Diperbaharui pada Selasa, 10 Januari 2023 | 12:58

5 Proyektor Mini Harga Murah, FHD Warna Cerah


Proyektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Mengapa proyektor?

Dibandingkan dengan media yang lain seperti Plasma atau LCD Display, proyektor memiliki beberapa kelebihan seperti dapat membuat tampilan yang sangat besar, dapat di bawa dengan mudah serta fleksibilitas yang tinggi.

Di dunia edukasi seperti civitas akademika, kantor, serta training center hingga pusat kebudayaan, penggunaan proyektor sangatlah lekat dalam keseharian, mulai yang hanya memantulkan tulisan agar proses belajar mengajar lebih jelas, hingga pengunaan proyektor untuk menampilkan film dokumenter.

Lalu bagaimana dengan penggunaan proyektor jika sedang bekerja di rumah? Ini yang tanpa disadari masyarakat bahwa penggunaan proyektor tak melulu ada di kantor, dan kebanyakan membanderol dengan harga proyektor cukup murah, tak melulu mahal.

Bahkan kini proyektor memiliki ukuran yang mini sehingga mudah ditempatkan dimana saja, meskipun dirumah aja, proyektor mini ini juga bisa dibawa kemanapun. Proyektor mini juga dipasarkan dengan harga yang murah. Bahkan Anda bisa memilih proyektor mini dengan harga di bawah 1 juta.

Proyektor ini bisa Anda manfaatkan untuk memperbesar tampilan pada TV atau hp sekalipun. Sehingga Anda bisa menonton bersama keluarga besar dengan tampilan yang lebih besar. Mencari proyektor mini murah dan berkualitas juga tidak susah, karena produknya banyak beredar dipasaran.

Nah, untuk mengetahui proyektor mini murah dengan harga 1 jutaan, berikut adalah sederet proyektor yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan :

1. Cheerlux C6

 

Cheerlux C6

Cheerlux C6 adalah proyektor mini dengan nilai lumens tertinggi diantara yang lain yakni 1200 lumens. Pantas saja jika proyektor portable ini banyak direkomendasikan untuk penggunaan di rumah sebagai pengganti televisi ketika menonton film.

Spesifikasi lain yang juga menjadi andalan dari proyektor mini murah tapi bukan murahan ini adalah layanan data yang bisa diakses secara nirkabel. Artinya Anda bisa menggunakan dongle (usb) yang bisa memberikan akses layanan data nirkabel menuju ponsel. Dan setelah pengaturan dilakukan maka data yang ada pada ponsel bisa diakses langsung dan diputar untuk tayang di layar proyektor.

Kriteria Spesifikasi
Native Resolution 800 x 480 Pixel
Native Aspect Ratio 16:9
Maximum Resolution 800 x 480 Pixel
Compatible Aspect Ratio 4:3
Contrast Ratio 1200:1
Brightness 1200 lumen
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Glitz UC40

Glitz UC40 merupakan sebuah perangkat proyektor mini yang termasuk murah dan dapat digunakan untuk beraga keperluan. Ukurannya yang mini sangat praktis di bawa dan sangat memadai untuk acara-acara dengan skala kecil, seperti memutar video dengan keluarga, presentasi bisnis dengan audiens sedikit, dan masih banyak lagi.

Keunggulan proyektor Glitz UC40 yang dimiliki dibandingkan proyektor lainnya tentu saja selain dari ukurannya yang kecil, kinerjanya pun luar biasa, dengan level kecerahan sebesar 800 lumens dan rasio kontras sebesar 800 : 1.

Sehingga menghasilkan gambar yang tajam dan jelas. Untuk kehalusan gambar, Glitz UC40 menawarkan resolusi sebesar 800 x 480 pixel. Glitz UC40 memiliki lampu dengan durasi penggunaan yang lumayan lama yaitu hingga 20000 jam.

Ukuran layar yang didukung proyektor ini sebesar 35 – 130 inci, ukuran untuk pembesaran maksimal dengan kualitas gambar yang baik. Ada banyak format multimedia yang didukung proyektor ini, yang memudahkan Anda memutar banyak file menggunakan Glitz UC40.

Format audio yang didukung terdiri dari MP3, WMA, sedangkan format video terdiri dari 3GP(H263,MPEG4)/ AVI(XVID,DIVX,H264)/ MKV(XVID,DIVX,H264) /FLV(FLV1)/ MOV(H264)/ MP4(MPEG4,AVC)/ MPG(MPEG1)/ VOB(MPEG2)/ RMVB(RV40), dan format foto terdiri dari JPEG, BMP, dan PNG.

Konsumsi listrik yang dibutuhkan 100 watt pada tegangan 240 V AC, 50/ 60 Hz. Slot koneksi proyektor murah tetapi tidak secara keseluruhan dikenal dengan barang murahan ini didukung beberapa aksesoris terdiri dari DC in, USB, HDMI, AV In, VGA, dan audio in.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Native Resolution 800 x 600 Pixel
Native Aspect Ratio -
Maximum Resolution 1920 x 1080 Pixel
Compatible Aspect Ratio 4:3
Contrast Ratio 800:1
Brightness 800 lumen
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Saige UC40

Saige UC40 merupakan sebuah proyektor mini murah berkualitas untuk menikmati konten multimedia yang memiliki ukuran yang sangat kompak dengan bobot yang ringan. Saige UC40 menawarkan sebuah kualitas proyeksi gambar yang akan dapat memenuhi segala kebutuhan Anda, baik untuk persentasi kantor, pendidikan, ataupun sebagai media hiburan.

Secara fisik, proyektor yang termasuk murah yakni Saige UC40 ini ternyata memiliki ukuran yang terbilang kompak dengan dimensi 210 x 150 x 70 mm dengan bobot yang hanya 2 kilo gram saja. Dengan ukurannya tersebut anda tentunya akan sangat leluasa membawa proyektor ini kemanapun Anda pergi.

Seperti saat anda ingin melakukan sebuah persentasi di tengah perjalanan dinas ataupun untuk menampilkan hiburan visual bersama keluarga saat anda menghabiskan waktu libur. Sebagaimana fungsi utamanya sebagai sebuah proyektor, Saige UC40 memiliki kemampuan untuk melakukan pembesaran gambar mulai dari ukuran 34 inch hingga 130 inch.

Proyektor Saige UC40 ini menggunakan lensa jenis fokus manual yang memiliki tingkat brighness 800 lumens. Proyektor mini murah tetapi memilki hasil dan desain ergionomis ini sendiri memang diperuntukan untuk kegiatan persentasi kecil.

Namun dengan brightness 800 lumens dan ukuran proyeksi yang pas membuat tampilan visual jauh lebih berkuaklitas. Bahkan dengan proyektor ini anda bisa mendapatakan suguhan tampilan visual dengan resolusi FullHD 1920 x 1080 piksel.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Native Resolution 800 x 480 Pixel
Native Aspect Ratio 4:3
Maximum Resolution 1920 x 1080 Pixel
Compatible Aspect Ratio 16:9
Contrast Ratio 800:1
Brightness 800 lumen
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Best CT UC28 Mini LED

Ini adalah salah satu item esensial yang sering digunakan dalam kegiatan presentasi. Berbagai proyektor mini yang di jual di pasaran memiliki keunggulan serta harga yang beragam, salah satunya pabrikan Best CT yang cukup di minati oleh masyarak yakni Best CT UC28 Mini LED.

Proyektor terbaik ini memiliiki bentuk yang minimalis dengan di lapisi oleh warna putih hanya dengan ukuran dimensi 128 x 12,7 x 7,2 cm dan di lihat dari segi bobot. Meskipun memiliki ukuran bodi yang kecil, BEST BT UC28 Mini LED ini mampu memberikan performa yang cukup baik.

Terbukti dengan hasil resolusi tampilan objeknya yang mencapai 1920 x 1080 pixel. Lampu yang digunakan oleh BEST BT UC28 Mini LED ini pun memiliki daya tahan yang baik yaitu hanya mencapai masa pakai 20.000 jam, dimana kekuatan lampu yang digunakan pun sangat rendah sehingga konsumsi daya listrik pun rendah.

Kriteria Spesifikasi
Native Resolution 320 x 240 Pixel
Native Aspect Ratio 4:3
Maximum Resolution 1920 x 1080 Pixel
Compatible Aspect Ratio -
Contrast Ratio 300:1
Brightness 200 lumen
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Vivibright GP7S

Vivibright GP7S hadir sebagai sebuah proyektor mini murah tetapi modern dengan desain kecil yang mengagumkan. Sangat teruji dan dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik, di samping itu perangkat ini juga memiliki desain mini yang memudahkan Anda menyimpannya.

Dimensi perangkat ini adalah 12, 7 cm x 12, 6 cm x 5, 6 cm ( L x W x H ) dan bobot seberat 0, 40 kg. tampilan fisiknya sangat praktis dan direkomendasikan untuk Anda yang dinamis.

Selain tampilan fisik yang meyakinkan Vivibright GP7S juga didukung dengan fitur-fitur handal, salah satu fitur terbaik yang dimiliki adalah resolusi yang besar untuk mendukung kualitas gambar full HD sebesar 1920 x 1080 pixel. Dengan resolusi yang besar tersebut memungkinkan Anda mendapatkan hasil visualisasi yang sempurna.

Proyektor Vivibright GP7S sangat cocok digunakan untuk beragam aktivitas dengan ukuran ruangan kecil hingga sedang, level kecerahan yang didukung adalah 200 lumens dengan lampu LED yang dapat bertahan hingga 20000 jam penggunaan. Nilai rasio kontras yang dimiliki proyektor murah ini sebesar 10000 : 1 yang menyajikan gambar yang tajam dan dramatis.

Kriteria Spesifikasi
Native Resolution 480 x 320 Pixel
Native Aspect Ratio 16:9
Maximum Resolution 1920 x 1080 Pixel
Compatible Aspect Ratio 4:3
Contrast Ratio 300:1
Brightness 120 lumen
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Semakin Besar Lumens, Tampilan Semakin Jelas

Proyektor murah baik dalam ukuran mini atau besar, tentu saja dilengkapi dengan beberapa istilah yang mirip dengan resolui dalam kamera yakni SVGA, XGA, dan SXGA+. Keterangan ini digunakan untuk menunjukkan resolusi yang digunakan pada piranti dengan layar standar 4:3 seperti komputer dan proyektor.

Sedangkan WVGA, WXGA dan WUXGA digunakan untuk menandai resolusi yang terdapat pada piranti layar lebar 16:9 seperti proyektor home cinema. Nilai resolusi sebuah proyektor diukur dengan satuan ANSI Lumens atau biasanya disebut Lumens saja.

ANSI merupakan singkatan dari American National Standards Institute. Nilai ANSI ini menunjukkan format cahaya dan metode pengukuran. Sedangkan Lumens merupakan sebuah ukuran yang digunakan untuk menandai tingkat brightness atau kecerahan cahaya yang diproyeksikan.

Sebagai gambaran saja, sebuah lilin parafin menghasilkan tingkat resolusi sebesar 13 Lumens, sebuah bola lampu 100 watt menghasilkan 1200 Lumens. Jadi semakin tinggi nilai Lumens, maka semakin nyata gambar yang dihasilkan dalam ukuran yang sama oleh sebuah proyektor.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.