Preview ASUS VivoBook Flip TP201: Notebook Hybrid dengan Empat Fungsi Penggunaan

Oleh Nur Abdillah on Jumat, 14 Okt 2016 | 11:14

Laju perkembangan teknologi pada perangkat notebook terus berlangsung dan melaju semakin dinamis. Oleh karena itu, Asus kembali menghadirkan produk baru untuk memenuhi kebutuhan pasar saat ini. Dengan menghadirkan Asus VivoBook Flip TP201SA untuk kelas entry-level, laptop hybrid terbaru ini hadir dengan konsep laptop 2 in 1 yang dilengkapi layar yang dapat diputar hingga 360 derajat.

Hal ini tidak terlepas dari nama Asus sebagai salah satu vendor perangkat elektronik nomor satu dunia yang selalu mengedepankan inovasi pada setiap produk perangkat notebook buatannya. Tujuannya hanya satu, demi kenyamanan pengguna. Perangkat komputasi bergenre convertible yang satu ini memboyong sejumlah fitur canggih yang akan menjamin kepuasan penggunaan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keunggulan yang dimiliki Asus VivoBook Flip TP201SA.

Desain Ringkas

Asus VivoBook Flip TP201SA diinisiasi dengan pemikiran bagaimana caranya menghadirkan perangkat mumpuni yang mampu memberikan kemudahan penggunaan kepada khalayak dalam berbagai aspek. Unsur mobilitas yang tertanam pada perangkat ini terletak pada ukuran yang dibuat ringkas, bahkan lebih kecil dari kertas A4. 

Dengan ukurannya yang ringkas tersebut, bobotnya juga menjadi lebih ringan yakni hanya 1,25 kilogram saja, sehingga sangat nyaman ketika dibawa bepergian. Seperti diketahui, bobot yang ringan sangatlah penting bagi sebuah notebook, mengingat zaman yang semakin mobile serta menuntut kecepatan dan kepraktisan. Sembari beraktivitas, Anda bisa memanfaatkan speaker dengan dukungan teknologi Sonic Master untuk mendengarkan lagu favorit atau hanya sekedar melepas kejenuhan. Sementara bagi yang hobi melakukan video chat, sudah disediakan web camera dengan resolusi VGA yang berada di layarnya.

Layar Sentuh

Pada bagian layar, Asus menggunakan layar berukuran 11,6 inci. Layar ini akan disokong panel IPS dan resolusi HD 1366 x 768 pixel. Menariknya, dalam layar ini terdapat teknologi Asus Tru2Life yang mampu meningkatkan kontras warna pada display menjadi lebih menawan. Teknologi ini sangat berguna saat pengguna memutar konten multimedia atau bermain game. Teknologi ASUS Tru2Life ini mampu meningkatkan kontras warna pada display menjadi lebih menawan. Teknologi ini sangat berguna untuk membuat kenyamanan ketika menyetel konten multimedia menjadi semakin baik.

Tidak hanya itu, layar ini juga sudah menggunakan panel touchscreen yang mendukung hingga 10 titik sentuh. Layar sentuh ini akan terasa sekali manfaatnya saat berada dalam situasi tertentu. Tidak ketinggalan ada pula fitur travel distance ikut diberikan pada keyboardnya, menjadikan papan ketiknya memiliki tingkat kedalaman tekanan 1,6mm yang sangat nyaman untuk digunakan. Notebook ini sudah berjalan dengan sistem operasi terbaru Windows 10

Empat Modus Penggunaan

Salah satu daya pikat dari ASUS VivoBook Flip TP201 konsep convertibel yang dimilikinya. Dimana perangkat ini dapat digunakan dalam 4 posisi penggunaan yang berbeda. Sehingga anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan. Fitur convertible memungkinkan Anda untuk memakai VivoBook Flip TP201 sebagai sebuah notebook, tablet, dan dua bentuk lain dengan memutarnya hingga 300 derajat. Ini berguna misalnya ketika Anda ingin menjadikan TP200 sebagai standing display untuk menampilkan konten multimedia atau lainnya. Dengan fungsinya itu perangkat ini sangat cocok bagi kaum muda yang memiliki segudang kegiatan yang menuntut mobilitas tinggi.

Performa

Laptop hibrid ini dibekali dengan prosesor Intel Pentium N3750 yang merupakan chip terbaru Intel. Kelebihan dari chipset ini memiliki boost clock yang lebih tinggi yakni 2,56 GHz dibandingkan varian prosesor sebelumnya. YAng menarik adalah meski performa lebih kuat namun pasokan energi yang dibutuhkan sangatlah kecil karena hanya memiliki nilai TDP sebesar 6 watt sehingga membuatnya sangat hemat energi. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki aktivitas sangat mobile, karena tidak perlu khawatir kehabisan daya.  Kinerja prosesornya juga akan dikombinasikan dengan kartu grafis Intel HD dan disokong kapasitas RAM 4GB DDR3.

Bagaimana dengan ruang penyimanannya? Anda tidak perlu khawatir, sebab Asus VivoBook Flip TP201 didbekali dengan penyimpanan cukup besar dengan kapasitas 500 GB. Cukup besar sebagai tempat untuk menyimpam beragam file-file pribadi, mulai dari dokumen, foto hingga video.

Baterai dan Konektivitas

ASUS VivoBook TP201 juga telah disokong dengan prosesor hemat daya yang membuat masa pemakaiannya mampu bertahan hampir sepanjang hari. Secara lebih terperinci, penggunaan salah satu prosesor Intel Pentium mutakhir yakni tipe N3750, sanggup membuat baterai TP201 bertahan hingga 11 jam jika digunakan untuk aktivitas tertentu, misalnya web browsing.

Perangkat yang disemati kapasitas penyimpanan sebesar 500GB ini juga telah ditunjang olehport  USB 3.1 Type C. Konektivitas USB 3.1 Type C membuat proses transfer data menjadi lebih cepat yakni mencapai 10Gbps dengan port konektor berbentuk simetris yang lebih mudah digunakan tanpa risiko terbalik saat pemasangan.

Sementara untuk warna tersedia dua pilihan yakni dark blue dan gold dipadukan dengan bodi berbahan metal. Bahan metal ini selain memperkuat struktur body notebook, juga sekaligus mempercantik penampilan.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 11.6 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
Tipe Prosesor Intel Pentium
RAM 4 GB
Storage Size 500 GB
Kartu Grafis Intel
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 1 Port(s)
OS DOS
Tipe Kartu Grafis HD Graphics 405

Baca juga artikel:
Laptop Hybrid Asus VivoBook Flip TP201SA Resmi Dirilis di Indonesia
Dell Latitude 3379, Laptop Convertible Terbaru dengan Fitur Super Tangguh
5 Laptop Murah Ini Bisa Kredit Tanpa Kartu Kredit di elevenia

Artikel Lainnya

Komentar