Diperbaharui pada Selasa, 10 November 2020 | 17:58

Punya Hp Android Baru? Lakukan 5 Pengaturan ini Sebelum Dipakai

5 Pengaturan Wajib pada Hp Android BaruFoto: Pexels

Smartphone memang sudah menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki oleh setiap orang di masa kini. Setiap model smartphone memiliki sistem, tampilan dan pengaturan yang berbeda beda. 

Setelah membeli hp baru, pastinya kamu akan mengotak-atik smartphone tersebut untuk beradaptasi dengan fitur-fitur yang dimilikinya, dan memaksimalkan fungsi dari smartphone baru kamu.

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, apa saja yang harus dilakukan pada hp barunya agar dapat memaksimalkan fitur yang ada. 

Maka dari itu, disini kami akan memberikan tips yang harus kamu lakukan saat baru membeli hp Android.

5 Pengaturan Wajib pada Hp Android Baru

Tampilan hp baru yang masih mulus tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Tidak heran jika beberapa orang sangat berhati-hati saat memakainya. Selain itu, untuk memaksimalkan fungsinya, ada 5 pengaturan yang perlu dilakukan.

1. Lindungi Privasi Hp

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membeli hp baru adalah melindungi privasi hp. Keamanan memang selalu menjadi nomor satu dalam gadget. Pastinya kamu juga tidak ingin data pribadi yang kamu simpan di hp dilihat atau bahkan dicuri oleh orang lain.

Untuk melindungi privasi hp, kamu hanya perlu memasang kata sandi atau pin lewat pengaturan, kemudian privasi. Pada beberapa smartphone juga menyediakan layanan sidik jari atau bahkan face tracker yang juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan keamanan hp baru mu.

2. Menghemat Baterai 

Masalah utama yang sering terjadi pada smartphone adalah baterai bocor. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, jika harus mengisi daya dalam waktu lama, namun hanya bisa bertahan untuk beberapa jam saja.

Tapi jangan khawatir, kini Google menyediakan layanan Baterai Adaptif dan Optimasi Baterai. Fitur ini mampu mempelajari cara kamu menggunakan hp, seperti mengetahui aplikasi apa yang digunakan, kemudian mengoptimalkan pemakaian baterai pada aplikasi tersebut, sehingga kamu bisa lebih menghemat baterai.

Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan fitur dark mode di hp kamu (jika ada). Menurut Google, dark mode tidak hanya mengurangi ketegangan yang ditimbulkan oleh ponsel cerdas pada mata kita.

Tetapi, fitur ini juga mampu meningkatkan masa pakai baterai karena membutuhkan lebih sedikit daya untuk menampilkan latar belakang gelap pada layar

3. Masukan Akun Google

Langkah berikutnya adalah memasukan akun Google pada hp kamu. Pada hp Android, Google sangat berperan penting dalam hal apa pun. 

Seperti halnya saat mendownload aplikasi, kamu pasti akan diminta masuk ke verifikasi dengan akun Google untuk mengakses Google Play Store. Dengan memasukan akun Google di awal, akan mempermudahmu dalam menjelajah aplikasi baru di hp Android baru.

4. Pengaturan Download Aplikasi

Beberapa orang mungkin terlalu nafsu untuk mencoba dan mendownload aplikasi baru di hp mereka. Tanpa mereka sadari, ini bisa saja berakibat fatal pada hp barunya.

Tidak semua aplikasi pada Play Store bisa dibilang aman. Ada juga beberapa aplikasi berbahaya di Play Store yang bisa mendatangkan virus atau malware pada hp barumu.

Selain itu, mendownload aplikasi yang tidak penting juga dapat menyebabkan ruang penyimpanan hp penuh.

Pastikan kamu mendownload aplikasi dari Google Play Store dan aktifkan pengaturan ijin install APK diluar Google Play Store untuk mencegah adanya aplikasi berbahaya.

5. Aktifkan Google Find My Device

5 pengaturan wajib di hp android

Cara terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah mengaktifkan fitur layanan Google Find My Device. Fitur ini bisa nantinya akan membantu kamu jika hp tersebut hilang. Tentunya, kamu tidak ingin kan jika hp Android  barumu hilang?

Cara menggunakannya sangat mudah, buka “Pengaturan”, kemudian cari “Temukan Perangkat Saya”, dan aktifkan, masukan akun Google. Setelah diaktifkan, kamu dapat menuju ke android.com/find dari perangkat lain, dan masuk ke akun Google untuk melacak hp yang hilang. 

Nah, itu dia 5 hal yang harus kamu lakukan setelah membeli hp Android baru. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan fitur dari hp barumu

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

149 Posts