Diperbaharui pada Senin, 18 Juli 2022 | 17:06

Cara Ganti Nama Lagu di TikTok

Cara Ganti Nama Lagu di TikTok-0Foto: Pixabay

TikTok merupakan salah satu aplikasi video pendek yang sangat populer di kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa pun senang membagikan video kreativitasnya dengan menggunakan berbagai fitur-fitur menarik, salah satunya fitur musik atau sound.

Musik dan sound ini merupakan salah satu fitur dan elemen yang sangat penting di aplikasi TikTok, karena dapat mendukung pengguna untuk membuat sebuah konten video agar terlihat lebih menarik.

Pengguna dapat menambahkan musik atau sound ke dalam videonya, baik yang berupa original sound, efek suara (sound effect), lagu populer, dan masih banyak jenis sound lainnya. 

Membahas tentang original sound, ternyata pengguna TikTok dapat mengganti atau mengubah keterangan untuk sound yang digunakan dengan menggunakan fitur rename original sound.

Fitur ini sangat berguna, terutama bagi kreator TikTok yang gemar mengedit lagu, agar orang lain dapat mengetahui siapa pembuat atau orang pertama yang menggunakan sound tersebut.

Cara Mengubah Nama Original Sound di TikTok

Fitur rename original sound ini juga mempermudah pengguna lain untuk menemukan sound yang ingin mereka gunakan. Berikut cara mengedit nama original sound di TikTok.

1. Buat Video yang Menggunakan Original Sound

Cara Ganti Nama Lagu di TikTok-1

Sebelum mengedit sound di TikTok, tentunya kamu harus mempersiapkan video yang yang akan kamu buat. Ini merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan. Setelah itu, rekam sound yang ingin kamu gunakan.

Sound di sini bisa berupa lagu yang telah kamu edit menggunakan software editing, atau hasil rekaman suara kamu sendiri yang terekam saat kamu membuat video TikTok tersebut.

2. Unggah Video

Cara Ganti Nama Lagu di TikTok-2

Setelah video terunggah di feed TikTok kamu, maka nama file tersebut akan muncul sebagai 'original sound - [nama akun TikTok]. Itu adalah original sound kamu.

3. Klik Gambar Sound 

Cara Ganti Nama Lagu di TikTok-3

Bila kamu ingin melindungi hak cipta dari original tersebut, kamu bisa buka profile TikTok dan pilih video yang tadi kamu rekam dan unggah.

Selanjutnya, tap atau sentuh pada gambar sound yang berada di bagian sisi bawah sebelah kanan untuk membuka halaman khusus sound.

4. Klik Simbol seperti Pensil

Cara Ganti Nama Lagu di TikTok-4

Berikutnya, kamu bisa mengedit atau memberikan sedikit keterangan seperti hak cipta untuk sound yang digunakan dengan cara menyentuh icon bergambar pensil. Sebagai informasi, fitur ini hanya bisa digunakan satu kali saja.

5. Klik ‘Save’

Cara Ganti Nama Lagu di TikTok-5

Setelah selesai mengubah original sound, pengguna dapat mengklik ‘Save’ agar hasil editan nama sound atau musik tersebut tersimpan. Bila orang lain menggunakan sound tersebut, maka nama yang telah kamu edit tidak bisa diganti lagi.

Fitur rename original sound ini memang sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin memberikan kredit atau hak cipta untuk original sound yang digunakan, sehingga orang lain dapat mengetahui siapa pencipta dari sound tersebut.

Perlu diketahui, edit nama sound dan musik di TikTok ini hanya bisa dilakukan pada sound yang kamu buat sendiri, Jadi bila kamu menggunakan sound orang lain, maka kamu tidak bisa mengganti namanya.

Demikian cara mengubah nama original sound di TikTok, semoga bermanfaat!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1172 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.