Diperbaharui pada Selasa, 22 November 2022 | 15:28

Meta Tambahkan Fitur Keamanan untuk Pengguna Remaja Facebook

fitur proteksi facebookFoto: Pixabay

Facebook masih menjadi salah satu platform media sosial yang menimbulkan kekhawatiran terkait keamanan dan privasi, terutama kepada pengguna di usia remaja. Menindak lanjuti isu tersebut, Meta, perusahaan yang menaungi Facebook, meluncurkan fitur baru untuk melindungi para remaja.

Pengguna Facebook tentunya familiar dengan fitur “People You May Know” pada aplikasi Facebook. Fitur ini memberikan rekomendasi pengguna-pengguna yang memiliki keterkaitan dengan akun kita. Rekomendasi ini biasanya muncul berdasarkan orang atau halaman yang kita ikuti.

Fitur ini kemudian dipertanyakan, karena dianggap dapat membahayakan pengguna Facebook berusia remaja, sehingga dibutuhkan filter khusus untuk melindungi mereka dari orang-orang yang berbahaya.

Pembaruan yang dilakukan Meta adalah dengan memberikan fitur khusus yang akan membatasi munculnya akun pengguna remaja dalam daftar rekomendasi pengguna dewasa.

Selain itu, akun-akun bermasalah yang telah dilaporkan juga tidak akan memiliki opsi untuk mengirimkan pesan kepada pengguna berusia remaja.

Lebih jauh, Facebook juga akan memberikan notifikasi keamanan yang akan muncul setiap kali akun pengguna remaja menerima pesan dari akun pengguna dewasa. Notifikasi ini memastikan pengguna remaja tersebut kenal dengan sang pengguna dewasa di kehidupan nyata.

Fitur baru Facebook ini telah resmi diluncurkan secara bertahap, dan diharapkan akan hadir secara global dalam waktu dekat ini.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1203 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.