Diperbaharui pada Rabu, 28 Juni 2023 | 17:40

10 Aplikasi Perekam Layar Terbaik 2023, Mudah dan Cepat

aplikasi perekam layar hp
Banyak pengguna yang ingin merekam layar hp mereka untuk mengabadikan setiap aktivitas yang dilakukan. Cara merekam layar hp juga sangat mudah kok, salah satunya menggunakan aplikasi perekam layar. 

Keberadaan aplikasi perekam layar hp ini akan sangat membantu kamu merekam semua aktivitas. Seperti merekam percakapan video call dengan orang lain atau merekam pesan-pesan WhatsApp atau WA. 

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi perekam layar ini untuk merekam video lucu dari TikTok atau Facebook untuk disimpan ke memori hp. Pilihan aplikasi untuk merekam layar hp ini jumlahnya cukup banyak. 

Nah, dari sekian banyak aplikasi perekam layar yang tersedia, Pricebook akan coba pilihkan beberapa yang terbaik. Dan rata-rata bisa di download gratis.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik

Berikut pilihan aplikasi perekam layar hp yang bisa digunakan.

1. Xrecorder

XrecorderDi daftar pencarian teratas aplikasi perekam layar hp ada Xrecorder yang diluncurkan oleh InShot Inc. Memiliki berbagai fitur menarik yang diantaranya adalah support untuk semua video dan hasil screenshot yang jelas.

Termasuk video editor, record gameplay, tidak ada watermark hingga mudah untuk dibagikan melalui youtube, twitter hingga instagram. Dengan aplikasi perekam layar hp ini kamu bisa merekam setiap momen dalam hidup.

Untuk kelebihan dari aplikasi ini memiliki antar muka yang mudah untuk dipahami serta digunakan, bebas watermark, durasi yang tidak ditentukan dan tidak membutuhkan akses root.

2. Mobizen

MobizenAplikasi perekam layar yang juga layak di coba adalah Mobizen. Aplikasi yang dikembangkan oleh Mobizen ini menawarkan fitur yang sangat menarik.

Disebutkan bahwa berbagai fitur yang ada diantaranya adalah melakukan seperti editing video, merekam video dengan kualitas 1080p, 60 FPS di 12,0Mbps.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah merekam tanpa adanya watermark. Kualitas rekaman yang bisa dipilih sesuai keinginan dan pastinya semua fitur di dalamnya 100% gratis.

Sayangnya, aplikasi ini terbilang lemot untuk dijalankan dan beberapa ada yang mengatakan jika aplikasi ini sering kali berhenti tiba-tiba hingga menyebabkan video yang direkam hilang.

Untuk cara merekam layar dengan aplikasi ini bisa dilakukan dengan mendownload aplikasi tersebut dan melakukan instalasi. Kamu bisa memilih tombol record screen dan tombol stop untuk berhenti. 

3. AZ Screen Recorder

AZ screen recorderAplikasi perekam layar ini dikembangkan oleh AZ Screen Recorder dan memiliki fitur yang sangat menarik. Seperti video editor, screenshot, image editing dan screen recording dengan kualitas 60FPS, 1080p dengan 12Mbps.

Cara merekam layar hp menggunakan AZ Screen Recorder ini bisa dilakukan dengan sangat mudah yaitu dengan mendownload aplikasi tersebut kemudian melakukan instalasi.

Selanjutnya, kamu bisa menjalankan aplikasi itu dengan menekan tombol start dan stop. Kelebihan aplikasi ini merekam layar tanpa batasan dan tidak ada watermark.

4. Super Screen Recorder

Super screen recorderPilihan lainnya bisa menggunakan Super Screen Recorder dari HappyBees. Aplikasi untuk merekam layar hp ini menawarkan berbagai fitur menarik yang terdiri dari full HD screen recording, brush tool, video editor dan GIF maker.

Selain itu, kamu juga bisa menggabungkan, memotong hingga menambahkan background musik. Dari sini, kamu bisa menekan tombol start dan stop untuk proses perekaman videonya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya fitur facecam yang tidak dimiliki aplikasi lainnya.

5. Background Video Recorder

Background video recorderDikeluarkan oleh lock screen passcode, aplikasi screen recorder ini memiliki banyak sekali fitur menarik. Tanpa batasan dalam merekam video, support video orientation, no camera shutter sound dan kulaitas full HD.

Kekurangan Background Video Recorder tidak memiliki fitur untuk resume ataupun go back. Selain itu, aplikasi ini akan berhenti setelah 30 menit dan muncul berbagai bugs yang mengganggu.

Namun demikian, aplikasi perekam layar ini masih bisa dikonfigurasikan dengan Google Drive, support dengan video orientation serta support untuk kamera depan dan belakang.

6. Screen Recorder

Screen RecorderAplikasi Screen Recorder dari AppSmartz memiliki fitur menarik seperti livestream dari Youtube dan Facebook, waktu perekaman yang tidak terbatas, kemampuan untuk crop, filter dan rotate dengan kualitas 60FPS, 1080px, 12Mbps.

Untuk keunggulan dari aplikasi ini diantaranya adalah proses perekaman yang tidak membutuhkan jaringan wifi atau paket data, karena video akan tersimpan pada SD card.

Hasil rekaman nantinya dengan mudah bisa dibagikan pada akun Youtube, Facebook, via bluetooth, atau email.

7. Google Play Games

Google play gamesDiperkenalkan oleh Google LLC, Google Play Games adalah salah satu aplikasi perekam layar hp yang akan menawarkan banyak sekali fitur menarik di dalamnya.

Sebut saja seperti adanya fitur instant play, built-in Google Games, menyimpan perkembangan yang dilakukan, menciptakan game ID dan pastinya juga mendukung kegiatan recording game.

Mengenai kelebihan aplikasi ini adalah aplikasi ini telah terhubung dengan games yang memungkinkan untuk melakukan proses perekaman dan pastinya juga sangat ringan untuk dijalankan.

8. Game Screen Recorder

Game screen recorder
Aplikasi perekam layar hp lainnya adalah Game Screen Recorder yang diluncurkan oleh DGenius Mobile. Aplikasi berbayar ini akan membantu dalam merekam games dengan mudah tanpa melakukan root.

Ada fitur yang bisa mendeteksi berbagai jenis games yang sebelumnya telah terinstal pada ponsel kamu. Selain itu ada juga pause feature dan membagikan video hasil rekaman ke berbagai akun sosial media.

Untuk kelebihan dari aplikasi ini juga bisa didapatkan dari kemudahan dalam mengedit bagian pembukaan video. sayangnya, untuk aplikasi yang satu ini masih belum dilengkapi dengan fitur livestreaming.

Bagi yang tertarik menggunakan screen recorder ini, kamu bisa mendownloadnya dan menginstal sekaligus menjalankannya dengan sangat mudah melalui berbagai tombol yang tersedia di layar hp kamu.

9. Rec Screen Recorder

Rec screen recorderSafe Partner Inc merupakan sebuah perusahaan yang meluncurkan aplikasi perekam layar yaitu Rec Screen Recorder yang nantinya akan membantu dalam merekam berbagai hal.

Memiliki fitur diantaranya adalah kamu bisa menghentikan recording dengan menggoyangkan hp, adanya fasilitas countdown sebelum recording, layar tidak akan dalam posisi sleep selama recording dan pemilihan resolution.

Namun demikian aplikasi gratis ini memiliki kekurangan yaitu kualitas suara yang konon cenderung buruk dan beberapa tidak bisa mengkoneksikannya dengan youtube.

Untuk keunggulan aplikasi ini ada pada waktu rekam yang tidak terbatas dengan tampilan video yang sangat menggumkan. Hanya dengan satu kali klik, kamu bisa melakukan proses rekaman dengan mudah.

10. Irecorder

IrecorderAplikasi untuk merekam layar ini memiliki fitur diantaranya adalah proses rekaman yang mendukung video chats, games dengan resolusi 1080p, 60FPS dan 12Mbps. Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan built-in video player.

Keunggulan aplikasi perekam layar Irecorder adalah tidak adanya batasan waktu, no watermark dan pastinya mudah untuk dibagikan ke sosial media. 

Hanya dengan sekali ketukan, kamu bisa merekam berbagai video dengan sangat mudah. Sebelum merekam, pastikan aplikasi ini jalan dengan munculnya icon pada layar.

Nah itulah beberapa pilihan aplikasi perekam layar hp terbaik yang bisa digunakan untuk merekam semua aktivitas di hp kamu. Hampir semua aplikasi diatas bisa didownload gratis.

Jadi, mana aplikasi perekam layar yang akan kamu pilih? 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.