Diperbaharui pada Jumat, 28 November 2014 | 10:13

Mengatasi Zenfone 5 Hang, Tidak Ada Respon dan Layar Menjadi Kotak-Kotak

Zenfone 5 adalah salah satu perangkat dari ASUS yang menawarkan teknologi lain daripada yang lain. Saat yang lain berlomba-lomba menggunakan prosesor buatan MediaTek, Qualcomm, NVIDIA, keluarga ASUS Zenfone justru mempergunakan prosesor Intel Atom.

Hal ini memang membawa banyak kelebihan namun, juga tak kurang kelemahan yang kemudian muncul.

asus zenfone 5

Masalah yang sering muncul pada ASUS Zenfone 5 adalah nge-hang, tidak berfungsi atau tidak ada respon dari perangkat serta tampilan menjadi kotak-kotak. Jangan berpikir ini adalah kerusakan pada perangkat Anda, walau sebenarnya memang dimungkinkan. Namun, yang sering terjadi adalah karena disebabkan aplikasi yang tidak berjalan mulus dengan prosesor Intel.

Seperti diketahui, hampir semua aplikasi yang bisa Anda download dari Google Play Store dibuat untuk ponsel Android yang berjalan di atas prosesor MTK, Qualcomm, NVIDIA, dan banyak lagi. Jarang ada yang dibuat untuk Intel Atom. Bisa juga aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan Zenfone 5 secara keseluruhan.

Baca juga Bingung Memilih ASUS Zenfone 5 atau Lenovo P780? Berikut Perbandingannya!

layar asus zenfone 5

Jika Zenfone 5 Anda nge-hang atau tidak berfungsi, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan Soft Reboot atau Force Reboot. Soft Reboot adalah merestart ulang Zenfone 5 Anda secara normal dan setelah hidup kembali, bersihkan cache dan uninstall aplikasi yang bikin masalah tadi.

Jika masalah tetap ada, maka Anda harus melakukan Force Reboot pada Zenfone 5 tersebut. Pada smartphone lain, hal ini bisa dilakukan dengan mencabut baterai, tapi pada Zenfone 5 tidak bisa karena baterainya menjadi satu dengan bodi perangkat. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah menekan dan tahan tombol Power selama 10-15 detik sampai perangkat mati dengan sendirinya. Setelah itu hidupkan kembali dan bersihkan perangkat dari aplikasi yang bermasalah.

Cara Soft Reboot dan Force Reboot di atas tidak akan membahayakan seluruh data-data Anda. Jika permasalah ini masih saja terjadi maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan Hard Reset atau Factory Reset. Cara ini akan membuat perangkat Anda mempunyai OS seperti pada saat Anda membelinya. Namun cara ini akan dibahas lebih detail pada artikel tips dan tricks Zenfone berikutnya di Pricebook ini.

Harga ASUS Zenfone Terbaru

Like us!
Alena Yulitta

Contributor

721 Posts