Diperbaharui pada Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:42

Cara Atasi Video Tidak Bisa Diputar dengan Aplikasi Codec

video tidak bisa diputar di androidFoto: Pexels

Menyimpan video pada smartphone tentunya adalah hal yang sangat umum. Kebutuhan kerja dan belajar terkadang membuat pengguna hp menyimpan berbagai macam video presentasi, tutorial, materi belajar, hingga hiburan.

Namun, berbagai video yang disimpan dalam smartphone tersebut biasanya memiliki format video yang berbeda beda, sehingga tidak semua player bawaan hp dapat memutarnya.

Penyebab Video Tidak Bisa Diputar

Format atau jenis file adalah penyebab utama kenapa video tidak bisa diputar di hp Android. Pada umumnya, hp memiliki standarisasi untuk jenis-jenis file apa saja yang kompatibel dengan perangkat tersebut.

Jenis file video yang umumnya bisa diputar di hp adalah MP4 atau MPEG-4. Format video ini pada umumnya kompatibel dengan semua jenis player bawaan dari hp Android, dan dapat langsung diputar.

Selain itu, terdapat pula berbagai jenis atau format video seperti MOV, WMV, FLV, AVI, WebM, dan MKV. Terkadang kita memindahkan video langsung dari perangkat komputer, atau mungkin mendownloadnya melalui internet, tanpa meng-convertnya terlebih dahulu.

Bila file video tidak kompatibel dengan player bawaan hp, maka video tersebut tidak bisa diputar dengan pesan seperti "tidak dapat membuka file" atau "codec audio yang tidak didukung". Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar di Android

Tidak semua smartphone mendukung codec atau format video yang ada saat ini, namun hal ini bisa diatasi dengan mengconvert terlebih dahulu video tersebut. Namun tidak semua orang ingin repot-repot melakukan ini.

Memang saat ini sudah tersedia layanan convert video gratis yang bisa digunakan secara online melalui aplikasi atau situs web, namun seperti alasan sebelumnya, tidak semua pengguna hp ingin repot-repot melakukannya.

Solusi paling mudah untuk mengatasi video yang tidak bisa diputar di hp Android adalah dengan menggunakan pemutar video yang kompatibel dengan berbagai macam jenis dan format video.

Aplikasi video player ini banyak tersedia di Google Play Store, dan dapat diunduh secara gratis. Kalau masih bingung memilih yang mana, berikut ini beberapa rekomendasi Pricebook.

1. VLC for Android

cara mengatasi video tidak bisa diputar di android

VLC for Android adalah aplikasi pemutar video yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Sebelumnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk desktop PC dan laptop saja, namun kini sudah ada versi mobilenya.

Aplikasi VLC untuk Android ini kompatibel dengan berbagai jenis codec tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Artinya, aplikasi ini mendukung video yang terkompresi DivX dan XviD, serta dapat memutar berbagai format.

Beberapa jenis format video yang bisa diputar menggunakan VLC diantaranya adalah MKV, MP4, AVI, MOV, Ogg, FLAC, TS, M2TS, Wv, hingga AAC. 

VLC juga mendukung audio dan dapat membaca subtitle multi-track. Aplikasi ini ringan atau tidak memakan banyak memori penyimpanan pada hp, serta yang paling penting, aplikasi ini gratis karena berjenis open source.

2. MX Player

cara mengatasi video tidak bisa diputar di android

Rekomendasi aplikasi pemutaran video berikutnya adalah MX Player yang ukurannya juga cukup ringan, dan mudah digunakan. Sama seperti VLC, MX Player mendukung berbagai file termasuk AVI, MPEG, MP4, WMV, DIVX, XVID, dan masih banyak lagi.

Selain itu, MX Player juga mendukung berbagai format subtitle, termasuk .txt, .sub, .srt, .idx, dan beberapa lainnya, sehingga kamu bisa memutar video beserta subtitle dalam jenis format apapun. 

Menariknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur menarik diantaranya, kontrol gerakan, seperti menggeser ke bawah untuk mengurangi kecerahan, scroll ke belakang dan ke depan untuk memindahkan teks subtitle dan banyak lagi. 

Versi gratis dari MX Player memiliki iklan, namun bagi pengguna yang merasa terganggu, tersedia juga versi berbayar dari MX Player yang bebas dari berbagai jenis iklan.

3. Archos Video Player

cara mengatasi video yang tidak bisa diputar di android

Seperti halnya MX Player, Archos Videp Player juga tersedia dalam dua versi, yang gratis dan berbayar. Aplikasi ini dapat digunakan di smatphone, tablet, hingga perangkat Android TV.

Archos Video Player dapat memutar video dari berbagai sumber, baik yang tersimpan di memori hp, hingga yang ada di memori eksternal. Aplikasi ini juga dapat mengunduh subtitle untuk video yang sedang diputar.

Jenis-jenis file video yang didukung oleh Archos Video Player diantaranya MKV, MP4, AVI, WMV, FLV, dan banyak lagi. Sementara file subtitle yang bisa terbaca diantaranya adalah srt, sub, ass, dan smi.

4. BSPlayer

cara mengatasi video tidak bisa diputar di android

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi pemutar video BSPlayer adalah kemampuannya untuk mengunduh file subtitle secara otomatis saat smartphone tersambung dengan jaringan internet data maupun wi-fi.

Kalau ingin mencobanya terlebih dahulu, tersedia versi gratis dari BSPlayer yang bisa diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini dapat memutar berbagai macam jenis format video, dan sudah mendukung file subtitle seperti ssa, ass, srt, sub, bahkan txt.

Selain untuk memutar file video, BSPlayer juga dapat digunakan untuk memutar audio, selayaknya Windows Media Player yang menjadi bawaan dari sistem operasi Windows. Untuk merasakan fitur lengkapnya, tersedia versi berbayar BSPlayer Pro.

5. GOM Player

cara mengatasi video tidak bisa diputar di android

Aplikasi GOM Player juga menjadi salah satu pemutar video yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone dan desktop PC, karena kemudahan penggunaan dan fitur-fiturnya.

Salah satu fitur andalan dari GOM Player adalah gestur, dimana pengguna dapat mengontrol video dengan melakukan beberapa gestur tertentu, sehingga tidak perlu lagi mencari tombol pilihan atau menu.

GOM Player mendukung berbagai video non-encoded seperti MP4, dan bahkan bisa memutar video 360. Tampilan antarmukanya sangat sederhana, dan aplikasi ini dapat terhubung dengan Dropbox, GoogleDrive, OneDrive, WebDAV, dan FTP

6. KMPlayer

cara mengatasi video tidak bisa diputar di android

Aplikasi KMPlayer, atau biasa disingkat KMP, adalah pemutar video dengan fungsi yang terbilang lengkap, dapat memutar berbagai format video, hingga file-file subtitle.

Player HD yang ditawarkannya, dapat memutar video dengan kualitas 4K, bahkan 8K UHD. Jadi bagi pengguna yang ingin menikmati tayangan dengan resolusi terbaik, KMPlayer adalah salah satu pilihan yang tepat.

KMPlayer dapat diunduh dan digunakan secara gratis, namun jika pengguna menginginkan fitur yang jauh lebih lengkap lagi, tersedia KMPlayer Plus yang berbayar.

Media player keluaran Pandora.TV ini juga sudah mendukung Chromecast, sehingga dapat menampilkan tayangan video di layar TV untuk memberikan pengalaman menonton di layar besar.

Kesimpulan

Selain dari aplikasi yang kami rekomendasikan tersebut, tentunya masih banyak aplikasi pemutar video lain yang dapat ditemukan di Google Play Store, baik yang gratis, maupun yang berbayar.

Pricebook sengaja memilihkan yang terbaik dan paling populer di kalangan pengguna smartphone, karena memang kualitasnya sudah cukup dikenal.

Semoga artikel cara mengatasi video tidak bisa diputar di hp Android ini dapat membantu, ya, Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1155 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.