Diperbaharui pada Kamis, 23 Desember 2021 | 10:06

Cara Mengenali Aplikasi Berbahaya di Playstore

Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Play StoreFoto: Pexels

Google Play Store hadir memberikan ribuan, bahkan jutaan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi pada Play Store memang sangat membantu kita dalam mengoptimalkan kinerja smartphone yang kita miliki.

Kategori pada aplikasi yang disediakan oleh Play Store juga sangat beragam, mulai dari aplikasi hiburan, informasi, finance, edukasi, dan masih banyak lagi.

Namun tanpa kita sadari, banyak sekali aplikasi berbahaya yang sekilas terlihat sebagai aplikasi yang resmi. Aplikasi berbahaya ini biasanya membawa virus atau malware ke perangkat yang kita gunakan.

Apa Itu Malware?

Malware merupakan suatu kejahatan yang bisa menyerang perangkat kita, baik smartphone maupun komputer untuk menyadap dan mengambil data-data penting yang ada pada perangkat.

Hal ini harus diwaspadai bagi pengguna yang aktifitas sehari-harinya tidak terlepas dari komputer atau jaringan internet. Malware juga mampu menyerang melalui aplikasi yang kita unduh pada Google Play Store.

Jumlah aplikasi berbahaya di Play Store sulit untuk dideteksi, walau Google sering kali cepat mengambil tindakan dan menghapusnya, namun hal ini tidak memberi jaminan untuk perangkat kita agar terhindar dari malware. Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari aplikasi Play Store berisi malware?

Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Play Store

Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Play Store

Untuk terhindar dari malware yang ada pada aplikasi, Anda harus mengenali aplikasi yang baik sebelum mendownload-nya. Berikut ini hal-hal yang harus Anda waspadai sebelum mendownload aplikasi di Play Store.

1. Plagiat Nama

Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Play Store

Beberapa tahun silam, beredar informasi tentang aplikasi WhatsApp palsu di Play Store. Aplikasi palsu ini biasanya terlihat sangat mirip dengan aplikasi aslinya, mulai dari nama maupun gambar. 

Terkadang, para plagiat isi hanya membedakan sedikit nama, atau menambahkan huruf untuk memanipulasi aplikasi aslinya.

2. Periksa Nama Developer

Sebelum mengunduh aplikasi di Play Store, pastikan Anda mengecek kembali nama developer atau pembuat aplikasi yang terdapat di bawah nama aplikasinya.

Pastikan nama developer aplikasi tersebut sudah sesuai dengan nama developer aslinya. Hal ini memang lebih menyita waktu, karena Anda harus mencari tau terlebih dahulu.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk mencari informasi dari pada perangkat Anda terserang malware.

3. Periksa Rating dan Review

Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Play Store

Penilaian atau rating menunjukkan tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Semakin tinggi rating suatu aplikasi, semakin puas pula penggunanya.

Aplikasi asli, pada umumnya memiliki tingkat rating dan review yang tinggi. Karena aplikasi yang terpercaya selalu memiliki lebih banyak komentar bersifat positif dibanding aplikasi palsu yang berbahaya.

4. Periksa Jumlah Download

Salah satu hal yang sering terabaikan sebelum mengunduh aplikasi adalah mengecek jumlah download. Google secara rinci mencantumkan berapa jumlah download pada setiap aplikasi yang ada di Play Store.

Hal ini memungkinkan Anda untuk memastikan apakah aplikasi tersebut asli atau palsu. Pada umumnya, aplikasi asli akan memiliki jumlah download yang banyak.

5. Periksa Perizinan Aplikasi

Saat menginstall sebuah aplikasi, biasanya aplikasi tersebut akan meminta izin untuk mengakses isi dan fitur smartphone seperti foto, audio, mic dan sebagainya.

Izin aplikasi biasanya terdapat di kolom informasi aplikasi. Anda dapat melihat izin apa yang diminta dari aplikasi tersebut kepada perangkat yang Anda gunakan.

Jika aplikasi meminta izin untuk mengakses aplikasi lain yang tidak dibutuhkan, maka Anda harus waspada. Sebagai contoh, jika anda mengunduh aplikasi game puzzle, dan aplikasi tersebut meminta izin untuk mengakses galeri Anda, sebaiknya jangan diizinkan, bisa jadi aplikasi ini berbahaya.

Selalu Waspada

Itu dia hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengunduh aplikasi di Google Play Store agar terhindar dari malware atau kejahatan dunia maya. Jika Anda menemukan aplikasi yang berpotensi sebagai aplikasi palsu, sebaiknya Anda segera melaporkannya.

Cara untuk melaporkannya cukup mudah, cukup buka bagian bawah halaman dan klik "Tandai Sebagai Tidak Pantas". Laporkan masalah ini secara terperinci sebagai “Copycat or Imersonation”.

Dengan ini, google mungkin akan melakukan Tindakan dan segera mengecek ulang aplikasi tersebut. Nah, be safe, ya!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1151 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.