Diperbaharui pada Rabu, 8 Maret 2023 | 17:05

Jenis-jenis Keyboard Komputer dan Fungsinya, Biar Paham

Jenis-jenis Keyboard Komputer
Keyboard pada sebuah komputer merupakan perangkat keras berbentuk papan dan berisikan berbagai macam tombol dengan fungsi berbeda.

Fungsi utama keyboard ini memiliki peran untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang kita ketik sehingga tersampaikan pada CPU (Central Processing Unit). Lalu, perintah tersebut akan menjadi sinyal digital yang dimengerti oleh prosesor. 

Tapi tahukah kamu jika keyboard komputer atau laptop memiliki jenis yang bermacam-macam. Meski fungsinya sama, namun setiap jenis keyboard komputer ini memiliki bentuk dan penggunaan yang berbeda.

Nah, apa saja tipe dan jenis keyboard pada laptop dan komputer yang berhasil diciptakan sampai saat ini? Berikut daftarnya.

Jenis-Jenis Keyboard

Jenis-jenis keyboard yang ada dipasaran sejatinya didasarkan pada dua hal ini:

Jenis Keyboard Berdasarkan Bentuk

1. Keyboard Serial

Dalam penggunaannya, keyboard serial menggunakan DIN 5 Male. Ia memiliki fungsi agar bisa dipakai oleh komputer berjenis AT, dimana DIN 5 Male ini berisikan 5 buah jarum untuk menghubungkan keyboard dengan komputer.

Keyboard jenis ini juga memiliki port berukuran besar sehingga mengikuti kabel yang lebih tebal.

Sementara itu, 5 jarum yang ada didalamnya berperan sebagai detektor keyboard aktif, dimana jika salah satunya mengalami kerusakan, maka keyboard tidak bisa kamu gunakan.

Biasanya keyboard serial ini digunakan pada komputer lama.

2. Keyboard PS/2

Sama halnya dengan keyboard serial, perbedaannya adalah keyboard PS/2 hanya bisa dipakai pada komputer berjenis ATX. Keyboard PS/2 memakai plug DIN mini berisikan 6 jarum sebagai konektor, dimana masing-masing jarum konektor memiliki tugasnya masing-masing.

3. Keyboard Wireless

Selanjutnya terdapat keyboard wireless. Dalam penggunaannya, keyboard jenis ini tidak memanfaatkan kabel untuk terhubung karena memanfaatkan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth dan Infrared.

Untuk bisa terhubung dengan komputer atau laptop, diperlukan unit penerima dan pemancar. Pemancarnya sendiri merupakan keyboard sedangkan penerima biasanya dipasangkan port USB.

4. Keyboard USB

Terakhir adalah keyboard USB yang paling banyak digunakan pada laptop dan komputer. Keyboard USB memiliki keunggulan karena sangat mudah dipasangkan, menggunakan konektor USB yang juga mempercepat proses transfer data.

Sayangnya, keyboard USB yang banyak dipakai pada laptop dan komputer sangat rentan rusak karena ukuran kabelnya yang tipis ketimbang versi keyboard lainnya.

Jenis Keyboard Berdasarkan Tombol

1. Keyboard QWERTY

Foto: Wikipedia

Keyboard tipe ini pertama kali ditemukan pada tahun 1878. Kemudian, keyboard tipe ini menjadi standar pada mesin tik komersial di tahun 1905.

Nama QWERTY sendiri diambil berdasarkan 6 huruf berurutan pada barus kedua dari tombol alfanumerik pada keyboard ini.

2. Keyboard Maltron

Foto: Enabling Technology

Keyboard Maltron memiliki bentuk unik yang cekung ke dalam. Keyboard ini memiliki rancangan khusus untuk jari-jari dalam posisi saat mengetik agar tidak membentuk garis lurus dan nyaman digunakan.

Nama Maltron sendiri berasal dari produsen yang membuatnya, terkenal tidak mudah rusak karena desainnya yang fit pada jari pengguna saat mengetik.

3. Keyboard Chord

keyboard chord layoutFoto: Openstenoproject

Keyboard jenis ini berisikan empat sampai lima tombol, keyboard chord memiliki fungsi unik karena saat kamu ingin memasukkan huruf lainnya, maka kamu harus menekan tombol secara bersamaan.

Pada perkembangannya, Keyboard Chord terdiri dari dua jenis, yakni Keyboard Palantype dengan tiga karakter, konsonan awal kelompok di bagian kiri.

Sementara itu, konsonan tengah untuk vokal dan konsonan terakhir di bagian kanan, serta Keyboard Stenotype yang umumnya dipakai oleh wartawan untuk mencatat hasil wawancara secara cepat.

4. Keyboard Dvorak

keyboard dvorakFoto: Wikipedia

Keyboard ini pertama kali ditemukan di tahun 1932. Keyboard satu ini memiliki susunan huruf yang disusun secara khusus, dimana 70% dari penakanan terdapat pada home row, hasilnya dapat mengurangi kelelahan saat melakukan pengetikan.

Namun, penggunaan keyboard ini akan membuat tangan kanan lebih banyak terbebani pekerjaan ketimbang tangan sebelah kiri.

5. Keyboard Alphabetic

Foto: Spoops World

Tombol pada keyboard alphabetic ini disusun menyerupai keyboard QWERTY dan keyboard Dvorak. Namun, susunan yang terdapat didalamnya dibuat berurutan, sama halnya dengan urutan huruf alfabet.

Hal ini dirasa memperlambat proses pengetikan sehingga jarang sekali digunakan.

6. Keyboard Klockenberg

Foto: CombiMouse

Keyboard klockenberg dirancang bertujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada. Ia memiliki rupa unik dengan memisahkan kedua bagian dari keyboard, yaitu bagian kiri dan bagian kanan.

Bagian kiri dan kanan pada keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bagian bawah. Selain itu, keyboard klockenberg memiliki tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja.

7. Keyboard Numeric

Foto: DSI Keyboard

Ada pula keyboard numeric, jenis keyboard yang hanya dipakai untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang sangat besar.

Banyak orang lebih menyukai pemakaian tombol numeric yang tata letaknya dapat dengan mudah dijangkau dengan tangan yang hasilnya lebih nyaman untuk dioperasikan.

8. Epic-Bluetooth Virtual Keyboard


Sementara yang terakhir, Epic-Bluetooth Virtual Keyboard merupakan varian paling modern karena tidak memiliki bentuk fisik, timbul dikarenakan laser yang mengeluarkan cahaya di bidang datar dan mengikuti gerakan tangan.

Tidak hanya berfungsi sebagai keyboard pada laptop atau komputer, jenis ini pun bisa dimandatkan untuk perangkat lain seperti smartphone dan tablet.

 

Bahkan, Epic-Bluetooth Virtual Keyboard diklaim bisa mengetik sebanyak 350 karakter per menit dalam format QWERTY.

Bagian Utama Keyboard

keyboard laptop

Sebelum melangkah lebih jauh membahas keyboard, berikut bagian-bagian utama dari keyboard yang perlu kamu ketahui:

  • Typerwriter Key
  • Numeric Key
  • Function Key
  • Special Function Key

Mari kita bahas satu persatu secara singkat. Typerwriter Key merupakan bagian keyboard yang memiliki fungsi untuk mempermudah proses pengetikan.

Typewriter Key hadir dengan sejumlah fungsi khusus seperti back, space, caps lock, delete, esc, end, enter, home, insert, page down, page up, shift dan tab.

Untuk Numeric Key, berisikan tombol-tombol pada keyboard dengan fungsi numerik atau penggunaan pengetikan berhubungan dengan angka dan simbol numerik lain. Numeric key juga bisa berfungsi sebagai typerwriter key saat posisi off.

Penempatan Numeric key memiliki pola yang berbedam tergantung pada ukuran keyboard. Dalam keyboard full size, penempatan numeric key ada di sebelah kanan tombol-tombol huruf.

Sedangkan untuk keyboard non full size, numeric key biasanya ditempatkan dibagian atas tombol huruf.

Function Key merupakan tombol yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan atau pengetikan pada keyboard. Ia terdiri dari 10 tombol untuk jenis keyboard dengan total tombol 80 buah dan 12 tombol pada keyboard dengan jumlah 101 buah.

Function Key dimulai pada tombol F1 sampai F12, dimana setiap tombolnya memiliki fungsi tersendiri dan memiliki fungsi menggantikan mouse untuk mengarahkan perintah pada komputer atau laptop.

Terakhir adalah Special Function Key, yang mempunyai fungsi khusus saat digabungkan dengan tombol lainnya pada keyboard. Misalnya menekan Ctrl + Z untuk mengembalikkan pekerjaan sebelumnya yang sudah terlewat.

Tombol Fn sebagai pengeras suara atau volume dengan simbol yang ada di keyboard. Sementara itu, jenis tombol Special Function Key diantaranya adalah Ctrl, Alt, Fn, Num Lock, Scrool Lock, Print Screen, dan Shift.

Itulah beberapa jenis dan tipe keyboard komputer yang ada dipasaran. Semua tipe memiliki penggunaannya masing-masing.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.