Diperbaharui pada Senin, 9 Januari 2017 | 15:05

3 Action Camera Nikon yang Siap Bersaing dengan GoPro

Menyebut nama Nikon tentu semua orang akan merujuk pada perangkat kamera. Nikon lebih dikenal dengan kemampuan pada kualitas kamera DSLR serta beberapa jenis kamera lainnya. Namun mengikuti perkembangan teknologi, Nikon telah menghadirkan semua jenis kamera, termasuk salah satunya adalah kamera berukuran kecil yang biasa disebut sebagai action camera.

Kali ini mereka merilis bagian dari seri action camera Nikon KeyMission. Ada tiga kamera yang berbeda di lineup ini yang mencakup Nikon KeyMission 80, KeyMission 170, dan KeyMission 360.

Action camera Nikon anyar ini ditargetkan pada konsumen menginginkan kamera dengan fungsi yang sedikit berbeda tetapi juga cukup portabilitas, baik saat di simpan di saku atau di koneksikan ke perangkat lain. Ketiga action camera Nikon di lini KeyMission ini akan bersaing dengan GoPro dan perangkat lain yang sejenis.

Nikon KeyMission 80

Kelebihan dari action camera Nikon KeyMission 80 adalah kecepatan dapat penggunaan. Action Camera Nikon ini akan langsung menyala ketika dilepas dari AA-4 Camera Holder dan kemudahan penggunaa berkat tombol shutter besar serta kecepatannya memotret.

KeyMission 80 memiliki desain yang ringan, dapat dioperasikan dengan satu tangan. Sebuah klip holder disediakan untuk akses cepat ketika momen menarik terjadi. Meskipun berukuran seperti hape, namun KeyMission 80 memberikan foto dan video berkualitas. Sebagai action camera, Nikon KeyMission 80 juga cukup ideal untuk aktivitas di luar ruangan dalam kondisi yang tidak ideal.

KeyMission 80 sanggup bertahan di air hingga kedalaman 3,4 kaki atau sekitar 1 meter, tahan di suhu dingin hingga 14 derajat F dan shockproof dari ketinggian 1,5 meter. Kinerja dari action camera Nikon KeyMission 80 ini mengandalkan pada penggunaan optik NIKKOR dan sensor CMOS beresolusi 12 megapiksel. Ada juga aperture f/2.0 untuk pengambilan dalam situasi cahaya rendah. Sedangkan teknologi Vibration Reduction Optical image stabilization akan membuat foto terlihat tajam dan stabil.

Selain kamera utama, KeyMission 80 juga menyematkan kamera kedua yang beresolusi 4,9 megapiksel di belakang untuk melakukan foto selfie lengkap dengan sebuah monitor LCD menghadap ke arah pengguna. Fitur lainnya mencakup Route Shooting yang dapat menangkap 100 foto atau 10 film berdurasi tiga detik dalam jangka waktu tertentu.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 12.4 MP
Wide Field of View 80 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Nikon KeyMission 170

Action camera Nikon ini memiliki desain ringan, ringkas berukuran 66,4x46,8x42.7mm berbobot 120g. KeyMission 170 menawarkan sudut pandang mencapai 170 derajat, cocok untuk mengabadikan perjalanan pengguna.

Berkat penggunaan lensa Nikkor berkualitas tinggi dengan aperture max f/2.8, memungkinkan pengguna memotret ketika cahaya rendah. Teknologi Electronic Vibration Reduction image stabilization akan menghasilkan video tajam dan stabil, sementara fitur pengurangan kebisingan memberikan suara yang jernih.

Kemampuan action camera Nikon KeyMission 170 adalah tahan air hingga kedalaman 10 meter dan dapat bertahan di suhu ekstrim yang mencapai 14 derajat F. Action camera Nikon ini juga memiliki fitur shockproof dari ketinggian 2 meter dan tahan terhadap debu serta pasir. Pengguna juga dapat menambahkan WP-AA1 Waterproof Housing untuk membawa Nikon KeyMission 170 hingga kedalaman 40 meter.

Hasil rekaman video nya mampu mencapai format 4K Ultra HD di 30p atau resolusi yang empat kali lebih tinggi dari Full HD dengan suara stereo yang jernih. Action camera Nikon KeyMission 170 memudahkan untuk mengambil foto berkat menu dan kontrol intuitif.

Sudah disediakan sebuah layar LCD, ML-L6 Remote Control yang memungkinkan pengambilan gambar dari jarak. Tidak hanya itu, pengguna bahkan dapat menggunakan hape sebagai monitor remote untuk action camera Nikon KeyMission 170.

Hasil dari kamera Nikon KeyMission 170 dapat dilihat, diedit dan di share melalui hape yang kompatibel dengan aplikasi SnapBridge 360/170.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 8.3 MP
Wide Field of View 170 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Nikon KeyMission 360

Nikon KeyMission 360 merupakan action camera Nikon dengan fitur 360 derajat yang berukuran kecil dan portabel. Desain ini menawarkan pengguna untuk dapat mengambil gambar di mana saja. Seperti nama "KeyMission" yang berarti dimaksudkan bisa diterapkan sebagai gantungan kunci, berkat ukurannya yang kecil.

Apalagi Nikon telah memasang sebuah tempat gantungan kunci pada setiap action camera mereka. Sehingga action camera Nikon ini dapat digantung pada resleting backpack di bagian luar tas, atau di mana saja sesuai keinginan pengguna. Nikon KeyMission 360 menggunakan dua lensa Nikkor dan dua sensor gambar untuk menangkap pemandangan dalam sudut pandang 360 derajat.

Action Camera Nikon KeyMission 360 dapat menghasilkan video 360 derajat dalam resolusi 4K Ultra HD. Tidak hanya terbatas pada video standar, pengguna juga dapat membuat video time lapse atau video slow motion.

Bahkan masih dapat mengabadikan foto melalui resolusi 23,9 megapiksel. Kemampuan action camera Nikon KeyMission 360 adalah tahan air hingga kedalaman 98 kaki atau sekitar 30 meter dan dapat bertahan di suhu ekstrim yang mencapai 14 derajat Fahreinheit. Action camera Nikon ini juga memiliki fitur shockproof dari ketinggian 2 meter dan tahan terhadap debu serta pasir.

Sama seperti seri KeyMission lainnya, action camera ini juga menggunakan aplikasi SnapBridge agar terhubung ke perangkat lain yang kompatibel. Foto secara otomatis ditransfer ke perangkat lain sehingga mudah untuk dilihat dan diedit serta langsung di share melalui jaringan NFC, Bluetooth, maupun Wi-Fi pada saat itu. SnapBridge juga menambahkan GPS, informasi waktu serta tanggal untuk foto.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 23.9 MP
Wide Field of View 360 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Nikon Perkenalkan Action Cam Terbaru Fitur 4K, Nikon KeyMission 360, 170, 80
Cara Mudah Reset Password GoPro Hero 5 Session & Black
Action Cam GOPRO Hero 5 Black dan GOPRO Hero 5 Session Resmi Diperkenalkan
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.