Diperbaharui pada Jumat, 13 Januari 2023 | 18:31

3 Syarat Hp Bisa Tersambung Ke TV

Image via AndroidPit

Menampilkan smartphone di TV memang sedang tren akhir-akhir ini. Apalagi setelah para Youtuber memanfaatkan fitur ini untuk menampilkan gambar yang lebih besar dan lebih HD dari vlog atau game yang dimainkannya.

Tak ayal banyak orang yang penasaran ingin turut mencicipi fasilitas ini. Fitur yang bernama mirroring ini memang tidak bisa digunakan oleh segala jenis smartphone yang ada.

Hanya beberapa smartphone yang memiliki ciri tertentu yang bisa kamu tampilkan lewat TV. Penasaran dengan ciri-cirinya? Kira-kira HP kamu bisa dihubungkan dengan perangkat TV? Langsung saja dicek ciri-cirinya satu persatu!

1. Memiliki OS yang Relatif Baru

android 8.1 oreo
via cnet.com

Sistem operasi (OS) adalah unsur terpenting yang menjamin berjalannya fitur-fitur pada smartphone. Apabila fitur yang diinginkan belum kompatibel dengan sistem operasi yang terpasang, tentu fitur itu tidak akan dapat kamu gunakan.

Kaidah inilah yang pertama-tama harus kamu penuhi jika ingin melakukan mirroring pada smartphone kamu.

Untuk kamu yang menggunakan Android, fitur mirroring bisa kamu nikmati apabila smartphone Android kamu minimal menggunakan versi Jelly Bean 4.2 atau diatasnya. Itupun rasanya Android Jelly Bean sudah ketinggalan zaman dan sudah tidak banyak yang menggunakannya lagi.

Jadi sekarang minimal sudah menggunakan Android 8.1 Oreo atau untuk keluaran hp terbaru saat ini paling tidak sudah menggunakan Android 10.

Adapun jika kamu menggunakan sistem operasi yang memiliki tampilan seperti Android tetapi bukan Android murni (hanya berbeda ROM saja seperti MiUI di Xiaomi), maka cocokkan saja versi OS-mu dengan versi Android aslinya.

Sementara jika kamu menggunakan iPhone, iOS 5 merupakan sistem operasi minimal yang kamu perlukan untuk menjalankan fitur mirroring ini, itupun jika masih ada orang yang menggunakannya. Jadi jika kalian pengguna iOS untuk saat ini dengan hp iPhone terbaru paling tidak sudah menggunakan iOS 11.

Kalau OS milikmu lebih lawas daripada OS minimum di atas, tentu kamu harus meng-upgrade OS-mu terlebih dahulu agar bisa menjalankan fitur mirroring.

2. Kompatibel dengan Miracast

miracast
via zapals.com

Miracast adalah bentuk koneksi nirkabel yang memungkinkan pengiriman audio dan video ke atau dari tablet, ponsel, desktop, dan perangkat lainnya. Miracast adalah tools utama yang harus dimiliki ponselmu jika kamu ingin menampilkannya di TV.

Nah permasalahannnya tidak semua smartphone sudah memiliki fitur Miracast meskipun ia merupakan ponsel keluaran terbaru. Apalagi bagi ponsel yang berada pada level menengah ke bawah.

Biasanya fitur ini sengaja dihilangkan agar harga ponsel dapat ditekan lagi. Maka dari itu, kamu harus memastikan kalau fitur ini benar-benar sudah dimiliki oleh ponsel kamu.

Pengecekan fitur Miracast sendiri bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Misalnya kamu bisa mengecek bar notifikasi smartphone Kamu. Perhatikan seluruh toggle yang tersedia disana.

Jika kamu bisa menemukan toggle Wireless Display, Screen Mirroring, atau semacamnya, maka bisa dipastikan kalau ponsel milikmu sudah support Miracast secara baik.

Tetapi jika kamu tidak berhasil menemukan toggle tersebut, beralihlah dengan memasuki menu Settings. Carilah opsi Wireless Display atau semacamnya pada menu-menu pengaturan ini.

Umumnya ia terletak pada bagian Display atau Wireless and Networks. Adapun jika kamu merupakan pengguna Samsung Galaxy Series, fitur Miracast ini bernama All Share.

Sementara jika kamu menggunakan iPhone, fitur ini disebut dengan nama AirPlay. Aplikasi-aplikasi ini pada dasarnya merupakan Miracast juga dengan sedikit modifikasi.

Kalau fitur ini sama sekali tidak bisa kamu temukan, kemungkinan besar smartphone-mu memang belum dapat menggunakan fasilitas mirroring ini.

Hal ini bisa disebabkan hardware yang kurang kompatibel atau yang lainnya. Meskipun begitu kamu masih bisa mengecek satu ciri lagi.

3. Support Fitur MHL

kabel mhl
via pricena.com

MHL (Mobile High-Definition Link) adalah interface yang memungkinkan koneksi antara smartphone dengan TV melalui sebuah kabel adaptor yang menghubungkan port USB pada handphone dengan port HDMI pada TV secara langsung.

Fasilitas ini memungkinkan koneksi yang cepat dan stabil sebab tidak memerlukan jaringan tertentu. Untuk mengecek apakah smartphone milikmu dapat menjalankan fitur ini atau tidak, lakukan cara mengetahui hp support MHL pada situs www.mhltech.org.

Lewat situs tersebut kamu juga bisa mengecek apakah TV yang kamu miliki mendukung layanan MHL atau tidak. Apabila kamu tetap tidak menemukan seri handphone-mu dalam situs tersebut, berarti handphone-mu memang belum bisa digunakan untuk screen mirroring.

Tetapi jika kamu tidak menemukan seri ponselmu di situs MHL sementara ia sudah kompatibel dengan Miracast berarti kamu tetap bisa menjalankan mirroring.

Teknologi MHL sebenarnya mirip dengan HDMI yang bertujuan untuk menyalurkan output audio-video dengan memanfaatkan saluran micro USB yang ada pada hp.

Dalam hal ini diperlukan perangkat adapter yang disebut MHL adapter/cable atau “microUSB to HDMI” yang banyak dijual di toko online.

Gadget yang bisa support fitur MHL akan mendapat banyak manfaat karena ia bisa melakukan telepon, chatting, browsing, nonton video/Youtube, hingga bermain game dengan resolusi tinggi.

Manfaatkan Fitur Canggih Hp Kamu

Untuk kamu yang sudah memiliki ponsel dengan ciri-ciri diatas, kamu bisa mulai mencoba menyambungkan smartphone milikmu dengan TV lho! Panduannya secara lengkap bisa kamu akses di sini.

Sayang banget kalau sampe kamu ngga manfaatin fiturnya padahal HP kamu cocok. Banyak lho yang kepingin mirroring tapi handphone-nya belum support.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1665 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.