Diperbaharui pada Selasa, 13 Juni 2023 | 18:38

16 Aplikasi Edit Foto Instan Gratis di Hp, PC, dan Online

Aplikasi Edit Foto
Saat ini sangat banyak pilihan aplikasi untuk mengedit foto, baik untuk perangkat hp maupun laptop atau PC. Yang menarik, sebagian besar aplikasi edit foto ini menawarkan fitur yang beragam dan gratis.

Untuk pengguna hp Android  bisa mendownload aplikasi edit foto di Play Store. Sedangkan untuk laptop bisa instal aplikasi edit foto langsung dari website atau bisa juga mengunjungi web edit foto online.

Cara mengedit foto melalui aplikasi ini juga sangat mudah dilakukan. Kamu bisa mengedit foto seperti crop, cut hingga menggabungkan beberapa foto menjadi satu. Hasilnya bisa kamu share di sosmed, seperti Instagram atau facebook.

Biar tidak bingung, Pricebook sudah menyiapkan rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa di coba, baik untuk hp maupun PC dan laptop. Semua aplikasi yang dipilihkan adalah gratis, meski beberapa diantaranya menawarkan opsi pembelian.

Yuuk simak ulasannya.

Aplikasi Edit Foto Hp

Mau foto Instagram kamu di sukai banyak orang? Caranya gampang, cukup foto dari kamera hp dan edit pakai salah satu aplikasi dibawah ini. Hasilnya bisa langsung share di sosmed, seperti Instagram atau facebook.

Berikut pilihan aplikasi edit foto gratis terbaik untuk hp Android di 2021.

1. Photo Editor Pro

Photo Editor ProKetika kamu mencari keyword ‘edit foto’ atau ‘foto editor’ di Play Store, yang ada di daftar teratas adalah Photo Editor Pro. Aplikasi ini menawarkan semua yang dibutuhkan untuk mengedit foto.

Tersedia lebih dari 60 filter foto, efek blur atau bokeh hingga bisa menggabungkan 2 foto untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda. Cara menggabungkan foto ini juga cukup mudah dan bisa dilakukan semua pengguna.

Kamu juga bisa mengedit tubuh menjadi lebih langsing serta edit wajah lebih menarik.

2. Collage Maker - Photo Editor & Photo Collage

Collage Maker - Photo Editor & Photo CollageSesuai namanya, aplikasi edit foto Collage Maker akan menyusun beberapa foto menjadi sebuah kolase. Cukup pilih beberapa foto, lalu aplikasi pengedit foto ini akan menggabungkan semuanya menjadi satu.

Setidaknya kamu bisa mengombinasikan 18 foto dan tinggal pilih layout kolase yang diinginkan. Jika tidak puas, aplikasi menggabungkan foto ini bisa kamu edit dengan menambahkan filter, stiker, teks dan beberapa tool lain.

Yang membuatnya makin menarik, ini adalah aplikai edit foto gratis.

3. Photo Editor

Photo EditorCukup banyak aplikasi dengan nama Photo Editor, jadi pastikan buatan dari developer macgyver. Keunggulan dari aplikasi edit foto Phoro Editor ini adalah ukuran file download nya yang ringan.

Meski demikian, didalamnya menawarkan banyak tool pengedit foto. Layaknya editor foto di PC, kamu bisa mengubah warna, exposure, brightness, contrast, saturation, temperature dan lainnya.

Termasuk efek-efek menarik yang akan mengedit foto jauh lebih berbeda. Tambahkan pula teks yang bisa diatur warnanya, font hingga ukurannya. Untuk lebih menghemat memori hp, kamu bisa mengubah ukuran file foto menjadi lebih kecil.

4. PicsArt Photo Editor: Pic, Video & Collage Maker

PicsArt Photo Editor: Pic, Video & Collage MakerJika ingin punya aplikasi edit foto sekaligus edit video, PicsArt Photo Editor bisa kamu pilih. Fitur-fiturnya terbilang lengkap, mlai dari efek, drawing tools, image editor, membuat kolase, filter foto dan lainnya.

Beberapa efek yang cukup popular di PicsArt adalah Sketch, Canvas, Drip, Glitch, dan Magic. Hasilnya bisa langsung di share ke Instagram. Aplikasi edit foto keren ini juga memungkinkan kamu untuk mengedit video.

Beberapa fitur untuk edit video diantaranya filter kekinian dan stiker yang lucu. Hasilnya bisa kamu upload ke TikTok

5. Adobe Photo Editor

adobe
Aplikasi edit foto terbaik milik Adobe sudah dikenal oleh para editor foto. Jika sebelumnya hanya untuk desktop dan laptop, kini Adobe telah merilis aplikasi photo editor untuk mobile.

Bahkan ada beberapa aplikasi photo editor yang tersedia di Play Store. Aplikasi tersebut mencakup Adobe Photoshop Express, Adobe Photoshop Mix, dan Adobe Lightroom.

Masing-masing aplikasi memiliki fitur menarik yang bisa membantu kamu bereksplorasi saat ini mengedit foto terbaru. Sebut saja seperti menghapus red eye, mengedit file RAW dan lainnya.

Hanya saja, untuk beberapa aplikasi edit foto Adobe kamu harus berlangganan Adobe Creative Cloud untuk menggunakan semua fitur.

6. Aviary

Aviary
Aviary sudah sejak lama menjadi salah satu photo editor yang cukup populer. Dengan serangkaian fitur yang sangat berguna dan mudah dilakukan. Bagi kamu yang malas mengotak atik foto, disediakan fitur satu sentuhan.

Tetapi bagi yang ingin lebih bereksplorasi bisa menggunakan fitur manual untuk menyesuaikan warna, kecerahan, suhu, kontras, saturasi, dan lainnya.

Termasuk keberadaan stiker, filter, dan tools kecantikan untuk membuat foto makin terlihat menarik.

7. AirBrush

AirBrush
AirBrush bisa menjadi andalan untuk edit foto selfie kamu. Aplikasi foto ini cukup cepat untuk melakukan perubahan image, seperti wajah dan kulit, pemutihan gigi, hingga membuat mata kamu terlihat lebih cerah.

Disediakan pula filter untuk menambah daya tarik foto. Menggunakan aplikasi ini cukup mudah hanya dengan satu kali klik. Disediakan pula AirBrush versi pro yang memiliki fitur lengkap tapi berbayar.

8. Bonfire Photo Editor

Bonfire Photo Editor
Bonfire Photo Editor juga terbilang bagus untuk edit foto terbaru kamu. Dibekali juga dengan filter menarik serta tool dasar saat melakukan pengeditan.

Kamu bisa mengubah foto menjadi hitam dan putih, HDR lengkap bersama Fancy serta  filter yang mengubah foto menjadi cat air. 

Untuk tool dasar editi foto disediakan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda yang tidak diinginkan.

9. Cupslice

Cupslice
Beragam filter menjadi juga menjadi andalah aplikasi Cupslice. Termasuk pembekalan stiker lucu yang didasarkan pada perkembangan tren saat ini.

Menariknya, pihak pengembang akan terus memperbaharui stiker agar tetap update dengan kondisi terkini.

Untuk tool mengedit foto dasar, kamu bisa menggunakan crop, frame, hue dan pengaturan saturasi hingga pengaturan kecerahan dan kontras.

10. Fotor Photo Editor

Fotor Photo Editor
Fotor Photo Editor memiliki lebih banyak tool pengeditan yang akan menyempurnakan edit foto dengan mudah. Kamu bisa melakukan crop, resize, rotate, mengatur tingkat kecerahan, kontras, saturasi, pencahayaan, dan lainnya.

Yang menarik aplikasi photo editor ini menyediakan lebih dari 100 filter yang bisa kamu pilih.

Aplikasi Edit Foto PC/Laptop

Seperti yang diketahui Adobe Photoshop menjadi salah satu aplikasi edit foto PC yang paling populer di dunia. Namun masalahnya aplikasi ini berbayar. Tapi tidak perlu khawatir, karena masih ada aplikasi alternatifnya tanpa harus mengeluarkan uang.

Berikut Pricebook sajikan beberapa plihan aplikasi untuk mengedit foto gratis untuk PC atau laptop.

1. GIMP

GIMP
GNU Image Manipulation Program atau GIMP menjadi salah satu aplikasi desktop yang bisa digunakan untuk sistem windows, Mac, Linux dan FreeBSD. Aplikasi ini memiliki uses interface yang sekilas mirip dengan Photoshop.

Pengguna juga bisa mengedit file foto dengan format RAW dengan bantuan converter seperti UFRaw. Sayangnya, aplikasi ini kurang cocok untuk pengguna pemula.

Walaupun demikian, aplikasi ini memiliki tutorial yang cukup membantu. Download GIMP

2. Paint.NET

Paint.NET
Aplikasi edit foto terbaik ini terbilang cukup populer di kalangan pengguna Windows sebagai alternative dari aplikasi bawaan, Microsoft paint. Aplikasi ini hadir dengan kemudahan mengedit foto untuk berbagai kalangan pengguna.

Tidak heran, aplikasi ini sangat cocok untuk mengedit foto daripada membuat gambar atau karya seni. Aplikasi ini dilengkapi dengan selection tool, layer hingga pengaturan brightness dan contrast.

Tak heran aplikasi ini cocok untuk menggantikan Photoshop di laptop atau komputer dengan spek low-end. Download Paint.NET

3. Photoscape

Photoscape
Photoscape merupakan aplikasi edit foto terbaik yang bisa kamu gunakan untuk sistem Windows dan Mac. Aplikasi gratis ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sangat intuitif.

Alhasil pengguna amatir hingga professional sekalipun dapat melakukan proses pengeditan foto dengan mudah. Dalam aplikasi ini kamu bisa mengonversi format gambar, mengombinasikan dua gambar, membuat kolase hingga membuat animasi GIF.

Aplikasi ini juga bisa dilengkapi pengaturan seperti pengaturan ukuran, warna hingga penambahan stiker pada versi berbayarnya. Download Photoscape

Aplikasi Edit Foto Online

Mau edit doto tapi tidak mau ribet harus download dan instal aplikasi? Ada solusinya, yaitu mengedit foto secara online. Pilihannya memang banyak, tapi Pricebook berikan yang cukup populer. Berikut piliha aplikasi edit foto online :

1. Pixlr

Pixlr
Aplikasi edit foto terbaik ini sangat cocok untuk kamu yang suka menyunting foto secara online. Aplikasi ini hadir dengan tampilan antarmuka yang mirip dengan photoshop.

Aplikasi edit foto gratis ini bisa diakses dengan mudah dimana saja tanpa perlu melakukan instalasi. Kamu dapat mengunggah gam bar yang diedit atau memasukkan URL dari gam bar ke dalam Pixlr.

Kamu bisa menemukan berbagai tool hingga filter yang menarik. Kunjungi Pixlr

2. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express
Aplikasi edit foto terbaik online ini bisa kamu gunakan di berbagai sistem operasi secara online. Meski bukan full version, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap.

Seperti pengaturan dimensi gambar, mengatur kecerahan, kontras hingga fitur kosmetik digital untuk mempercantik foto. Aplikasi ini juga hadir dengan berbagai efek menarik.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini langsung dari browser atau melalui perangkat Android dan iOS. Kunjungi Adobe Photoshop Express

3. Fotor

Fotor
Aplikasi edit foto terbaik ini mungkin sudah tidak asing bagi sebagian pengguna desktop. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menghasilkan gambar terbaik melalui deretan fitur yang dimiliki.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengatur warna, penambahan filter higga fitur kolase. Terdapat juga fitur untuk mempercantik foto HDR. Kunjungi Fotor

Dengan menggunakan salah satu aplikasi edit foto di atas, dijamin foto akan menjadi lebih menarik dan terlihat berbeda. Pengguna juga bisa mengeksplorasi fitur-fitur menarik yang ditawarkan masing-masing aplikasi.

Jadi mau pakai aplikasi edit foto yang mana?

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1633 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.