Diperbaharui pada Selasa, 24 Mei 2022 | 17:58

Cara Memindahkan Foto dari Facebook ke Google Photos

cara memindahkan foto facebook ke google photos
Kita biasanya menggunakan Facebook sebagai media berbagi momen, salah satunya dalam bentuk foto dan video. Nah, buat Anda yang mau memindahkan konten tersebut, ada beberapa cara memindahkan foto dan video Facebook ke Google Photos dengan mudah dan cepat.

Facebook tidak ingin ketinggalan memberikan berbagai update yang dibutuhkan oleh penggunanya, salah satunya adalah tools untuk memindahkan foto dan video bernama Migration Tools.

Cara Memindahkan File Menggunakan Migration Tools Facebook

cara transfer foto facebook ke google photos

Salah satu cara untuk memindahkan foto dari Facebook ke Google Photos adalah menggunakan aplikasi Migration Tools dari Facebook. Platform ini merupakan salah satu produk yang disebut sebagai Data Transfer Project oleh Facebook.

Sebenarnya, produk ini merupakan hasil Kerjasama dari Microsoft, Twitter, dan termasuk Facebook, menjanjikan banyak kemudahan dalam transfer data. 

Debut pertama aplikasi Migration Tools di tahun 2019 mendapatkan respon yang sangat baik, dan mulai diperkenalkan lebih luas di tahun 2020. Untuk mulai memindahkan foto dan video Facebook Anda ke Google Photos, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

1. Pastikan Akun Facebook Anda Aktif

Untuk menggunakan tools yang diberikan oleh Facebook ini, syarat pertama yang harus dilakukan, dan yang paling penting, tentunya adalah memiliki akun Facebook yang masih aktif dengan galeri berisi foto dan video.

2. Buka Aplikasi Facebook dan Masuk

Sebelum memulai menggunakan tools ini, maka Anda harus masuk dan sign in ke akun Facebook. Untuk menggunakan fitur ini Anda tidak membutuhkan aplikasi lain.

Cukup dengan menggunakan tools yang sudah tersedia di Facebook, dan bisa diakses melalui smartphone, desktop PC, atau laptop

3. Buka Menu Setting di Facebook

Tanpa menggunakan aplikasi lain, Ketika ingin mengakses Facebook Photo, maka hanya perlu masuk ke menu setting saja. Buka atau pilih menu yang ada di pojok kanan perangkat Anda (simbol 3 garis), kemudian scroll sampai ke bagian bawah.

Temukan bagian 'Settings & Privacy', lalu pilih 'Settings' pada menu drag-down. Biasanya akan ditulis 'Pengaturan' pada versi bahasa Indonesia. Pilih menu tersebut untuk melanjutkan.

4. Melakukan Transfer Foto dan Video

Ketika Anda sudah masuk ke bagian menu setting, hal selanjutnya adalah scroll ke bagian tengah kemudian temukan 'Your Facebook Information'.

Jika Anda menggunakan pengaturan Bahasa Indonesia maka akan ditulis 'Informasi Anda di dalam Facebook'. Pilih menu tersebut, kemudian Anda hanya perlu memilih 'Transfer a Copy of Your Photos or Videos'. 

5. Konfirmasikan Password

Sama seperti aplikasi lainnya, ketika Anda akan melakukan transfer file atau melakukan aksi tertentu, maka diharuskan memberikan konfirmasi. Untuk melakukan transfer media yang dibutuhkan, Anda harus memasukan password Facebook yang saat ini digunakan. 

Jika suatu saat Anda lupa password yang digunakan, ada acara untuk mengatasinya. Seperti biasa, setiap aplikasi akan menyediakan menu Forgot Password. Anda bisa klik pilihan tersebut dan ikuti petunjuk untuk membuat password baru sebelum melanjutkan. 

6. Memilih Lokasi Penyimpanan

Setelah selesai dengan semua proses di atas, langkah selanjutnya adalah memilih tempat penyimpanan data. Google Photos merupakan salah satu aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook Photos and Video Migration Tool yang memberikan Anda akses ini. 

Ketika Anda akan memindahkan foto atau video, akan muncul pilihan apakah akan memindahkan foto atau video terlebih dahulu, karena file tersebut tentu tidak akan bisa dipindahkan dalam waktu yang bersamaan.

Anda perlu mengulang langkah ini untuk memastikan jika semua file foto dan video yang ingin dipindahkan, sudah masuk ke Google Photos. Setelah selesai maka pilih next dan semua foto dan video akan pindah secara otomatis. 

7. Lakukan Konfirmasi

Sebelum semua proses selesai dilakukan, Anda perlu memastikan untuk konfirmasi pengiriman data. Pilih menu 'Confirm Transfer' yang tersedia di pilhan tersebut dan semua proses akan dijalankan.

Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk transfer konten tersebut berbeda-beda, semuanya bergantung pada ukuran foto dan jumlah foto atau video yang akan dipindahkan. 

Perlu diingat, Google Photos memiliki kapasitas terbatas dalam penyimpanannya. Pastikan jika suatu saat Anda memang bersedia dan siap untuk memindahkannya ke perangkat lain bila sudah penuh.

Keuntungan Menggunakan Migration Tools Facebook

cara transfer foto facebook ke google photosFoto: Pexels

Berdasarkan ulasan dari pengguna, fitur yang diberikan oleh Facebook ini memiliki fungsi yang sangat baik, cara yang simpel, dan penggunaan yang cepat. Pengguna saat ini bisa dengan mudah mengcopy foto dan video dari perpustakaan Facebook.

Setelah semua file di copy maka Anda hanya perlu mentransfer ke Google Photos tanpa menggunakan software atau aplikasi lain. Facebook mengklaim bahwa perusahaannya akan memberikan berbagai kemudahan lain untuk pengiriman media yang lebih baik.

Fitur baru dari Facebook ini memiliki banyak keuntungan, terutama bagi Anda yang senang menyusun memori Anda melalui koleksi foto dan video. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Kompatibel dengan Semua Perangkat

Banyak yang khawatir Ketika akan menggunakan suatu aplikasi atau tools baru, timbul kekhawatiran jika tidak bisa digunakan pada perangkat yang dipakai saat ini.

Facebook memberikan kemudahan bagi pengguna dengan memberikan layanan yang bisa diakses oleh semua perangkat

Migration Tools ini kompatibel dengan banyak perangkat, muulai dari hp Android dan iOS, hingga komputer atau laptop Mac, dan Windows. Semuanya bisa digunakan untuk menjalankan proses pemindahan ini. 

Anda bahkan bisa mengakses aplikasi hanya dengan membuka website Facebook melalui Google Chrome. Ini berarti bahwa aksesibilitas dari fitur dan layanan terbaru Facebook sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. 

2. Cocok untuk Traveler

Beberapa traveler sering dibuat kebingungan Ketika akan menyimpan beberapa hasil jepretan atau video Ketika jalan-jalan. Saat ini pengguna diberikan layanan yang lebih mudah oleh Facebook, salah satunya adalah Facebook Photos and Video Migration Tool.

Jika Anda sedang jalan-jalan dan menginginkan ruang penyimpanan lebih untuk semua hasil jepretan, bisa dilakukan menggunakan tools ini. Cara yang mudah bisa Anda gunakan hanya dengan memberikan akses masuk ke Facebook, kemudian pilih media yang ingin dikirimkan.

Secara otomatis, semua momen berharga Anda yang diabadikan dalam bentuk foto dan video bisa disimpan dengan mudah.

3. Tidak ada Fitur yang Berbayar

Hal utama yang sering dipertanyakan oleh beberapa pengguna aplikasi adalah harga layanannya. Untuk saat ini, Facebook memberikan keuntungan bagi penggunanya karena tools ini diberikan secara gratis. Semua pengguna dapat merasakan layanan ini dan kemudahannya. 

Kesimpulan

AKhirnya pengguna Facebook menemukan cara untuk menyimpan foto dan video ke Google Photos, Langkah ini cukup brilian untuk dilakukan. Facebook memberikan kenyamanan dan cara transfer foto Facebook ke Google Photos dapat dilakukan dengan mudah. Bisa jadi backup juga kan. Coba yuk!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1039 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.