Diperbaharui pada Senin, 25 Juli 2022 | 13:23

Cara Mengetahui Siapa yang Melihat Profil TikTok Kita

cara melihat pengunjung profil tiktokFoto: Pixabay

TikTok adalah salah satu aplikasi media sosial terpopuler saat ini, dengan lebih dari 1 milyar jumlah pengguna di 150 negara yang menyebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi berbasis video pendek ini memiliki tampilan simpel, sehingga mudah untuk disukai oleh berbagai kalangan dari muda hingga tua.

Mengunggah video di TikTok juga dapat dilakukan dengan mudah. Bila video tersebut memiliki banyak views, maka tentunya akan memberi kebanggaan tersendiri. Itu bisa diartikan bahwa video kita cukup populer dan banyak yang menyukainya.

Jumlah orang yang melihat video TikTok memang bisa terlihat, namun kita tidak bisa mengetahui siapa saja orang-orang tersebut. Begitu juga dengan siapa saja pengguna lain yang mengunjungi profil TikTok kita.

Nah, untuk yang kedua itu, bisa dilakukan. Berbeda dengan media sosial lainnya, TikTok punya opsi untuk melihat siapa saja pengunjung profil kita, dengan mangaktifkan fitur yang tersedia.

Cara Melihat Siapa yang Mengujungi Profil TikTok

cara cek orang yang melihat profil tiktokFoto: Pixabay

Fitur yang dimaksud di atas adalah “Profile View History” yang akan secara otomatis mencatat siapa saja pengguna TikTok yang mengunjungi profil kita. Walau tersedia secara gratis, namun terdapat beberapa syarat dan ketentuan untuk mengakses fitur ini.

TikTok memiliki aturan mengenai batasan usia pengguna, jadi bila umur kamu sudah 16 tahun atau lebih, maka akun yang kamu miliki dapat digunakan untuk mengakses fitur Profile View History.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui dan melihat siapa saja yang mengunjungi profil TikTok kita? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi TikTok dan masuk ke akun kamu.
  2. Sentuh menu “Profile” yang ada di pojok kanan bawah dengan ikon kepala dan bahu.
  3. Sentuh ikon tiga garis yang berada di pojok kanan atas profil kamu.
  4. Pilih “Settings and privacy” pada menu pop-up yang muncul di bawah.
  5. Pilih “Privacy” dan scroll ke bawah saat halaman berganti, lalu pilih “Profile Views” yang memiliki ikon berbentuk mata.
  6. Pada halaman berikutnya, geser tombol yang ada di sisi kanan, hingga berwarna hijau.

Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya adalah bagaimana cara untuk melihat siapa saja yang telah mengunjungi profil TikTok kita. Berikut caranya:

  1. Masuk ke profil TikTok dan cari ikon berbentuk mata pada pojok kanan atas, tepat disamping ikon tiga garis.
  2. Kamu akan dibawa pada halaman “Profile Views”, dan seluruh histori pengunjung profil TikTok kamu akan muncul di situ.

Bila akun TikTok kamu sudah bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur tersebut, namun daftar akun TikTok lain yang mengunjungi profil kamu belum muncul, ada kemungkinan kamu belum memenuhi persyaratan jumlah followers minimum.

Ya, selain batas usia, TikTok juga memberikan syarat jumlah followers 5000 atau lebih, untuk bisa melihat daftar pengunjung di Profile View History. 

Walau begitu, persyaratan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan dari TikTok. Satu lagi yang cukup penting, kamu tidak boleh mengatur akun TikTok menjadi “Private”. Histori pengunjung tidak akan muncul bila kamu mengaktifkan opsi tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa riwayat pengunjung profil TikTok yang muncul adalah jumlah orang-orang yang melihat profil TikTok kamu dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Jadi data-data yang lebih lama dari itu tidak akan otomatis terhapus. 

Manfaat Fitur Profile View History

Bagi kalian yang serius dalam menggarap akun TikTok, hadirnya fitur untuk melijat pengunjung profil ini akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan konten-kontenmu. Kamu bisa mengintip siapa saja mereka dan konten jenis apa yang disukai.

Dengan bermodalkan data tersebut, kamu bisa memfokuskan diri untuk membuat konten-konten serupa, atau bahkan yang lebih baik dari konten tersebut, agar jumlah views terus bertambah, termasuk jumlah followers-mu.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu ya, selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1086 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.