Diperbaharui pada Kamis, 20 Januari 2022 | 15:39

Cara Bermain Wordle, Gim Tebak Kata yang Viral di Twitter

cara main wordleFoto: Power Language/Wordle

Netizen Indonesia termasuk kamu, mungkin penasaran karena dalam beberapa waktu belakangan ini banyak sekali melihat pengguna sosmed, terutama Twitter, yang memposting gambar kotak-kotak dengan sebagian kotak berwarna hijau dan angka skor di lini masanya.

Postingan tersebut berasal dari sebuah gim tebak kata populer bernama Wordle, dimana pemain hanya diberikan satu kali kesempatan dalam sehari, untuk menebak lima huruf yang akan membentuk sebuah kata dalam bahasa Inggris.

Gim ini mendadak populer dan banyak menjadi perbincangan netizen di Indonesia karena cara bermainnya yang unik dan tantangan yang bagi sebagian orang cukup sulit. Maka tidak heran kalau berhasil menebak, mereka akan dengan bangga memamerkannya di Twitter.

Cara Bermain Wordle

cara bermain wordleFoto: Power Language/Wordle

Gim tebak kata Wordle dapat diakses melalui situs https://www.powerlanguage.co.uk/wordle/ yang tampilannya sangat simpel. Situs ini akan merekam IP perangkat dan secara otomatis diperbarui setiap tengah malam sehingga pemain akan mendapatkan kata baru setiap hari.

Salah satu kesulitan dalam bermain gim tebak kata Wordle adalah kendala bahasa, karena gim ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris, sehingga pemain dengan kosa kata bahasa Inggris yang terbatas akan kesulitan. 

Namun untungnya, gim ini menawarkan level standar dengan tingkat kesulitan yang cukup rendah. Sementara itu, Hard Mode juga bisa diaktifkan kalau kamu merasa level standarnya kurang menantang.

Untuk bermain, pemain diharuskan untuk menebak satu kata yang terdiri dari lima huruf dan diberikan kesempatan sebanyak enam kali untuk menebak kata tersebut. Setelah selesai menuliskan satu kata, tekan 'Enter' dan kotak akan berubah warna.

Bila semua kotak berwarna hijau, artinya kamu menang. Namun bila hingga kesempatan terakhir masih ada kotak yang berwarna kuning dan abu-abu, berarti kamu kalah dan bisa mencoba lagi di hari berikutnya.

Arti Warna pada Gim Wordle

cara main wordleFoto: Power Language/Wordle

Setiap kali pemain menebak sebuah kata, maka akan ada kotak-kotak berisi huruf yang berubah warna menjadi hijau, kuning, atau abu-abu. Apa arti dari warna pada kotak tersebut?

Bila kamu mendapatkan warna hijau, itu berarti huruf yang kamu tempatkan di kotak tersebut sudah benar, sehingga kamu bisa menerka-nerka kata apa yang dimaksud.

Warna kuning pada kotak berarti huruf tersebut ada dalam kata, namun berada di posisi yang salah, sehingga kamu harus menebak di mana posisinya yang benar.

Namun bila kotak berwarna abu-abu, itu berarti huruf tersebut tidak ada dalam kata, sehingga kamu perlu mencari huruf lain untuk bisa menebak kata di dalam kotak.

Bermain Sekaligus Belajar Bahasa Inggris

Selain keseruan dalam menebak kata, gim tebak kata Wordle juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk belajar bahasa Inggris, karena game ini secara tidak langsung akan membuat pemain mencari kata apa yang dimaksud.

Gim ini sangat menyenangkan untuk dimainkan oleh pemain di semua umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Khusus untuk anak-anak, tentunya Wordle akan melatih mereka untuk mengenal kosa-kata bahasa Inggris.

Sementara bagi orang dewasa, tentunya akan melengkapi perbendaharaan kata bahasa Inggris yang bisa digunakan dalam keseharian. Bagaimana, tertarik untuk bermain gim tebak kata Wordle?

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.