Diperbaharui pada Jumat, 14 Januari 2022 | 18:40
Cara Mengatur Jadwal Postingan Twitter

Cara Mengatur Jadwal Postingan Twitter

Pengguna aktif Twitter di Indonesia adalah salah satu yang terbesar di dunia. Berbagai cuitan dikirimkan setiap harinya dari aplikasi maupun situs web Twitter.

Sudah tahu kalau sekarang kamu bisa menjadwalkan postingan Twitter kamu sebelum di publish? Kalau belum tahu, kita mau kasih tahu kamu caranya. Gampang banget!

Mengenal Fitur Scheduled Tweet

Cara Mengatur Jadwal Postingan Twitter

Fitur terbaru Twitter ini dirilis sejak November 2019. Sejauh ini, Fitur Scheduled Tweet belum tersedia bagi pengguna Twitter di smartphone karena baru bisa digunakan pada Twitter versi web yang bisa diakses melalui laptop atau komputer desktop.

Melalui fitur ini, kita sebagai pengguna Twitter bisa melakukan kontrol yang lebih baik terhadap Tweet yang akan diposting. Cara menjadwalkannya pun cukup mudah, cukup klik ikon bergambar kalendar dan jam setiap kali kamu akan memposting sesuatu.

Fitur Scheduled Tweet ini memungkinkan kamu untuk mengatur kapan postingan tweet kamu akan muncul di Twitter karena pengaturannya meliputi hari, tanggal, hingga jam dimana tweet tersebut ingin kamu posting.

Nantinya, tweet yang sudah kamu atur jadwalnya tersebut akan secara otomatis muncul sesuai dengan waktu yang sudah diatur. Pihak Twitter masih belum mengumumkan kapan fitur Scheduled Tweet ini tersedia untuk versi mobile. Namun kemungkinan itu selalu ada.

Cara Membuat Tweet Terjadwal di Twitter Web

Cara Mengatur Jadwal Postingan Twitter

Kamu bisa mencoba untuk membuat jadwal postingan di Twitter web dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, tentunya kamu harus punya sesuatu yang ingin kamu tweet, bisa tulisan, gambar, atau video.
  2. Setelah siap untuk diposting, kamu bisa menjadwalkan kapan tweet tersebut akan diposting dengan klik ikon Schedule Tweets (bergambar kalender dan jam) kemudian lakukan pengaturan.
  3. Atur waktu posting dengan memilih tanggal, bulan, tahun, jam, dan menit. 
  4. Selanjutnya, klik Confirm, dan tweet kamu akan muncul sesuai jadwal yang kamu inginkan.

Lalu bagaimana jika kita membuat kesalahan dan ingin ingin merevisi atau mengedit tweet yang sudah dijadwalkan tersebut? Nah, untuk yang satu ini, kamu bisa lihat tutorial selanjutnya.

Cara Mengedit Tweet yang Sudah Terjadwal

Cara Mengatur Jadwal Postingan Twitter

Setelah selesai mengatur jadwal postingan Twitter, kadang ada hal yang lupa dan ingin kamu tambahkan, atau ada bagian yang ingin kamu ubah karena kurang sesuai. Nah, yang berikut ini adalah cara mengedit tweet yang sudah terjadwal.

  1. Klik menu untuk membuat Tweet, selanjutnya kamu bisa menekan menu Unsend Tweet.
  2. Jika sudah, kamu bisa menekan menu Scheduled.
  3. Selanjutnya, kamu bisa mengedit Tweet tersebut dengan menekan Tweet
  4. Setelah postingan diubah, kemudian ikuti cara di awal untuk mengatur ulang jadwal Tweet.
  5. Kalau ingin menghapus, pilih menu Edit > Tweet > Delete.

Adanya fitur Scheduled Tweet ini sangat memudahkan bagi kita sebagai pengguna Twitter, maupun bagi perusahaan-perushaan untuk mengatur jadwal postingan di Twitter. Kini tidak perlu lagi berlangganan aplikasi dan jasa pihak ketiga seperti Tweetdeck. 

Manfaat Mengatur Jadwal Tweet

Manfaat Schedule Tweet Untuk Pribadi

Tweet itu biasanya bersifat spontan, dimana apa yang kita pikirkan, langsung diketik dan publish. Terkadang kita terbawa emosi dan menulis tanpa memikirkan konsekuensinya.

Atas salah satu dasar itulah, Twitter memberikan kesempatan bagi setiap pengguna untuk melakukan Tweet terjadwal.

Hal-hal yang biasa dipost di Twitter adalah segala macam permasalahan hidup, baik yang menyenangkan, hingga yang tidak menyenangkan. Sayangnya, kadang kita lupa kalau hal pribadi sebaiknya tidak semuanya perlu diposting di Twitter.

Tentu saja ada pilihan delete, namun biasanya postingan Twitter yang sudah menyebar sudah tidak bisa kita kontrol dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna Twitter lainnya.

Nah, dengan fitur Scheduled Post ini, kita bisa berfikir ulang untuk mengedit,  atau bahkan menghapus postingan, sebelum publish.

Manfaat Schedule Tweet Untuk Perusahaan

Bukan hanya untuk keperluan pribadi, fitur Scheduled Tweet ini juga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dalam kegiatan marketingnya. Perushaan dapat menjadwalkan pengumuman atau postingan merketing tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Jadwal merketing setiap perusahaan pastinya penuh, dan belum tentu tenaga yang tersedia cukup untuk melakukan semuanya. Dengan adalnya opsi untuk membuat jadwal postingan, maka tim yang bertugas bisa bekerja dengan lebih efisien.

Dengan adanya postingan Twitter yang terjadwal, akun Twitter perusahaan jadi tidak pernah sepi, terutama pada hari-hari libur dimana kantor tutup. Sehingga engagement dengan follower mereka tetap terjaga.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba fitur Scheduled Tweet dari Twitter web ini? Coba, yuk!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1034 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.