Diperbaharui pada Selasa, 19 Maret 2024 | 10:57

Rekomendasi dan Daftar Harga Robot Vacuum Cleaner Terbaik di 2024

robot vacuum cleaner terbaruFoto: Pexels

Teknologi peralatan rumah tangga semakin canggih dengan hadirnya robot vacuum cleaner yang dapat digunakan untuk menyedot debu sekaligus menyapu lantai secara otomatis.

Bila pada produk vacuum cleaner konvensional diperlukan tenaga manusia untuk menggerakkannya, robot vacuum cleaner dapat beroperasi secara mandiri, dan hanya cukup menekan tombol power on saja.

Robot Vacuum Cleaner Terbaik

Robot vacuum cleaner dibekali dengan sensor yang dapat mendeteksi benda-benda yang ada di sekitarnya, sehingga dapat bergerak dengan bebas di dalam rumah, dengan cara menghindari benturan, dan akan secara otomatis mengambil rute lain untuk bergerak.

Karena kemudahan dalam penggunaannya tersebut, robot vacuum cleaner kini mulai populer dan menjadi salah satu perangkat kebersihan yang dicari di pasaran.

Namun dengan berbagai merek dan jenis robot vacuum cleaner yang di jual saat ini, pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana cara menentukan mana yang terbaik? Apalagi harga robot vacuum cleaner juga bervariasi, mulai dari yang ratusan ribu, hingga yang jutaan.

Berikut daftar rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik dan terbaru yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli.

1. Samsung VR9300 POWERbot Vacuum

harga robot vacuum cleaner samsung

Rekomendasi robot vacuum celaner terbaik pertama kami adalah Samsung VR9300 POWERbot Vacuum yang dibekali dengan teknologi AI deep learning dengan sensor 3D yang berfungsi untuk mengenali berbagai jenis objek yang pada umumnya ada di dalam rumah.

Robot vacuum cleaner buatan Samsung ini sudah memiliki lebih dari 1 juta gambar dalam sistem database-nya, sehingga akan secara otomatis mengenali objek di sekitarnya, untuk menghindari benturan atau hal-hal berbahaya lainnya.

Kemampuan menyedot debu dan menyapu kotoran pada Samsung VR9300 POWERbot Vacuum cukup baik, terutama untuk membersihkan berbagai macam kotoran di sekitar furnitur dan peralatan rumah tangga lainnya seperti kulkas dan dispenser.

Perangkat robot vacuum cleaner ini dilengkapi dengan sensor LiDAR yang biasa digunakan pada mobil self-driving, untuk secara otomatis menentukan rutenya sendiri untuk membersihkan lantai secara optimal.

Kriteria Spesifikasi
Type Vacuum Robotic
Power 250 Watt
Voltage 100 - 240 V
Dust Capacity 0.7 L
Dust Collector Type Bagless
Vacuum Power -
Dimension 378 x 135 x 362 mm
Weight 7.9 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Xiaomi Mijia Roborock Smart Vacuum Cleaner 2

harga robot vacuum cleaner xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu produsen peralatan rumah tangga yang aktif meluncurkan berbagai produk elektronik, termasuk dalam lini vacuum cleaner, dengan merilis Xiaomi Mijia Roborock Smart Vacuum Cleaner Generation 2.

Robot vacuum cleaner Xiaomi ini dilengkapi dengan dua fungsi utama untuk menyapu dan mengepel lantai, jadi bisa digunakan dalam keadaan kering maupun basah, dengan filter yang dapat menyerap air secara otomatis.

Xiaomi Mijia Roborock Smart Vacuum Cleaner 2 dilengkapi dengan sensor LDS yang memiliki tingkat presisi tinggi untuk memindai dan mengenali luas ruangan, untuk membersihkan secara efisien, serta menggunakan algoritma SLAM untuk memetakan jalurnya.

Daya hisap robot vacuum cleaner Xiaomi ini mencapai 2000Pa, dengan sistem pembersih vakum yang berputar, dan sikat mengapung, serta koordinasi sikat sisi dan rol yang sangat baik. Xiaomi Mijia Roborock Smart Vacuum Cleaner 2 juga dapat digunakan pada permukaan karpet.

Kriteria Spesifikasi
Type Vacuum Robotic
Power 58 Watt
Voltage 100-240 V
Dust Capacity -
Dust Collector Type Bagless
Vacuum Power 2 KPA
Dimension 353 x 350 x 96.5 mm
Weight 3.5 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. BARDI Robot Vacuum Camera

harga robot vacuum cleaner bardi

Rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik selanjutnya adalah BARDI dengan Robot Vacuum Camera, yang sekaligus robot vacuum clener pertama yang dibekali dengan kamera, sehingga menjadi nilai jualnya tersendiri.

BARDI Robot Vacuum Camera dapat digunakan dengan menghubungkannya ada perangkat smartphone melalui koneksi jaringan WiFi, sehingga kerjanya bisa dipantau secara real time.

Robot vacuum cleaner buatan BARDI ini mampu menyedot dengan kekuatan 2500Pa. Vacuum ini memiliki dua fungsi untuk menyapu dan mengepel lantai, dan dibekali dengan kantung penyimpan debu berkapasitas 800ml, dengan tanki air 350ml. 

Kemampuan membersihkan dari BARDI Robot Vacuum Camera mampu menjangkau area seluas kurang lebih 130 meter persegi, dan perangkat ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2600 mAh.

Kriteria Spesifikasi
Type Vacuum Robotic
Power 30 Watt
Voltage 14.8 V
Dust Capacity 0.8 L
Dust Collector Type Bagless
Vacuum Power 2.5 KPA
Dimension 570 x 380 x 130 mm
Weight 4.5 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Xiaomi Mijia 1C

harga robot vacuum cleaner xiaomi

Kembali ke Xiaomi, rekomendasi berikutnya adalah Xiaomi Mijia 1C yang memiliki sistem navigasi dinamis visual, yang akan memastikan kecepatan dalam menangkap informasi koordinat ruangan, agar vacuum ini mampu bergerak secara akurat dan efisien.

Xiaomi Mijia 1C dibekali dengan CPU VSLAM + 4-core yang akan melakukan komputasi untuk menentukan lokasi robot vacuum dalam kondisi real time, sehingga dapat secara mandiri membuat rute amannya untuk bekerja.

Selain itu, robot vacuum cleaner Xiaomi ini juga memiliki 15 jenis sensor yang sangat sensitif, terutama pada lingkungan sekitar yang penuh dengan berbagai jenis objek, sehingga dapat menghindari benturan dengan lebih baik.

Robot vacuum dengan kekuatan sedot 2500Pa ini mengusung teknologi pengisian baterai yang akan secara otomatis kembali kepada dock pengisian ketika baterai telah mencapai kurang dari 15% daya.

Kriteria Spesifikasi
Type Vacuum Robotic
Power 40 Watt
Voltage 14.4 V
Dust Capacity 0.6 L
Dust Collector Type Bagless
Vacuum Power 2.5 KPA
Dimension 353 x 350 x 81.5 mm
Weight 3.6 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. ARBIT Laser Robot Vacuum AR-LRV530

harga robot vacuum cleaner arbit

ARBIT Laser Robot Vacuum AR-LRV530 adalah robot vacuum cleaner dengan tiga fungsi utama untuk menyapu, mengepel, dan menyedot debu serta kotoran yang menempel di lantai.

Robot vacuum cleaner ARBIT ini dibekali dengan 6 mode pembersihan yang bisa dipilih yakni Auto Cleaning untuk membersihkan secara otomatis, Edge dan Spot Cleaning untuk membersihkan sudut-sudut khusus, Manual Cleaning, serta Mopping dan Schedule yang dapat diatur waktu aktivasi otomatisnya.

ARBIT Laser Robot Vacuum AR-LRV530 dapat dioperasikan dengan menggunakan aplikasi Smart Life pada smartphone, dan tersambung dengan memanfaatkan jaringan WiFi.

Teknologi yang dimiliki oleh robot vacuum cleaner ARBIT ini akan memetakan luas ruangan secara otomatis, untuk dapat membersihkannya secara maksimal dan efisien.

Kriteria Spesifikasi
Type Vacuum Robotic
Power 28 Watt
Voltage -
Dust Capacity 0.35 L
Dust Collector Type Bagless
Vacuum Power 2 KPA
Dimension -
Weight -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. UMEDA TOMO 1.0

harga robot vacuum cleaner umeda

Robot vacuum cleaner UMEDA TOMO 1.0 menawarkan kinerja yang efisien dan dapat diandalkan untuk membersihkan seluruh ruangan di dalam rumah dengan sangat baik, berkat teknologi dan sensor yang diusungnya.

Salah satu sensor andalannya adalah Anti Falling yang berfungsi untuk menjaga agar perangkat robot vacuum cleaner ini selalu berada pada posisi yang aman, terlebih lagi bila berada di depat tangga atau ada daerah turunan pada lantai.

Cara kerja UMEDA TOMO 1.0 dapat dilakukan memlalui dua metode, dengan menggunakan remote bawaan dari perangkat ini, atau dengan menggunakan aplikasi Tuya Smart yang dapat diinstal pada perangkat smartphone.

Kriteria Spesifikasi
Type Vacuum Robotic
Power 200 Watt
Voltage 220 V
Dust Capacity 600 L
Dust Collector Type Bagless
Vacuum Power 1.2 KPA
Dimension 320 x 320 x 80 mm
Weight -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Philips SmartPro Easy

harga robot vacuum cleaner philips

Philips SmartPro Easy adalah robot vacuum cleaner dengan daya sedot 600Pa yang dapat digunakan selama kurang lebih 105 menit pada sekali pengoperasiannya, dan memiliki desain yang sangat modern.

Salah satu kelebihan dari robot vacuum cleaner Philips ini adalah pengoperasian dengan menggunaan satu tombol yang membuatnya menjadi sangat praktis untuk digunakan.

Philips SmartPro Easy dapat dengan mudah masuk ke kolong furnitur rendah, serta dibekali dengan filter HEPA, yang memastikan partikel debu terkecil sekalipun akan masuk ke dalam wadah penampung debunya. 

Kriteria Spesifikasi
Type Vacuum Robotic
Power 600 Watt
Voltage 14.8 V
Dust Capacity 0.4 L
Dust Collector Type Bagless
Vacuum Power 0.6 KPA
Dimension 300x300x58.5 mm
Weight 2 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

8. Notale Robot Vacuum Cleaner

harga roboot vacuum cleaner notale

Notale robot vacuum cleaner bekerja secara otomatis untuk membersihkan ruangan di dalam rumah dengan cara menyusuri ruangan dengan presisi, sehingga mampu membersihkan debu dan kotoran dengan lebih akurat dan efisien.

Cara kerja dari Notale robot vacuum cleaner ini juga mudah, hanya tinggal menekan satu tombol saja, dan perangkat ini langsung bekerja secara mandiri, karena telah dibekali dengan CPU sistem navigasi visual dinamis VSLAM + 4-core.

CPU tersebut dapat melakukan perhitungan komputerisasi untuk menentukan posisi perangkat secara real time, dan mengarahkannya dengan membuat jalur kerja sendiri.

Notale robot vacuum cleaner dilengkapi dengan fitur Anti Falling System, sehingga dapat bekerja dengan baik di dekat tangga, tanpa perlu khawatir perangkat akan jatuh, karena sensornya akan mengenali situasi berbahaya dan otomatis menghindarinya.

Kriteria Spesifikasi
Type Vacuum Robotic
Power 25 Watt
Voltage 220 - 240 V
Dust Capacity 0.6 L
Dust Collector Type Bag
Vacuum Power 2.5 KPA
Dimension 330x76 mm
Weight 2.7 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Daftar Harga Robot Vacuum Cleaner Lainnya:

Nama Harga di Pasaran
Sharp EC-8305 Rp 759.500
yeedi 2 Hybrid Rp 9.632.596
Xiaomi Mijia 1C Rp 2.625.000
Xiaomi Mijia G1 Rp 2.362.800
UMEDA TOMO 2.0 Rp 5.187.000
Oxone OX-889 Rp 2.899.000
Xiaomi Mi Robot Vacuum Cleaner Rp 2.112.000
CHUWI iLife Beatles V5 Rp 2.388.000
Xiaomi Mijia 1T Rp 2.863.000
Xiaomi Roborock Smart Vacuum Cleaner 2 Rp 7.200.000
Kurumi KV 03 Rp 2.396.400
Kurumi KV 05 Rp 1.590.000
Kurumi KV 04 Rp 1.449.999
Kurumi KV 08 Rp 3.048.000

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.