Diperbaharui pada Jumat, 17 Juni 2022 | 14:18

Facebook Mulai Berubah Jadi TikTok Tanpa Penggunanya Sadari

update baru facebookFoto: Pixabay

Facebook adalah media sosial dengan jumlah pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia, namun dalam beberapa tahun belakangan ini, posisinya sebagai platform media sosial terpopuler mulai bergeser, karena tren media sosial kini telah berpindah pada platform berbagi video pendek.

Walau data menunjukkan bahwa Facebook masih menduduki peringkat pertama sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak, namun dalam hal kepopuleran, posisinya terancam dengan hadirnya media sosial seperti TikTok, bahkan saudaranya sendiri, Instagram.

Informasi terbaru yang dilansir dari The Verge menyebutkan bahwa akan terjadi perubahan besar pada Facebook setelah bocornya sebuah memo internal yang ditulis oleh Head of the Fecebook App, Tom Alison.

Memo tersebut menyebutkan bahwa Meta (perusahaan induk Facebook), ingin mengubah tampilan feed utama Facebook menjadi “Discovery Engine” dengan algoritma yang sama persis seperti halaman “For You” milik TikTok.

update baru facebookFoto: Pixabay

Perubahan tersebut sepertinya akan benar-benar terjadi dan Facebook sudah melakukannya sedikit demi sedikit. Tim redaksi Pricebook juga sudah menyadari hal ini dan melihat sendiri perubahan yang terjadi pada aplikasi Facebook.

Ketika penulis membuka aplikasi Facebook, ikon halaman video telah berpindah posisinya menjadi urutan pertama setelah menu “Home”. Lalu ketika penulis melakukan scrolling, kini lebih banyak konten video yang muncul ketimbang konten foto atau status.

Selain itu, beberapa kali penulis juga menemukan konten Reels yang kini muncul di feed dan memutar secara otomatis, sehingga tidak hanya muncul sebagai opsi video di bagian atas saja seperti sebelumnya.

Tampilan ini sepertinya masih belum konsisten, karena kemunculannya tidak tentu. Penulis berasumsi ini adalah cara Facebook untuk melakukan uji coba terhadap beberapa akun, sebelum akhinrya meluncurkan fitur videonya secara penuh.

Mark Zuckerberg pun baru-baru ini memberikan pernyataan bahwa sebagian besar pengguna Facebook saat ini, lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk menonton video di platfrom media sosial tersebut.

Perubahan kecil secara berkala terus dilakukan Facebook tanpa disadari oleh penggunanya. Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak Meta terkait kapan update besar-besaran Facebook ini akan diluncurkan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1501 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.