Diperbaharui pada Selasa, 27 April 2021 | 14:10

Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Android dan iOS

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iOSFoto: Pixabay

Tampilan home screen pada smartphone yang estetik tentunya menjadi idaman para pengguna smartphone untuk kenyaman saat digunakan. Namun, terkadang banyaknya aplikasi yang tidak terpakai membuat tampilan pada home screen menjadi berantakan.

Untuk sebagian orang mungkin ini akan mengganggu, dan bahkan mempersulit untuk mencari aplikasi penting yang ingin digunakan. Jika aplikasi tersebut bukan aplikasi bawaan, mungkin kamu bisa saja menghapusnya. Namun bagaimana jika itu aplikasi bawaan?

Tidak perlu pusing, meskipun kamu tidak bisa menghapusnya, kamu bisa saja menyembunyikan aplikasi tersebut dari home screen. Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi pada hp Android dan iOS.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Perangkat Android dan iOS memang selalu memiliki banyak perbedaan pada sistemnya. Untuk hp Android, cara ini sangat mudah dilakukan dan sudah sangat umum. Bagi kamu pengguna hp Android mungkin sudah tidak asing dengan fitur hide.

Namun, jika kamu belum mengetahuinya ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka aplikasi pengaturan. Setelah itu, pilih “Applications”.
  2. Pilih “Application Manager”.
  3. Pilih tab “All” dan pilih aplikasi apa aja yang ingin kamu sembunyikan.
  4. Kemudian pilih “Disable”.

Setelah itu, pastikan aplikasi yang kamu pilih sudah tidak muncul di halaman home screen hp kamu. Kalau kamu ingin mengetahui cara-cara lain untuk menyembunyikan aplikasi dan file di hp Android, kamu bisa baca selengkapnya di artikel ini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iOS

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iOS

Adapun cara menyembunyikan aplikasi di iOS mungkin belum banyak diketahui oleh beberapa orang. Sistem pada iOS memang sangat jauh berbeda dibandingkan Android. 

Tampilannya yang lebih ringkas membuat orang berpikir bahwa perangkat iOS tidak bisa menyembunyikan aplikasi seperti pada Android.

Tapi faktanya, pengguna iOS juga bisa menyembunyikan aplikasi pada home screennya dengan cara berikut ini:

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih “Screen Time”.
  3. Scroll kebawah dan pilih “Use Screen Time Pascode” untuk membuat password terlebih dahulu.
  4. Pilih “Content Restrictions”.
  5. Kemudian pilih “Apps”

Setelah itu, kamu bisa memilih aplikasi yang ingin disembunyikan berdasarkan rating dari aplikasi itu sendiri. Mulai dari rating 4+, 9+, 12+, dan 17+. 

Sayangnya, sistem iOS tidak bisa menyembunyikan aplikasi secara leluasa. Fitur ini hanya bisa dilakukan berdasarkan tanda rating saja.

Nah bagaimana, gampang, kan? Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1151 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.