Diperbaharui pada Jumat, 3 Desember 2021 | 15:58

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis 3 Menit Selesai!

whatsapp bisnis

Berbisnis di internet sudah menjadi sebuah prospek kerja yang cukup menjanjikan, maka dari itu semakin banyak pula aplikasi smartphone yang berlomba-lomba untuk dapat memenuhi kebutuhan bisnis internet.

Dari yang asalnya hanya sebuah aplikasi media sosial biasa, kini menjadi aplikasi yang mendukung bisnis online, salah satu aplikasinya yaitu WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp semakin populer dan penggunanya semakin bertambah, peluang ini berhasil dimanfaatkan dengan munculnya fitur WhatsApp bisnis pada September 2017, sebagai fitur praktis untuk para pebisnis online. 

Namun, bagaimana cara buat akun WhatsApp bisnis? Apakah sama saja dengan WhatsApp biasa? Berikut kami bahas lengkap mengenai akun WhatsApp bisnis.

Cara Mengubah Akun WA Biasa ke WA Bisnis

ubah wa ke wa bisnis

Cara mengubah WhatsApp jadi akun bisnis, merupakan tahap yang cukup mudah. Anda tinggal mendownload aplikasi WhatsApp bisnis yang berlogo ‘B’, kemudian daftarkan nomor WhatsApp yang sebelumnya sudah dipakai atau yang baru.

Hal ini merupakan cara termudah dan resmi untuk mengubah akun biasa menjadi akun bisnis. Jika sudah mendownload aplikasinya, Anda bisa langsung melakukan registrasi dengan nomor yang aktif.

Selain itu, Anda juga harus mendaftarkan alamat email dan melakukan verifikasi agar akun menjadi lebih aman. Terlebih lagi akun bisnis, yang membutuhkan proteksi lebih lengkap karena menyangkut masalah uang dan aset.

Cara verifikasi akun WhatsApp bisnis pun mudah, nantinya Anda akan diminta mengirim kode yang telah dikirim oleh pihak WhatsApp ke nomor telepon atau email Anda.

Masukan kode tersebut pada kolom yang disediakan saat sedang melakukan registrasi. Pastikan Anda merahasiakan kode tersebut, lebih aman jika Anda langsung hapus pesan yang berisi kode dari WhatsApp.

Cara Menggunakan Akun WhatsApp Bisnis

whatsapp bisnis

Akun WhatsApp bisnis tampil serupa dengan versi reguler, namun dibekali dengan sejumlah fitur yang mendukung komunikasi efektif bersama para konsumen.

Sebelum menggunakan akun bisnis, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat akun tersebut. Berikut cara lengkap membuat akun bisnis, simak selengkapnya:

1. Download aplikasi WhatsApp Bisnis dari Play Store atau Appstore

2. Daftar menggunakan nomor ponsel yang aktif dan dikhususkan untuk bisnis tersebut agar mempermudah verifikasi,

3. Buat profil dengan mencantumkan semua informasi bisnis Anda, dengan cara klik menu settings, business settings, profile. Pastikan semua informasinya akurat, mulai dari nama bisnis, alamat, kontak, dan deskripsi toko.

4. Jika profil sudah berhasil terbuat, Anda bisa memeriksa fitur apa saja yang tersedia dengan memiliki opsi settings, busines settings.

5. Pada opsi tersebut tersedia fitur away message, greeting message, dan quick replies, semuanya bisa Anda atur sesuai kebutuhan.

Cara Mengembalikan Akun WA Bisnis ke Akun WA Biasa

mengembalikan wa bisnis ke wa biasa

Hampir sama dengan cara sebelumnya, yaitu Anda harus menghapus akun WA bisnis terlebih dahulu, kemudian download akun WA reguler. Lakukan registrasi dengan mendaftarkan nomor yang aktif, lalu lakukan verifikasi.

Anda mungkin tidak akan mendapat banyak permintaan verifikasi pada pembuatan akun ini, karena akun tersebut termasuk reguler dan tidak membutuhkan proteksi berlapis.

Akun WA reguler sebenarnya juga bisa digunakan sebagai akun bisnis, Anda masih bisa berinteraksi dengan konsumen secara lancar. 

Hanya saja beberapa fitur unggulan akun bisnis tidak akan bisa Anda gunakan. Namun ada keunggulan akun bisnis yang bisa Anda dapatkan, yaitu bisa menggunakan dua nomor aktif.

Jika Anda tidak ingin obrolan bisnis menyatu dengan obrolan pribadi, Anda bisa menggunakan fitur yang disediakan WhatsApp untuk mengatur dua nomor sekaligus.

Jadi, masalah bisnis dan pribadi bisa dipisahkan, serta Anda pun bisa memiliki dua akun WhatsApp sekaligus. Namun sayangnya, fitur ini belum memiliki banyak peminat karena dianggap terlalu rumit saat proses registrasinya.

Kelebihan Menggunakan Akun WhatsApp Bisnis

wa bisnis

Jika Anda sudah berhasil melakukan cara mengubah WA biasa ke WA bisnis, Anda bisa menggunakan empat fitur unggulan yang dimiliki WhatsApp bisnis versi 2. 18.2, semuanya disediakan untuk mempermudah komunikasi antar penjual dan pembeli.

Berikut beberapa fitur unggulan dan penjelasannya:

1. Dapat Mendaftarkan Nomor Telepon Perusahaan

Pada umumnya, WhatsApp hanya bisa digunakan untuk nomor telepon seluler biasa. Namun pada akun bisnis, nomor perusahaan Anda juga bisa didaftarkan sebagai nomor WA.

Fitur ini tentu akan mempermudah Anda untuk memisahkan chat pribasi dan chat bisnis. Tapi perlu Anda ingat, bahwa nama profil tetap tidak bisa diubah-ubah jadi pikirkan baik-baik.

2. Tampilan Profil WhatsApp Bisnis

Profil pada akun binis ini sedikit mirip dengan Google My Business, terdapat beberapa kolom yang harus diisi sebagai informasi perusahaan.

Mulai dari profil singkat, website bisnis, alamat email, jam aktif, serta alamat perusahaan. Pasikan akun bisnis Anda sudah terverifikasi dengan baik, untuk menghindari kendala yang akan terjadi kedepannya.

Tulislah profil dan deskripsi toko dengan jelas, agar konsumen baru tidak kebingungan mengenai bisnis Anda.

Hal ini juga bisa menjadi penilaian singkat dari calon konsumen, toko dengan deskripsi profil yang lengkap tentu akan menambah kepercayaan mereka.

3. Terdapat Fitur Pesan Otomatis

Jika Anda sudah mengetahui fitur pada email seperti auto-responder dan vacation message, maka kurang lebih seperti itulah fitur yang dimiliki WA bisnis.

Ada tiga layanan unggulan yang dapat Anda gunakan, yaitu:

  • Away Message, yaitu respon otomatis ketika Anda sedang tidak membuka WhatsApp. Anda bisa melakukan setting mengenai isi dari pesan otomatis tersebut, bisa berupa informasi mengenai kapan chat tersebut akan dibalas, atau pun yang lainnya.
  • Greeting Message, yaitu pesan yang otomatis terkirim pada setiap kontak baru sebagai tanda salam sapa. Jadi, ketika nomor Anda baru disimpan oleh konsumen, greeting message ini akan otomatis terkirim kepada mereka.
  • Quick Replies, yaitu pesan yang mengandung template instan. Pesan ini diatur menggunakan boot seperti ucapan terimakasih yang panjang, atau petunjuk dan aturan untuk konsumen selama berbelanja di toko Anda.

4. Terdapat Data Statistik Interaksi

Fitur data statistik ini akan mempermudah Anda saat melakukan evaluasi kinerja, data tersebut akan Anda terima melalui WhatsApp bisnis yang sudah direkam secara otomatis selama kurun waktu yang tertentu.

Data tersebut memuat berapa pesan yang sudah terkirim, sampai, dan berapa yang sudah dibaca. Anda bisa mengetahui jumlah total nya di bagian bawah laporan.

Data statistik ini tentunya sangat penting untuk sebuah bisnis, Anda akan tahu dimana letak kesalahan dan keunggulan perusahaan. 

Anda pun bisa dengan sigap memikirkan solusinya, bagaimana cara meningkatkan kepercayaan konsumen, bagaimana cara menghadapi konsumen yang ribet, bagaimana cara menarik konsumen lebih banyak, dan lain-lain.

Cara buat akun WhatsApp bisnis memang mudah, tinggal Anda yang harus pintar-pintar melakukan promosi da melayani konsumen sebaik mungkin.

Jangan sampai teknologi yang canggih ini malah membuat bisnis Anda merosot, gunakan semua kesempatan ini sebaik mungkin untuk dapat meningkatkan bisnis.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1659 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.