Diperbaharui Pada Jumat, 8 Okt 2021 | 11:20

Windows 11 Tersedia di Indonesia, Unggulkan Fitur Gaming

Foto: Microsoft

Microsoft resmi mengumumkan bahwa sistem operasi (OS) terbaru mereka, Windows 11 akan mulai tersedia di Indonesia melalui upgrade gratis pada PC Windows 10 yang memenuhi syarat dan pada PC baru yang telah dipra-instal dengan Windows 11. 

Windows 11 dirancang untuk menjadikan penggunanya produktif dan kreatif, namun selain itu, OS terbaru Microsoft ini juga memiliki keunggulan pada fitur-fitur gaming dan keamanan yang diusungnya.

Wahjudi Purnama selaku Modern Work and Security Business Group Lead Microsoft Indonesia, memastikan bahwa Windows 11 akan menata ulang seluruh pengalaman pengguna dengan memberika rasa tenang, nyaman, dan aman.

Lebih jauh, perangkat komputer dan laptop baru yang telah dipra-instal Windows 11 akan tersedia dari seluruh mitra perangkat di Indonesia, seperti Acer, ASUS, Dell, HP, dan Lenovo.

Selain itu, pemilik komputer dan laptop dengan Windows 10 yang memenuhi syarat untuk upgrade gratis, dapat langsung mengujungi retailer lokal untuk melakukan upgrade OS.

Cara untuk mengetahui apakah perangkat komputer dan laptop Anda sudah memenuhi syarat adalah dengan menggunakan aplikasi PC Health Check. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pastikan Anda menggunakan Windows 10 resmi.
  2. Gunakan PC Health Check untuk mengetahui apakah perangkat Anda resmi terdaftar.
  3. Back up semua data dan file penting seperti dokumen, aplikasi, foto, video, dsb.
  4. Buka Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Pembaruan Windows.
  5. Bila perangkat Anda resmi, maka akan muncul opsi untuk upgrade ke Windows 11.
  6. Klik unduh/download dan instal.
  7. Setelah selesai, kuti petunjuk di layar dan konfigurasikan pengaturan Windows 11.

Fitur Gaming Windows 11

Foto: Microsoft

Windows 11 dibuat untuk bermain game, dengan fitur baru inovatif yang diklaim akan membawa pengalaman bermain game PC pengguna ke level berikutnya, terutama dalam hal kualitas grafis.

Jika PC memiliki layar berkemampuan HDR, Auto HDR akan secara otomatis meningkatkan lebih dari 1000 game DirectX 11 dan DirectX 12 ke rentang dinamis tinggi, memberikan rentang warna dan kecerahan yang jauh lebih luas.

Fitur Auto HDR ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan secara manual oleh pengguna, sesuai dengan kebutuhan setiap game yang dimainkan.

Selain itu, Windows 11 juga menyertakan dukungan untuk DirectStorage yang bila dipasangkan dengan NVMe solid state drive dan DirectX 12 GPU, game yang mengimplementasikan DirectStorage.

Teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk mendapatkan keuntungan dari pengurangan waktu muat dan juga memungkinkan tampilnya dunia game yang lebih detail serta luas.

Keunggulan-Keunggulan Lainnya

Foto: Microsoft

Selain untuk kebutuhan gaming, Windows 11 juga dibekali dengan berbagai keunggulan lain untuk kebutuhan kerja dan belajar seperti hadirnya menu Start dan Taskbar baru, suara, font, dan ikon yang dibuat lebih modern.

Chat dari Microsoft Teams kini hadir lebih sederhana dan kompatinel dengan sistem Windows, Mac, Android, dan iOS. Widget pada Windows 11 juga sudah didukung oleh artificial intelligence (AI).

Untuk aksesibilitas, Windows 11 menawarkan teknologi bantu yang sudah dikenal seperti Narrator, Magnifier, Closed Captions, dan Windows Speech Recognition untuk mendukung pengguna di seluruh spektrum disabilitas. 

Pada developer juga diberikan kebebasan karena Windows 11 akan menyediakan platform yang lebih terbuka bagi mereka untuk menggunakan alat, kerangka kerja, dan bahasa pemrograman yang mereka kenal dan sukai dalam membuat aplikasi. 

Windows 11 juga akan kompatibel dengan semua aplikasi, dan OS ini dibangun di atas fondasi Windows 10 yang konsisten, kompatibel, dan familiar, sehingga akan mudah dikelola oleh tim IT.

Content Writter

1501 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.