Diperbaharui pada Senin, 17 Mei 2021 | 13:55

10 Game Populer yang Paling Banyak di Download di Android dan iOS

game android terpopuler

Saat ini, bermain game nampaknya sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi masyarakat. Hampir semua lapisan menggemari game, mulai dari yang tua, muda, anak-anak hingga dewasa. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Apalagi pilihan game di toko aplikasi Play Store juga sangat banyak, lengkap dari semua genre game. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri, baik game online maupun game offline.

Beberapa tahun lalu, kita mungkin sudah mengenal game Clash of Clans buatan Supercell yang sangat banyak didownload. Atau Pokemon Go yang banyak dimainkan sambil keliling-keliling atau jalan-jalan, malah ada yang sampai masuk kantor polisi dan dimintai keterangan.

Sekarang pun juga sama, banyak game populer yang kini sedang digandrungi dan dimainkan banyak orang. Jika penasaran, berikut game paling populer yang banyak didownload dan dimainkan di Indonesia maupun dunia.

1. Free Fire

Free Fire menjadi salah satu game terpopuler saat ini. Menurut data Sensor Tower tahun lalu game, ini di download sebanyak 21 juta kali. Total game ini total sudah terinstal lebih dari 500 juta kali.

Game besutan Garena bergenre Battleroyale ini memang memiliki cara bermain Free Fire relatif mirip dengan gameplay PUBG Mobile.

Di mana game ini dianggap lebih ramah pada hp spesifikasi kecil karena tampilan grafisnya yang tidak seberat PUBG Mobile. Selain itu, keunggulan dari Free Fire adalah bisa didownload secara gratis. 

Dengan alasan tersebut, tentu sudah sangat cukup untuk menarik minat dari para pecinta game Battleroyale. Jadi, bagi kamu yang ingin main game Battleroyale tapi spesifikasi hp ala kadarnya, Free Fire bisa menjadi pilihannya.

2. PUBG Mobile

Bagi kamu para pengguna hp Android dan pecinta game Battleroyale, tentu nama game PUBG Mobile tidak mungkin lepas dari list yang mesti dimainkan saat ini. PUBG Mobile sendiri merupakan versi pengembangan dari versi PC-nya.

Walau begitu, game ini tidak jauh berbeda dengan versi PC-nya, hanya saja PUBG Mobile dibuat dengan rasio layar untuk perangkat smartphone. Jadi, bagi kamu yang tidak punya PC namun ingin main PUBG, inilah hadiah untuk kamu.

Menariknya lagi, sang pengembang, Tencent selaku publisher dari PUBG Mobile membuat game ini secara gratis untuk semua kalangan. Berbeda dengan versi PC-nya yang harus berbayar di Steam.

Game ini mendapatkan tambahan download sebanyak lebih dari 4 juta kali, dan total hingga saat ini sudah terinstal lebih dari 100 juta kali.

3. Lords Mobile

 

Kamu pecinta game strategi? Bagaimana kalau kamu mencoba game strategi untuk berperang? Bila ingin mencoba game seperti itu, maka Lords Mobile adalah pilhan utama.

Karena di game ini kamu akan melawan pemain lain dengan cara mengatur strategi atau formasi pasukan lebih dulu. Seperti Legacy of Discord, game ini dipromosikan dengan bantuan iklan yang dipublish di Playstore.

Hasilnya, dengan promosi yang gencar, ditambah dengan gameplay yang unik, Lords Mobile sudah di-download sebanyak lebih dari 100 juta kali.

Bagi kamu yang ingin memainkan game ini, maka bisa men-download-nya di Playstore maupun Appstore, gratis! Dan menjadi salah satu game yang popularitasnya mulai meningkat dengan pesat.

4. Mobile Legends Bang-Bang

Siapa yang tidak kenal game bergenre MOBA yang satu ini? Game yang bisa disebut sebagai game sejuta umat ini sekarang sudah mencapai lebih dari 100 juta download. Hal ini tidak mengherankan karena Mobile Legends bisa dibilang ringan dan mudah dimainkan.

Mobile Legends juga menghadirkan hero yang cukup banyak dan keunikan tersendiri membuat 'Mobile Legends' diminati banyak kalangan termasuk anak-anak dan orang tua sekalipun. Ada juga update hero yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. 

Publisher Mobile Legends, Montoon sendiri selalu berusaha menyajikan game yang berkualitas dan event-event menarik agar para pengguna terus mau memainkan game ini di hp mereka. Jadi, tertarik untuk memainkan game ini?

Dari data sumber yang sama di tahun lalu, game Mobile Legends mencatat 7 juta kali download (global) dengan total terinstal lebih dari 100 juta kali.

5. Among Us

Among Us

Baru-baru ini ramai game online Among Us yang bikin penasaran banyak netizen Indonesia, bahkan sempat menjadi trending di Twitter. Among Us adalah game tentang teamwork, sekaligus pengkhianatan.

Pemain dapat berperan sebagai crewmates, atau impostor. Crewmates merupakan peran baik, sedangkan impostor adalah peran jahat. Permainan ini dapat dimainkan oleh 4 - 10 orang secara online.

Mungkin saat ini kalian menemukan game ini dilepas secara gratis di Play Store. Sebelumnya, kalian membutuhkan 5 dolar Amerika atau sekitar Rp 75 ribu rupiah untuk memainkan game dengan karakter lucu ini.

Terdapat jumlah download sebanyak lebih dari 54 juta kali, dan saat ini game Among US telah di download lebih dari 100 juta kali dan sangat populer di negara Brazil.

6. Rules of Survival

Lagi-lagi game Battleroyale berada dalam list game kita selanjutnya. Adalah game besutan NetEase yang kembali membuat pecinta game Battleroyale gembira.

Rules Of Survival atau biasa disebut ROS dan punya gameplay tidak jauh berbeda dibandingkan PUBG Mobile. Sebenarnya game ini tidak diciptakan untuk bersaing dengan PUBG Mobile.

Hanya saja, Free Fire punya tampilan grafis bersahabat. Akhir tahun lalu saja game Rules Of Survival mencatat 70 ribu kali download (global) dengan totalnya sudah terinstal lebih dari 50 juta kali.

7. Genshin Impact

Genshin Impact
Genshin Impact menjadi salah satu game yang kini banyak dibicarakan di dunia maya. Karena game ini memiliki grafis yang ciamik, bahkan bisa dibilang salah satu yang terbaik.

Jadi wajar saja bila game Genshin Impact memiliki ukuran file yang besar. Saat download Genshin Impact di Play Store file size nya memang ratusan MB, namun saat akan dimainkan kita harus mendownload data lebih dari 5 GB.

Itu sebabnya banyak yang penasaran untuk memainkan game ini. Tapi untuk memainkannya butuh hp dengan spek yang tinggi karena pengaruh dari grafisnya yang berat.

Seperti game ber-genre RPG pada umumnya, Genshin Impact juga menitikberatkan gameplay permainan pada peran pemain utama dan kesehariannya.

Untuk bermain, pemain akan mendapatkan peran sebagai seorang Traveler yang memiliki misi utama untuk mencari kerabat yang hilang dalam dunia bernama Teyvat.

Dalam Genshin Impact, pemain dapat mengontrol hingga 24 karakter secara bergantian untuk menyelesaikan misi atau pertempuran berbeda. Masing-masing dari karakter ini memiliki kemampuan yang berbeda, tergantung kebutuhan misi.

Karakter-karakter ini bisa mengendalikan Seven Elements yang terdiri dari Pyro, Anemo, Electro, Cyro, Geo, Dendro, dan Hydro. Ketujuh elemen ini bisa dimanfaatkan untuk mengalahkan musuh yang kuat.

Gameplay pada pertarungan menerapkan sistem turn-based combat. Tahun lalu game ini sukses di download lebih dari 3 juta kali di seluruh dunia.

Dan secara total, Genshin Impact sudah di download lebih dari 10 juta kali dan game ini sangat populer di Indonesia.

8. Arena of Valour (AoV)

Garena juga ikut persaingan game MOBA di Indonesia dengan meluncurkan game MOBA lainnya yaitu Arena of Valour atau yang dikenal sebagai AoV. Sebagai game MOBA, tentu cara bermain AoV tidak jauh berbeda dengan Mobile Legends.

Selain menghadirkan gameplay yang relatif mudah, ini masih ditambah lagi karena sang pengembang, Garena juga rajin memberikan update hero kepada para penggunanya.

Keunggulan lain dari AoV adalah tampilan grafisnya yang lebih realistis dan halus. Walau begitu, kepopulerannya dianggap masih ketinggalan dibandingkan dengan Mobile Legends. Game AoV sudah terinstal lebih dari 10 juta kali.

9. Legacy of Discord

Pecinta game bergenre MMORPG pasti sudah merasa tidak asing dengan game yang satu ini. Adalah game Legacy Of Discord yang berhasil mendapat banyak pengguna dengan bantuan iklan yang mereka publish di mana-mana.

Tapi, walau kadang iklan mereka dianggap mengganggu, ternyata game ini punya grafis yang bagus dan memiliki cukup banyak fitur yang mampu membuat para gamer tertarik.

Seperti game MMORPG lain, yang membedakan Legacy of Discord dengan game MMORPG lain adalah kualitas grafis serta karakter atau hero yang beragam.

Dengan begitu, para pemain memiliki kesempatan untuk banyak mengeksplore berbagai macam hero di dalam game dan memiliki lebih dari satu hero jagoan. Saat ini sudah terinstal lebih dari 10 juta kali.

10. Lineage 2 Revolution

Lineage 2 Revolution sebenarnya belum lama dirilis, tapi langsung berhasil menghebohkan dunia game Indonesia karena mendapatkan banyak pujian dari para gamers. Salah satu daya tarik dari game ini adalah kita bisa "tawuran" secara realtime.

Maksudnya adalah sang pengembang, Netmarble menyajikan gameplay secara Player vs Player realtime yang membuat kita harus melawan musuh secara langsung.

Jadi, tak salah jika kita menyebut Lineage 2 Revolution sebagai game tawuran online karena memang rasa bermain game ini disebutkan seperti sedang tawuran

Di game ini, dalam satu room terdapat 100 orang player yang harus berhadapan 50 lawan 50. Berminat untuk mencoba Lineage 2 Revolution? Lineage 2 Revolution total sudah terinstal 5 juta kali. 

Jangan Lupa Waktu!

Berdasarkan data jumlah download dan pendapatan, semua game-game di atas memang sedang populer saat ini. Dan dijamin akan membuat kamu ketagihan untuk main lagi dan lagi.

Tapi ingat, jangan sampai lupa waktu karena game ini seharusnya hanya dimainkan dalam waktu luang saja. Jadi, tetap ingat waktu ya!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1169 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.