Diperbaharui pada Selasa, 25 Oktober 2022 | 13:35

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
realme baru saja merilis generasi terbaru dari lini C series, yaitu realme C33. Tetap berfokus pada target pengguna anak muda, realme coba menawarkan beberapa hal yang menarik di hp terbaru mereka.

Dengan harga jual dikisaran 1 jutaan, realme C33 akan meneruskan kesuksesan dari realme C31 dan realme C35 yang sebelumnya sudah hadir lebih dulu. Kali ini, realme membawa pendekatan yang sedikit berbeda, terutama dari sisi desain.

realme C33 di desain dengan bentuk yang kekinian dengan panel belakang yang berkilau. Tidak hanya itu, realme juga menyematkan kamera beresolusi 50 MP di bagian belakang. Belum termasuk keberadaan baterai 5.000 mAh.

Lalu bagaimana performanya dalam penggunaan sehari-hari? Saya akan coba mengulasnya berdasarkan hasil pengalaman selama menggunakan realme C33.

Review realme C33

Simak hasil review realme C33 dibawah ini.

Desain Kekinian

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
Sebagai brand anak muda, realme selalu menawarkan desain yang atraktif dan kekinian. Desainnya sendiri mengusung konsep flat yang kini banyak diterapkan pada hp keluaran baru di 2022.

Yang menarik ada di bagian cover belakangnya. Dimana akan muncul efek cahaya visual saat dilihat dari sudut yang berbeda. Karena realme C33 menggunakan pemrosesan tingkat mikron dan litografi pada casing belakangnya.

Selain itu juga dilapisi dengan tekstur komposit pasir yang berkilauan dan lapisan yang cerah untuk memberikan efek 'aliran air' yang lebih jernih dan transparan. Untuk rentang harganya, desain ini cukup menarik.

realme C33 sendiri memiliki tiga opsi warna yaitu Sandy Gold, Aqua Blue, dan Night Sea. Unit yang saya uji adalah Aqua Blue. Menurut realme, warna ini akan memberikan efek reflektif air romantis, mengingatkan waktu liburan di tepi laut yang menyenangkan.

Menurut saya, pengguna muda yang menjadi target realme C33 akan tertarik dengan desain dan warna ini. Terlepas dari itu, pada bagian belakang terdapat kamera ganda yang dibuat tanpa adanya kompartemen alias masing-masing lensa berdiri sendiri.

Hanya saja lensa memiliki bentuk yang cukup besar dan sedikit menonjol. Selain membuat perangkat bergoyang saat diletakkan di permukaan yang datar juga memiliki resiko lensa gores.

Jadi disarankan untuk menggunakan casing untuk kenyamanan saat digunakan sehari-hari. Sayangnya, realme tidak menyediakan casing dalam penjualannya.

Lanjut ke bagian sisi atau bingkai perangkat. Bagian ini juga berbentuk datar dengan sentuhan yang rapi. Di sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Sisi bawah realme C33 ditempatkan speaker, mikrofon, jack headphone 3,5 mm, dan port micro USB. Di sebelah kiri, terdapat slot yang memuat dua kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan.

Layar Bezel Tipis

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
realme C33 hadir dengan layar IPS berukuran 6,5 inci dan memiliki resolusi HD+. Menariknya, bezel atas dan samping layar sudah tipis yang membuat tampilan gambar menjadi lebih lapang. Namun pada bagian bawah masih terlihat sedikit tebal.

Tapi ini terbilang wajar untuk segmen harganya, karena sebagian besar hp dengan harga dibawah 2 juta memang masih menggunakan resolusi layar HD+ dan memiliki bezel yang tebal di sisi bawah.

Layar realme C33 memiliki kecerahan 400 nits. Memang bukan yang tertinggi karena harus diakui kecerahan layarnya terlihat rendah dan masih agak sulit untuk membaca atau melihat konten di bawah sinar matahari langsung.

Meski demikian, saya masih menikmati tampilan layarnya. Menghabiskan 4 episode sebuah serial di Netflix pun masih nyaman. Apalagi realme menyediakan pengaturan layar yang dapat disesuaikan seperti modus Standar, Warm dan Cool.

Tinggal pilih sesuai kenyamanan mata, termasuk mengubah layar dan teks dengan beragam warna. Didalamnya juga terdapat fitur ‘video display enchancement’ yang bisa meningkatkan tampilan video.

Saat diaktifkan, fitur ini akan meningkatkan kecerahan warna menjadi lebih vivid. Tapi tidak semua aplikasi didukung fitur ini, dalam pengalaman saya hanya mendukung untuk Youtube, Meet, Photos, Files by Google serta Gallery.

Kamera 50 MP

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
Lanjut ke sektor kamera. Menyadari anak muda yang gemar berfoto, realme memberikan peningkatan pada kamera di realme C33. Itu sebabnya pada bagian belakang telah ditanam pengaturan kamera ganda.

Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 50 MP (wide) yang didukung fitur PDAF serta sensor 0.3 MP (depth) untuk mengambil foto bokeh. Sedangkan untuk kamera depan disediakan sensor 5 MP untuk selfie.

Tampilan UI kamera tidak jauh berbeda dengan hp realme lain, ada menu photo, video, portrait dan more. Hanya saja, menu ‘photo’ di halaman utama aplikasi kamera merupakan sensor 0,3 MP. 

jadi untuk menggunakan kamera 50 MP kita harus masuk ke menu ‘More’ atau ‘Lainnya’ lalu disitu tersedia mode pemotretan 50 MP. Karena secara default mode kamera 50 MP tidak ada di menu utama.

Hasil foto kamera 50 MP di realme C33 terbilang cukup baik saat pengambilan gambar di siang hari. Foto terlihat jelas dan cukup detail, termasuk ketika dilakukan pembesaran hingga 50 persen.

Tingkat kecerahan juga terlihat bagus, namun agak mengurangi kedalaman warnanya. Untuk foto yang diambil di saat malam cukup lumayan, tapi memang masih agak kurang detail.

Berikut beberapa hasil foto kamera 50 MP :

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain KeceHasil Foto Night Mode

Mengambil foto mode potret terlihat masih oke dengan deteksi yang cukup lumayan, helai rambut terlihat rapi meski ada sedikit yang ikut buram.

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain KeceHasil Foto Portrait

Kemudian untuk kamera selfie 5 MP hasilnya memiliki detail yang baik, termasuk warna kulit yan terlihat alami. Usahakan hindari selfie dengan latar belakang cahaya langsung, karena akan terlihat over. Dan secara umum kamera ini tetap bisa diandalkan untuk keperluan sehari-hari.

Performa Unisoc T612

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
Dari sisi performa, realme C33 ditenagai chipset Unisoc T612 yang masih menggunakan fabrikasi 12nm. Chipset ini sebelumnya juga digunakan beberapa hp realme lain, seperti realme C31 dan Narzo 50i Prime.

Prosesor ini mempunyai konfigurasi Octa-Core yang terdiri dari Dual-Core Cortex-A75 berkecepatan 1,8 GHz dan Hexa-Core Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz. Chipset ini memang cukup banyak dipilih untuk hp 1 jutaan.

Dipasangkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB, performanya sangat baik untuk penggunaan sehari-hari. Menggeser home screen dan beralih antar aplikasi tidak menjadi masalah bagi perangkat.

Hanya saja, Unisoc T612 memang bukan chipset yang powerful untuk gaming. Tapi bukan berarti tidak bisa diajak untuk main game.

Saat menjajal main PUBG, setingan maksimal bisa mencapai grafis HD dengan frame rate high. Game ini bisa dimainkan dengan lancar meski sesekali ada lag, tapi tidak mengganggu.

Game lain macam Mobile Legends cukup lancar dimainkan tanpa hambatan. Meski demikian, tetap harus diingat jika konfigurasi ini memilki batas kemampuan.

Saya juga melakukan beberapa tes benchmark untuk realme C33, dimana menggunakan AnTuTu 9 mencatat skor 212.663. Lalu Geekbench 5 mencetak skor 344 (single core) dan 1426 (multi-core).

Baterai 5000 mAh

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
Lanjut ke sumber daya. realme C series memang selalu dibekali dengan baterai besar. Di realme C33 sendiri menanam baterai berkapasitas 5.000 mAh. Perangkat ini mampu berjalan lebih dari satu hari dengan penggunaan normal. 

Beberapa aktivitas yang saya lakukan seperti aktif di WA, sosmed, browsing internet, menonton film, memainkan beberapa game hingga menggunakan kamera.

Saat menonton video HD di Youtube dalam durasi 1 jam baterainya berkurang 7 persen. Lalu main game PUBG 30 menit baterai turun 8 persen.

Untuk pengisian daya, realme C33 hanya dibekali charger 10W bawaan dan hanya menggunakan port Micro USB. Mengisi daya selama 30 menit baterainya terisi 25 persen, lalu dalam 1 jam baterainya terisi 40 persen dan butuh waktu hampir 3 jam agar terisi penuh.

Kesimpulan

Review realme C33: Hp Sejutaan Kamera 50 MP dengan Desain Kece
Secara keseluruhan, realme C33 memiliki performa yang cukup baik untuk ukuran harganya. Untuk kebutuhan penggunaan harian masih cukup layak untuk digunakan. Desainnya sangat mewakili para pengguna muda, tapi tergantung pada selera masing-masing.

Saya sendiri menyukai bezel tipis pada layar realme C33 sehingga bisa menambah kenyamanan saat menonton video. Kemampuaa kameranya juga cukup memadai untuk sekedar mengabadikan momen pribadi.

Dan baterai 5.000mAh bisa menjadi nilai tambah karena bisa mengurangi kekhawatiran untuk mengisi ulang baterai setiap waktu. Sayangnya, daya tahan baterai ini tidak didukung pengisian daya yang cepat.

Secara performa memang masih mampu menangani game pada pengaturan grafis tertentu. Tapi tidak cocok untuk penggunaan yang cenderung ke arah gaming berat. Karena realme C33 ini lebih ditujukan untuk penggunaan biasa dan bukan untuk tugas yang berfokus pada kinerja.

Jika tertarik, realme C33 tersedia dalam dua varian yaitu versi RAM 3 GB dan ROM 32 GB serta realme C33 varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Harga realme C33 untuk varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB dibanderol Rp 1.599.000 yang bisa dibeli melalui Early Bird Sale pada 25 Oktober 2022 pukul 12:00 WIB di Shopee, Lazada, JD.ID, Akulaku, blibli.com, Tokopedia, TikTok, & realme.com/id.

Sementara harga realme C33 versi RAM 4 GB dan ROM 64 GB dipasarkan Rp 1.799.000 melalui Early Bird Sale pada 25 Oktober 2022 pukul 12:00 WIB di TikTok.

Setiap pembelian realme C33 akan mendapatkan gratis kuota im3 144GB dengan syarat dan ketentuan berlaku. Keduanya akan tersedia di seluruh Indonesia pada 28 Oktober 2022.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 12
Ukuran Layar 6.5 inch
Screen Resolution 720 x 1600 Pixel
Detail Prosesor Tiger T612 (12 nm)
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 50 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 0.3 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
USB microUSB
NFC Tidak
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2077 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.