Diperbaharui pada Selasa, 31 Januari 2023 | 11:45

10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik dan Terbaru di 2023

ketel listrik terbaikFoto: Pixabay

Teko listrik atau biasa disebut juga ketel pemanas air, adalah produk portable yang memiliki banyak manfaat, karena bisa digunakan untuk memasak sekaligus memanaskan air dalam waktu singkat. Sesuai namanya, teko listrik tidak membutuhkan kompor untuk memasak air.

Berbagai merek dan jenis produk teko listrik dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Harga teko listrik pun beragam, mulai dari yang hanya puluhan ribu rupiah, hingga yang jutaan. Semakin banyak fitur dan fungsi yang ditawarkan, maka semakin mahal pula harganya.

Rekomendasi Teko Listrik Terbaik

Dengan harga yang beragam, mencari teko listrik terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pun jadi sedikit sulit. Apalagi kalau mempertimbangkan faktor kualitas. Banyak orang yang khawartir bila teko listrik yang harganya murah tidak akan tahan lama, sementara bila membeli yang mahal, dikhawatirkan akan mubazir bila jarang dipakai.

Memang yang paling benar adalah membeli teko listrik sesuai dengan kebutuhan, sehingga uang yang dikeluarkan akan terasa sepadan. Lalu bagaimana cara menentukan mana teko listrik terbaik yang Anda butuhkan? Tentunya dengan mencari tahu spesifikasi dan fiturnya.

Kalau masih bingung, berikut daftar rekomendasi teko listrik terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Cosmos CTL-210 1.2 Liter

ketel listrik terbaik

Ketel listrik buatan Cosmos ini memiliki desain yang cukup ringkas, apalagi dengan pilihan warna yang menarik dan bisa disesuaikan dengan tema ruangan Anda.

Cosmos CTL-210 memiliki kapasitas yang cukup besar untuk ukurannnya yang terkesan "mungil". Teko listrtik ini mampu menampung air sebanyak 1.2 liter. Kehadirannya sangat cocok ketika mendampingi waktu sarapan untuk menyeduh teh atau kopi.

Beberapa fitur andalan dari teko listrik Cosmos CTL-210 adalah Double Wall yang akan memastikan permukaan teko tidak panas dan aman untuk dipegang. Hadir juga One Lid Open yang akan terbuka hanya dengan satu sentuhan.

Keunggulan lain dari teko listrik Cosmos ini adalah fitur keamanannya. Cosmos CTL-210 memiliki fitur Safety Automatic Turn Off yang akan mematikan daya listrik secara otomatis bila air sudah mendidih di batas maksimum. Teko listrik ini mengonsumsi daya 600 watt.

2. Han River HRDSH01 1.8 Liter

ketel listrik terbaik

Bagi Anda yang mencari teko listrik dengan kapasitas yang lebih besar, maka Han River HRDSH01 bisa menjadi pilihan, karena ketel air listrik ini memiliki kapasitas air hingga 1.8 liter.

Teko listrik Han River HRDSH01 memiliki desain yang estetik dengan bahan utama kaca transparan, sehingga Anda dapat memantau proses merebus atau memanaskan air. Material kaca ini dibalut dengan bahan stainless steel, sehingga terlihat modern.

Fitur keamanan yang dimiliki oleh teko listrik Han River ini akan memastikan matinya sistem pemanas secara otomatis bila tingkat didih air telah mencapai batas maksimum.

Daya listrik yang dibutuhkan oleh teko listrik Han River HRDSH01 cukup besar, yaitu 1500 watt, sehingga perlu mempertimbangkan tegangan listrik di rumah, terutama bagi Anda yang ingin menghemat tagihan listrik.

3. Timemore FISH Smart Electric Pour Over Kettle 600ml

ketel listrik terbaik

Selain desain yang terlihat estetik, Timemore FISH Smart Electric Pour Kettle juga secara keseluruhan terlihat sangat mewah, sehingga kehadirannya bisa juga berfungsi untuk mempercantik ruangan.

Keunggulan utama dari teko listrik Timemore FISH ini adalah kecepatannya dalam memasak air, karena daya listriknya memang besar, 1500 watt.

Untuk memasak air sebanyak 500ml, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 2 menit. Sementara pada kapasitas maksimumnya (600ml), waktu yang dibutuhkan hanya 2 menit beberapa detik (kurang dari 20 detik).

Teko listrik Timemore FISH Smart Electric Pour dibekali dengan tampilan indikator berisi berbagai informasi seperti temperatur air, yang tingkat panasnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, sehingga ketika membutuhkan air hangat, hasilnya sesuai dengan keinginan.

4. Brewista Artisan Gooseneck Kettle 600ml

ketel listrik terbaik

Teko listrik Brewista Artisan Gooseneck Kettle hadir dengan desain klasik karena mengusung konsep artisan yang tidak hanya membuatnya terlihat unik, namun juga berfungsi layaknya sebuah teko tradisional.

Karena mengusung konsep dan desain unik, maka varian warna yang ditawarkan juga cukup banyak, sehingga teko listrik ini bisa disesuaikan dengan tema ruangan, termasuk untuk kebutuhan usaha. Pemilik usaha kuliner bisa menyesuaikannya dengan konsep dan desain interior kafe atau restoran.

Kebutuhan daya teko listrik Brewista Artisan ini cukup besar, 1000 watt, jadi memang kami menyarankan penggunaannya untuk kebutuhan usaha. Namun bila Anda ingin menggunakannya di rumah, maka sebaiknya hal ini menjadi perhatian khusus.

Teko listrik Brewista Artisan Gooseneck Kettle mampu menampung air dengan kapasitas maksimum 600ml, sehingga ukurannya tidak terlalu besar dan tidak memnbutuhkan tempat yang terlalu besar untuk menyimpannya.

5. Dodawa Water & Coffee Boiler 20 Liter

ketel listrik terbaik

Teko listrik ini memiliki kapasitas besar, sehingga sebenarnya masuk ke dalam kategori termos. Namun sesuai fungsinya, maka kami memasukannya ke dalam daftar rekomendasi teko listrik terbaik ini.

Dodawa Water & Coffee Boiler ini dapat menampung hingga 20 liter, sehingga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan usaha, mulai dari kafe atau restoran, hingga usaha katering untuk kebutuhan acara pernikahan dan sejenisnya.

Kami tidak menyarankan Dodawa Water & Coffee Boiler ini untuk digunakan di lingkup rumah tangga. Karena selain ukurannya yang besar dan makan tempat, juga daya listriknya sangat besar, 1650 watt.

Teko listrik besar ini dibekali dengan teknologi pemantau temperatur air yang akan aktif secara otomatis jika kondisi air di dalamnya sudah mulai mendingin.

6. Emily Portable Water Kettle 0.6 Liter

teko listrik terbaik

Bagi Anda yang mencari teko listrik untuk dibawa bepergian, maka rekomendasi ini adalah pilihan yang tepat, karena Emily Portable Water Kettle memiliki desain yang bisa dilipat, sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana, di dalam tas ataupun koper.

Khusus untuk pasangan dengan balita, teko listrik ini dibekali dengan metode pengaturan temperatur konstan hingga 8 jam, sehingga dapat mengekstraksi susu bubuk formula bayi tanpa menghancurkan kandungan nutrisinya.

Dengan ukurannya yang portable dan ringkas, kapasitas yang ditawarkan cukup banyak, 0.6 liter. Untuk fiturnya, hadir sensor suhu yang akan secara akurat memonitor temperatur air.

Sebagai pencegahan terhadap bahaya, teko listrik Emily Portable Water Kettle juga dilengkapi dengan pemanas dengan sistem perlindungan anti-burning yang akan mematikan proses pemanasan teko secara otomatis bila suhu air melebihi batas maksimum.

7. Ardin ARD-KT12 1.7 Liter

teko listrik terbaik

Ardin ARD-KT12 adalah teko listrik berbahan dasar stainless steel dengan 360 degree rotation base, sehingga posisinya mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhannya.

Beberapa fitur andalannya termasuk Water Level Indicator yang dapat digunakan sebagai patokan jumlah air yang dituangkan ke dalamnya, sehingga tidak akan melebihi kapasitas maksimum 1.7 liter. Selain itu, Anda juga bisa mengukur volume bila tidak ingin mengisinya secara penuh.

Dari segi desain, teko listrik Ardin ARD-KT12 terlihat seperti teko klasik dengan bentuk yang sedikit membulat di bagian bawahnya. Teko listrik ini juga memiliki tutup yang bisa dibuka seperti layaknya teko tradisional.

8. Philips Kettle HD9348 1 Liter

teko listrik terbaik

Merek Philips rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya ya, apalagi teko listrik Philips Kettle HD9348 yang menjadi salah satu produk unggulan perusahaan ini memang sangat direkomendasikan.

Teko listrik berkapasitas 1 liter ini memiliki desain compact yang terlihat modern. Bentuknya didesain agar dapat merebus air dengan merata, sehingga air menjadi cepat panas.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli Philips Kettle HD9348 adalah daya listriknya yang besar. Teko ini membutuhkan daya 1680 watt, sehingga berpotensi untuk membuat tagihan listrik jebol bila digunakan setiap hari.

9. Klaz Double Wall Kettle 1.7 Liter

teko listrik terbaik

Teko listrik Klaz Double Wall Kettle menawarkan sistem pemanasan yang efektif menjaga air tetap panas di dalam, sekaligus melindungi penggunanya, karena desain double wall yang membuat permukaannya tidak panas ketika disentuh.

Kapasitas maksimum dari teko ini adalah 1.7 liter, sehingga cukup awet dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari rumah tangga hingga perkantoran. Material utamanya sendiri menggunakan stainless steel yang cukup kuat.

Daya listrik yang dibutuhkan untuk merebus air juga tidak terlalu besar, hanya 800 watt. Untuk kapasitasnya, tentunya ini bisa menjadi salah satu opsi bagi Anda yang ingin menghemat tagihan listrik.

10. Kenwood JKP 230 1.6 Liter

teko listrik terbaik

Satu lagi teko listrik yang menjadi rekomendasi kami adalah Kenwood JKP 230 yang mampu menampung air hingga 1.6 liter. Cukup banyak, sehingga menjadikannya sebagai teko listrik yang bisa diandalkan untuk segala situasi.

Harga Kenwood JKP 230 tidak terlalu mahal, karena menggunakan material plastik untuk bodinya. Secara desain, teko listrik ini terlihat modern dan seperti kebanyakan teko listrik pada umumnya, dengan indikator level air yang terletak di tengah.

Teko listrik ini membutuhkan daya 2.2kW untuk merebus atau menghangatkan air, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan anak kost atau rumah tangga yang kecil.

Tips Memilih Teko Listrik yang Tepat

Rekomendasi teko listrik terbaik yang kami berikan hanyalah sebagian kecil dari banyaknya produk-produk sejenis di pasaran. Daftar tersebut kami buat dengan mempertimbangkan fungsi dan kualitasnya secara keseluruhan. Namun kamu menyadari bahwa mungkin merek atau jenis teko listrik yang Anda cari bisa berbeda.

Nah, bila Anda ingin mencari teko listrik lain yang tidak ada di dalam daftar rekomendasi ini, kami bisa memberikan sedikit tips yang bisa Anda terapkan ketika akan membeli teko listrik, yaitu:

  • Perhatikan konsumsi dayanya:  Hal ini sangat penting karena akan sangat berpengaruh pada finansial Anda. Semakin tinggi watt-nya, maka akan semakin banyak daya listrik yang digunakan, sehingga akan membuat tagihan PLN naik.
  • Perhatikan material yang digunakan: Produk teko listrik dibuat dengan beragam material mulai dari plastik, stainless steel, baja, dan berbagai material lainnya. Pastikan material yang digunakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.
  • Pilih ukuran sesuai kebutuhan: Hal ini penting, karena dengan menyesuaikan ukuran kapasitas teko listrik dengan kebutuhan Anda, penggunaannya menjadi lebih optimal. Misalnya Anda sering menyeduh teh atau kopi dalam satu hari, maka kapasitas yang besar bisa dipertimbangkan.
  • Perhatikan fitur keamanannya: Terakhir, pastikan teko listrik yang akan Anda beli dibekali dengan fitur keamanan yang baik. Salah satunya adalah fitur untuk mematikan pemanas secara otomatis bisa sudah mencapai batas maksimum.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda menemukan teko listrik terbaik sesuai dengan kebutuhan, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.