Xiaomi Mi 5 Siap Dirilis Bersama Mi 5 Plus Menawarkan RAM 4GB

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 23 Peb 2016 | 18:57

Xiaomi Mi 5 Rilis

Besok (24/2) adalah hari yang bersejarah bagi Xiaomi karena Xiaomi Mi5 resmi rilis. Rencananya Xiaomi Mi5 tidak hanya sendiri melenggang ke pasar dunia, melainkan bersama Xiaomi Mi5 Plus.

Suatu pencapaian yang luar biasa bagi Xiaomi setelah mereka berhasil menjadi nomor satu di Asia, Xiaomi sekarang tak lagi sekedar hanya “Apple of China” atau Apple-nya Tiongkok namun juga menjadi “Apple” di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia dan juga India.

Di negara-negara ini Xiaomi berhasil mengalahkan Apple dan juga pesaing yang lain seperti Samsung dan Lenovo serta menjadi produsen smartphone dengan jumlah penjualan yang paling tinggi. Padahal seperti diketahui perusahaan Xiaomi bisa dibilang baru berusia 4 tahun, namun aset perusahaan ini telah lebih dari 46 milyar dolar Amerika. 

Tercatat lebih dari 100 juta produk smartphone Android Xiaomi terjual di pasaran kawasan Asia saja dan dengan rencana peluncurkan Xiaomi Mi5 ini, perusahaan asal Tiongkok ini merencanakan akan menginvasi pasar Amerika, Inggris, Jerman, Turki, Rusia, Thailand, Spanyol, Portugal, Prancis, Yunani, Vietnam, Kriasia, Banglades dan Sri Lanka.

Demi ekspansi besar-besaran ini Xiaomi bahkan telah mempersiapkan kehadiran Mi5 (dan juga Mi5 Plus) sebelum Mi4 diluncurkan ke pasaran. Hugo Barra, presiden Xiaomi Global telah meyakinkan publik dengan Tweetnya bahwa Mi5 akan resmi melenggang ke pasaran. Tweetnya berbunyi:

“#Mi5 is almost here! Xiaomi’s first product in 2016, launching on Februari. 24. It’s everything you imagines, and more. – Hugo Barra (@hbarra) January 21, 2016”.

Tweet tanggal 26 Januari tersebut disertai pula foto bocoran Xiaomi Mi5 dan banyak rumor yang beredar tentang kehadiran Mi5 dan Mi5 Plus ini. Penasaran dengan kehadiran Xiaomi Mi5, berikut rumor-rumor yang beredar di internet saat ini, namun kebenaranya baru akan dibuktikan besok saat produk high end buatan Xiaomi ini diluncurkan. Berikut ini ulasan Mi5 dan Mi5 Plus yang diambil dari GSM Arena.

Desain dan Layar

Desain Xiaomi Mi 5

Dari informasi yang diposting di GSM Arena, Xiaomi Mi5 akan membawa desain yang sangat elegan, yakni bezel kiri kanan layar yang sangat tipis, sehingga penampakan layar menjadi semakin lega. Layarnya sendiri dikabarkan akan berukuran 5,3 inci dengan ketebalan perangkat hanya 5,1mm.  Layar yang terpasang pada perangkat anyar Xiaomi ini adalah IPS LCD dengan resolusi 1080 x 1920 dan kepadatan pixels mencapai 416 ppi. Terdapat pula proteksi layar Gorilla Glass 4.

Baca juga harga Handphone Android Xiaomi Terbaru

Spesifikasi Hardware

Spesifikasi Xiaomi Mi 5

Digadang-gadang sebagai perangkat untuk menembus pasar dunia barat, Xiaomi Mi5 tentunya dibekali dengan spesifikasi hardware paling top. Performa Xiaomi Mi5 dipersembahkan oleh mesin Octa core 64-bit Snapdragon 820 yang di dalamnya tersusun dari 2 x prosesor Quad core Kyro yang mempunyai clockspeed di atas 2,1 GHz. Untuk menunjang performa mesin gahar ini Xiaomi Mi5 dibekali pula dengan RAM 4GB.

Untuk pengolah grafis, Xiaomi membawa GPU Adreno 530. Sementara untuk OS, telah ada OS Android 5.1.1 Lollipop yang terbalut MIUI 7.0 yang tentunya akan bisa diupdate ke Marshmallow. Tak lupa, ada ROM dengan pilihan 16GB dan 64GB, namun sayangnya Xiaomi dikabarkan tak punya slot microSD.

Kamera

Kamera Xiaomi Mi 5

Xiaomi Mi5 dibekali dengan dua buah kamera, kamera utama mempunyai kekuatan 16 MP dengan fitur autofocus, OIS, erta dual-LED flash. Kamera ini dibekali pula dengan fitur touch focus, face/smile detection, panorama, HDR serta Geo-tagging. Kemampuan merekam video yang bisa dilakukan kamera utama Xiaomi ini juga cukup keren yaitu 2160p@30fps, 1080@30fps, 720p@240fps dan video HDR.

Sementara kamera sekunder di bagian depan perangkat berkekuatan 6 MP dengan kemampuan merekam video 1080p.

Konektivitas dan Fitur Lain

Untuk fitur konektivitas, Xiaomi Mi5 sudah sangat lengkap, antara lain 2 slot SIM yang telah mendukung 4G LTE dan jaringan yang lebih rendah, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual band, WiFi Direct, DLNA, hotspot. Ada pula bluetooth 4.1 A2DP, GPS (A-GPS, GLONASS, BDS), fitur NFC, serta slot USB Type-C yang bisa dibalik-balik penggunaannya.

Tak lupa disebutkan pula adannya fingerprint sensor (Ultrasound), Accelerometer, Gyro, Proximity, compass, dan juga dukungan untuk HTML5. Baterai yang dibawa Xiaomi Mi5 berkekuatan 3030mAh berjenis non-removable Li-Po dengan fitur Quick Charge 2.0 (60% hanya 30 menit).

Sementara itu ada rumor lain mengenai Mi5 ini yang berasal dari akun @OnLeaks. Akun ini memberikan informasi bahwa Mi5 akan hadir dengan spesifikasi yang sediit berbeda antara lain RAM hanya 3GB, layar hanya 5,2 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dan 424 ppi, kamera depan 8MP, dan OS yang langsung versi Android Marshmallow.

Xiaomi Mi5 Plus yang diperkirakan akan diluncurkan pada saat yang sama, memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda, tentunya lebih besar.

Mi5 Plus akan memiliki layar yang lebih besar yaitu 5,7 inci dengan resolusi yang lebih besar pula yaitu 1440 x 2560 piksel dan kepadatan piksel yang mencapai 515 ppi. Selain itu kamera utama yang dibawanya justru lebih kecil yakni 13MP dengan fitur yang sama seperti saudaranya. Kamera kedua juga lebih kecil yaitu hanya 4MP. Untuk baterai, kapasitas yang dibawanya lebih besar yakni 3500 MP. Sementara untuk fitur-fitur yang lain, Mi5 dan Mi5 Plus memiliki kesamaan.

 

Baca juga artikel
Selain Smartphone, Inilah 15 Produk Canggih Xiaomi di Pasar Dunia
Xiaomi Mi 5 Rilis Februari Pakai Snapdragon 820, RAM 4GB, Kamera 16MP
Ini Beda Xiaomi Redmi 2 Dari Redmi 3 Kalau Mau Upgrade Ponsel

Artikel Lainnya

Komentar