Diperbaharui pada Selasa, 12 Juli 2022 | 11:11

Cara Factory Reset Hp Android Saat Lupa Akun dan Password Gmail

Cara Factory Reset Hp Android Saat Lupa Akun dan Password Gmail-0Foto: Unsplash

Ketika smartphone Android sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama, sejumlah penggunanya mungkin menemukan beberapa masalah yang terjadi, seperti hang atau tidak merespon.

Untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada smartphone Android, pengguna dapat mengembalikan pengaturan smartphone-nya dengan cara melakukan factory reset.

Sekadar informasi, factory reset ini akan menghapus semua data-data yang dimiliki, baik itu foto, dokumen, video, dan musik, sehingga pengguna harus melakukan proses backup terlebih dahulu atau memindahkan data-datanya ke perangkat lain.

Cara Factory Reset di Hp Android Lewat Menu Setting

Factory reset ini juga berguna bagi pengguna yang akan menjual kembali atau memberikan smartphonenya kepada orang lain agar data pengguna tidak tersimpan pada smartphone tersebut. Simak cara berikut ini.

1. Buka Menu Setting

Cara Factory Reset Hp Android Saat Lupa Akun dan Password Gmail-1

Cara yang pertama, buka menu setting (pengaturan) pada smartphone untuk menampilkan halaman khusus yang terdapat beberapa menu di dalamnya. 

2. Klik Menu General Management

Cara Factory Reset Hp Android Saat Lupa Akun dan Password Gmail-2

Pengguna dapat mengklik menu general management di menu setting untuk menampilkan halaman khusus selanjutnya.

3. Klik Reset

Cara Factory Reset Hp Android Saat Lupa Akun dan Password Gmail-3

Selanjutnya, pengguna dapat mengklik ‘Reset’ di halaman khusus tersebut untuk menampilkan halaman khusus berikutnya.

4. Klik ‘Factory Data Reset’

Cara Factory Reset Hp Android Saat Lupa Akun dan Password Gmail-4

Pengguna bisa mengklik “Factory Data Reset’ untuk menghapus semua data yang tersimpan pada smartphone dan mengembalikan smartphone seperti baru lagi. 

Jika sebelumnya pengguna telah memasang kode PIN atau password pada smartphone, maka pengguna akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi.

Setelah itu, smartphone akan segera menghapus seluruh data pengguna yang ada pada smartphone. Proses ini akan berlangsung dalam beberapa menit.

Sekadar informasi, factory reset berdasarkan pada gambar di atas, menggunakan smartphone Samsung Galaxy A21S, yang menjalankan sistem operasi Android 10.

Cara Factory Reset di Hp Android Menggunakan Hard Reset

Pengguna juga dapat melakukan factory reset dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan pada smartphone, yang kemudian akan muncul “Recovery Mode".

Bila cara sebelumnya tidak berhasil, pengguna dapat melakukan factory reset dengan cara menekan tombol power + volume up + volume down atau bisa juga menekan tombol power + volume up + tombol home. 

Selanjutnya, pengguna dapat memilih opsi wipe data atau factory reset, lalu klik ‘Ok’, tunggu proses selama beberapa menit dan pilih restart smartphone.

Cara Factory Reset di Hp Android Menggunakan Dial Khusus

Cara Factory Reset Hp Android Saat Lupa Akun dan Password Gmail-5

Cara berikutnya, pengguna smartphone Android dapat melakukan factory reset dengan cara menggunakan dial khusus. Pengguna hanya perlu memasukan nomor kode *#*#7780#*#* untuk soft reset dan *2767*3855# untuk hard reset. Tunggu sampai proses selesai dan pilih restart smartphone.

Dengan melakukan factory reset ini, pengguna dapat mengembalikan pengaturan smartphone-nya dan juga dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada smartphone. 

Demikian cara melakukan factory reset untuk smartphone Android. Semoga bermanfaat!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1173 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.