Diperbaharui pada Rabu, 3 April 2024 | 12:02

Jajaran Perangkat Rumah Tangga Samsung Terbaru dengan Teknologi AI

Jajaran Perangkat Rumah Tangga Samsung Terbaru dengan Teknologi AI-0
Samsung menampilkan jajaran perangkat rumah tangga terbarunya yang sudah dibekali teknologi AI pada acara peluncuran global 'Welcome to 'BESPOKE AI', yang berlangsung di tiga lokasi yaitu Seoul, Paris, dan New York City.

Jong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO and Head of Device eXperience (DX) Division, Samsung Electronics, menjelaskan bagaimana perangkat rumah tangga Samsung tidak hanya mampu melakukan tugas-tugas yang biasa dilakukan, namun dengan penerapan AI, produk-produk tersebut dapat melakukan lebih dari yang dibayangkan sebelumnya. 

Terutama dengan penambahan layar pada kulkas, induction range, dan mesin cuci, membuat perangkat Bespoke dapat menjadi sarana hiburan serta pusat kontrol perangkat Samsung lainnya yang mudah diakses dan terhubung melalui SmartThings.

"Hari ini kami membagikan visi AI untuk perangkat elektronik pada lebih banyak produk Bespoke melalui konektivitas dan kemampuan AI yang lebih canggih, untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi," ujarnya.

Perangkat Rumah Tangga Samsung Terbaru

Lalu apa saja perangkat rumah tangga terbaru Samsung yang sudah dibekali teknologi AI?

4-Door French Door Refrigerator 

4-Door French Door Refrigerator dengan AI Family Hub adalah pusat kendali utama untuk semua yang berhubungan dengan makanan, yang menghubungkan kulkas ke perangkat lain di rumah.

AI Family Hub™+, yang merupakan layar LCD besar di panel kanan depan kulkas, merupakan kunci pengalaman AI yang intuitif, di mana pengguna dapat melihat resep yang direkomendasikan serta memutar musik dan video untuk hiburan di dapur. 

4-Door French Door Refrigerator dengan AI Family Hub™ dilengkapi dengan AI Vision Inside yang menggunakan kamera internal untuk mengidentifikasi 33 bahan makanan segar yang masuk dan keluar dari kulkas. Bahan makanan yang dikenali akan terdaftar dan dikelola di layar Family Hub™ dan juga dapat diperiksa di aplikasi SmartThings.

Bespoke Jet Bot Combo™ AI 

Produk utama lainnya adalah Bespoke Jet Bot Combo™ AI, robot vacuum cleaner dan pel dengan fitur-fitur yang disempurnakan dengan AI, termasuk AI Recognition yang cerdas. 

AI Recognition yang cerdas bekerja dengan berbagai cara. AI Object Recognition menggunakan model AI Deep Neural Network (DNN) dan kamera untuk mengenali berbagai objek termasuk manusia, hewan peliharaan, dan benda-benda yang sulit dilihat seperti kabel telepon yang tipis dan permadani atau keset. 

AI Floor Detect mendeteksi jenis lantai yang akan dibersihkan, dan ketika karpet terdeteksi, robot vacuum cleaner akan memutuskan apakah akan mengangkat kain pelnya atau tidak untuk menghindari kontaminasi karpet dengan kain pel yang basah. 

Perangkat ini juga dilengkapi dengan Clean Station Steam+ yang menghadirkan berbagai fitur untuk merawat perangkat secara otomatis, seperti mengosongkan kantong debu, mengisi ulang tangki air, mencuci, dan membersihkan kain pel dengan uap secara intensif. 

Clean Station Steam+ bahkan menyemprotkan uap bersuhu tinggi ke permukaan kain pel, untuk mengurangi 99,99% bakteri berbahaya.

Bespoke AI Laundry Combo

Bespoke AI Laundry Combo adalah mesin cuci dan pengering All-in-One, yang memberikan manfaat dua perangkat terpisah sekaligus menghemat ruang yang berharga. 

Mesin ini dilengkapi dengan berbagai fitur AI, seperti mengingat kebutuhan pengguna secara berkala dan musiman serta merekomendasikan siklus pencucian yang optimal. 

Dengan AI Opti Wash & Dry™, Bespoke AI Laundry Combo™ secara cerdas menyesuaikan kinerja pencucian dan pengeringan untuk setiap muatan dan merasakan berat cucian untuk mengeluarkan jumlah air dan deterjen yang diperlukan. 

Mesin ini juga mendeteksi kain dan memantau tingkat kekotoran selama proses pencucian. Jika perlu, mesin ini menambahkan lebih banyak deterjen dan memvariasikan waktu pencucian. Kemudian menyesuaikan proses pengeringan agar sesuai dengan berat dan jenis kain cucian pengguna. 

Setelah menyelesaikan siklus, pengguna dapat memantau berapa banyak energi dan air yang dikonsumsi melalui laporan yang disediakan di aplikasi Smart Things.

Bespoke Slide-in Range dengan AI Home 

Bespoke Slide-in Range dengan AI Home adalah induction range multi-fungsi yang juga dilengkapi dengan berbagai faktor menyenangkan. 

Produk ini dilengkapi dengan Internal Oven Camera yang memungkinkan pengguna melihat bagian dalam oven dari tempat yang jauh, seperti di TV dari ruang tamu, atau bahkan dari luar rumah melalui Smart Things di smartphone mereka.

Dengan ini, pengguna bahkan bisa mendapatkan klip video time-lapse singkat yang menampilkan proses memasak yang dapat mereka bagikan di media sosial.

Karena hemat energi merupakan kriteria penting di Eropa, acara 'BESPOKE AI' di Paris juga memperkenalkan kulkas freezer ekstra lebar yang hemat energi dan jajaran mesin cuci. Kulkas freezer ekstra lebar telah menerima grade "A" menurut standar energi Eropa berkat AI Inverter Compressor dari Samsung.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2460 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.