 jutaan bila dirupiahkan.

4. Arai RX-7V RC Carbon

harga helm arai rx-7v rcImage via Arai

Jika AGV Pista GP Carbon dikembangkan di arena MotoGP, lain halnya dengan Arai RX-7V RC Carbon. Pasalnya, helm ini dilengkapi dengan teknologi GP-6 RC, yang selama ini dikembangkan di arena balap Formula1 alias F1.

Helm ini dibekali dengan teknologi Variable Axis System atau VAS, serta memiliki bagian cangkang yang lebih besar serta lebih halus. Material utamanya adalah carbon fiber, yang diaplikasikan dengan cermat untuk menyempurnakan kualitas serta nilainya.

Yang membuat helm ini spesial adalah standar carbon fiber yang digunakan, yang setara dengan standar carbon fiber untuk pesawat. Di samping itu, material tersebut disempurnakan dengan pengaplikasian resin Zylon yang diproduksi sendiri oleh Arai. 

Kalau ingin memiliki Arai RX-7V RC Carbon, kamu harus menyiapkan setidaknya uang Rp 40 jutaan. Lumayan banget, yah!

5. Schuberth SR1

harga helm schuberth sr1Image via Schuberth

Penggemar warna polos? Kalau iya, Schuberth SR1 adalah helm yang cocok dengan seleramu. Dengan warna hitam atau putih mengilat pada bagian luarnya, helm ini dibuat dengan tiga lapisan fiber yang memanfaatkan teknologi paen Schubert – serat S.T.R.O.N.G, serat kaca, dan serat karbon (carbon fiber). 

Dalamnya lebih keren lagi, bagian interiornya terbuat dari material COOLMAX dan busa EPS dan dilengkapi dengan peredam suara serta sistem sirkulasi udara untuk kesenyapan total dan kenyamanan maksimal selama berkendara.

Harga helm Schuberth SR1 ada di kisaran Rp 9 jutaan, yang sekaligus menempatkannya sebagai helm termahal dunia yang “paling murah” dalam daftar ini.

6. Schuberth C3 Pro North America Modular

harga helm schuberth c3 pro

Image via Schuberth

Salah satu keunggulan utama dari helm yang dijual dengan harga Rp 11,7 jutaan ini adalah gelarnya sebagai helm paling senyap di dunia. Hal tersebut dikarenakan adanya peredam suara dengan kualitas terbaik yang ditawarkan pada desain interior helm. 

Ciri khas yang membuat helm ini menonjol adalah adanya peta Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang ada di bagian belakang helm – barangkali alasan utama mengapa ada titel North America (Amerika Utara) yang disematkan pada namanya.

Helm ini dilengkapi dengan komponen sistem radio di dalam helm agar pemakainya dapat mendengarkan musik dengan tenang. Material khusus yang digunakan membuat helm ini jadi terasa ringan, tapi tetap kuat dan tahan lama. 

Bagian interior helm Schuberth C3 Pro North America Modular menjamin kenyamanan penggunanya karena penggunaan material Thermcool dan COOLMAX yang memberikan sensasi sejuk selama pemakaian.

7. Shoei X-12 Daijiro

harga helm shoei x-12 daijiroImage via Shoei

Dibanderol dengan harga Rp 10 jutaan, helm yang diproduksi oleh pabrikan Shoei asal Jepang ini secara khusus dibuat untuk memeringati 10 tahun kematian Daijiro Kato, pembalap MotoGP dari Negeri Sakura tersebut. 

Desain helm buatan Shoei ini mengadopsi corak warna unik yang menjadi ciri khas mendiang Kato setiap kali berlomba di arena, sehingga menjadikan produk ini sebagai wujud penghormatan Shoei bagi mendiang pembalap tersebut.Selain nilai di balik desainnya, helm ini juga dibekali dengan beragam fitur berkualitas.

Misalnya sistem lepas-otomatis untuk kondisi darurat, rangka luar AIM+, sistem sirkulasi udara terintegrasi, sistem pengeringan 3D MX, pelindung CW-1, sistem Aero Edge 2, lapisan busa EPS, hingga desain bantalan dagu yang didesain agar nyaman dikenakan pengendara.

8. Arai Defiant Pro-Cruise Mimetic

harga helm arai defiant pro-cruise mimeticImage via Arai

Didesain dengan tampilan yang garang, helm Arai Defiant Pro-Cruise Mimetic mengedepankan keamanan dan kenyamanan, terutama untuk desain dan detail interiornya.

Cangkangnya sendiri punya bentuk organik untuk performa yang menakjubkan, dan sistem sirkulasi udaranya menjamin aliran udara yang lebih maksimal. Desainnya membuat helm ini mudah dipasang dan dilepas. Harga yang dibanderol ada di kisaran Rp 11 jutaan.

9. Shark Race-R Pro GP

harga helm shark race-r pro gpImage via Shark

Helm yang satu ini dikenal dengan nama Helm Lorenzo karena memang identik dengan sosok jawara MotoGP tersebut. Kalau ingin memiliki helm motor fullface ini, kita harus rela merogoh kantong hingga Rp 12 jutaan.

Dengan bekal pengalaman sebagai helm di arena balapan MotoGP, desain helm ini terus berkembang untuk menawarkan aerodinamika terbaik, meskipun konstruksinya terlihat tidak biasa dengan adanya sayap belakang yang landai.

Dibuat dari carbon fiber dan Aramid, helm ini punya bobot yang sangat ringan serta mampu menyerap efek yang timbul karena benturan dengan sangat apik. Sedangkan bagian dagunya dibuat dari material polyurethane dengan double density. 

Bagian tersebut juga dilengkapi dengan penyaring antipolusi yang bisa dilepas. Selain itu, interiornya didesain agar empuk dan nyaman, tapi juga tahan lama.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1663 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.