Diperbaharui pada Selasa, 31 Mei 2022 | 11:50

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerful

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Pilihan hp 5G kini semakin melimpah dengan harga yang kompetitif. Terbaru sudah hadir realme Narzo 50 5G yang menawarkan performa mumpuni tapi terjangkau harganya.

Narzo 50 5G sendiri menjadi hp realme terbaru yang belum lama rilis di Indonesia. Performa hp ini ditenagai prosesor Mediatek Dimensity 810 5G yang sangat powerful dikelas menengah.

Selain itu, keunggulan Narzo 50 5G juga berasal dari teknologi 33W SuperDart yaitu fitur isi daya yang bisa memangkas waktu pengisian ulang baterai.

Belum termasuk beberapa fitur lain yang sangat berguna seperti layar yang nyaman di mata, speaker stereo hingga NFC. Nah, untuk melihat kemampuannya, saya berkesempatan untuk melakukan review Narzo 50 5G.

Simak ulasannya dibawah yaa.

Review Narzo 50 5G

Berikut hasil review Narzo 50 5G, mulai dari desain, prosesor hingga kemampuan baterainya.

Desain

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Sebagai brand anak muda, realme selalu mencoba sesuatu yang baru. Kali ini Narzo 50 5G yang mendapat giliran. Dimana cover belakang realme Narzo 50 5G menggunakan tekstur gradien Kevlar dari bawah ke atas.

Desain ini berbentuk garis-garis menyamping yang akan terlihat jelas dari dekat. Tekstur ini berpadu dengan warna hyper black (unit yang saya pegang).  Yang cukup menarik, warna hitam Narzo 50 5G terlihat soft bukan hitam pekat yang umum.

Perbedaannya bisa dilihat jelas antara hitam penutup belakang dengan warna hitam pada kompartemen kamera. Seolah olah mengesankan adanya permainan gradasi warna di bagian belakang. Sidik jari juga tidak mudah membekas di permukaannya, jadi perangkat terlihat selalu bersih.

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Sementara tampilan fisik Narzo 50 5G sendiri mengusung desain kekinian dengan bodi belakang dan samping yang dibuat flat alias rata. Sedangkan bagian depannya memiliki tepi melengkung (bagian panel layar). 

Dengan bodi yang cukup tipis (8,1mm) dan ringan (190 gram), saya masih merasa cukup nyaman untuk memegang Narzo 50 5G. Kokoh dalam genggaman dan tidak mudah terlepas.

Untuk penempatan tombol dan port terdiri dari tombol daya dan sensor sidik jari di sisi kanan, lalu sisi kiri memuat tombol volume dan port SIM ganda. Di bagian bawah terpasang speaker, port USB Type-C, dan jack headphone 3.5mm.

Layar

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Bagi saya layar menjadi salah satu pertimbangan saat ingin membeli sebuah smartphone. Layar yang baik memungkinkan saya melakukan banyak aktivitas dengan nyaman, mulai dari chatting, cek email, menonton film, main sosial media hingga bermain game.

Dan layar Narzo 50 5G sudah memenuhi persyaratan. Hadir dengan bentang seluas 6,5 inci cukup lapang untuk menampilkan konten. Sangat membantu saya yang sehari-harinya menggunakan kacamata untuk beraktivitas.

Meski masih menggunakan panel IPS namun resolusi yang sudah Full HD+ bisa menampilkan gambar lebih halus dan tajam. Saya merasa nyaman saat menonton film di Netflix dan sangat menikmati trailer film-film terbaru yang akan rilis.

Layarnya juga sangat responsif, karena realme Narzo 50 5G dibekali refresh rate 90Hz dengan touch sampling rate 180Hz. Layar ini bisa mendeteksi sentuhan dengan baik dan pergerakannya sangat smooth.

Tapi yang harus diingat, penggunaan layar di refresh rate 90Hz akan memberi pengaruh pada penggunaan daya baterai. Untuk lebih menghemat baterai baiknya atur setingan layar ke mode ‘auto’, dimana layarnya akan otomatis mengubah setingan dari 60Hz ke 90Hz mengikuti konten yang ditampilkan.

Kamera

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Masuk ke sektor kamera. Narzo 50 5G memang hanya dibekali dua kamera belakang saja yaitu sensor utama 48 MP (f/1.79) dan sensor B&W (hitam putih) yang beresolusi 2 MP. Artinya tidak ada lensa ultra wide yang umum bisa ditemukan pada hp keluaran terbaru.

Meski konfigurasi kameranya terkesan standar, tapi kualitas hasil foto yang ditawarkan bisa diandalkan kok. Apalagi banyak mode pemotretan yang bisa digunakan, mulai dari Portrait, Street, Night mode hingga mode manual. 

Hasil foto normal menggunakan sensor 48 MP cukup tajam dan detail. Begitu pula foto portraitnya terbilang rapi untuk ukuran hp dikelasnya, termasuk hasil foto menggunakan night mode yang bisa meredam noise.

Berikut adalah beberapa hasil foto di kamera Narzo 50 5G :

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang PowerfullHasil foto mode Portrait
Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang PowerfullHasil foto night mode

Performa

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, seri realme Narzo memang lebih menonjolkan pada performa. Itu sebabnya, Narzo 50 5G dibekali prosesor MediaTek Dimensity 810 5G yang cukup powerfull di kelas menengah. 

Chipset octa core ini sendiri mengadopsi proses produksi 6nm yang memadukan dua inti Arm Cortex-A76 'Big' dengan kecepatan 2.4GHz. Dibandingkan dengan Dimensity 720 generasi terakhir, kinerja inti tunggal CPU Dimensity 810 meningkat sebesar 16% dan frekuensi utama CPU meningkat sebesar 20%.

Dari hasil pengujian benchmark, skor yang didapat Narzo 50 5G cukup mengesankan. Untuk skor Antutu v9 hasilnya adalah 393.136, lalu Geekbench 5 skornya adalah 598 (single) dan 1792 (multi). Sedangkan menggunakan 3DMark Wild Life skor akhirnya 1.333.

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Prosesor ini pun cukup mumpuni untuk memainkan game yang punya grafis berat. Pada game PUBG aman dimainkan pada setingan HD - High  atau Smooth - Ultra. Lalu game Genshin Impact lancar dimainkan di setingan lowest hingga low.

Kemampuan multitasking di Narzo 50 5G jangan diragukan. Berbekal RAM 6 GB ditambah fitur RAM expansion hingga 5 GB pastinya sudah lebih dari cukup untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Ruang penyimpanannya pun besar sudah berkapasitas 128 GB.

Baterai

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Baterai juga menjadi unggulan di realme Narzo 50 5G. Kapasitas baterainya mencapai 5.000 mAh yang di dukung mode hemat di daya. Sangat aman untuk beraktivitas seharian penuh hanya dengan satu kali pengisian baterai.

Untuk jelasnya, berikut daya baterai untuk beberapa penggunaan tertentu :

  • Menonton video Youtube HD selama 1 jam baterainya turun 9-10 persen
  • Main PUBG selama 30 menit baterainya turun sekitar 5-6 persen
  • Main Genshin Impact selama 30 menit baterainya turun 10-11 persen

Hp Narzo ini sudah didukung teknologi pengisian daya 33W SuperDart. Dimana baterainya akan terisi hingga 50 persen dalam waktu 30 menit saja.

Sedangkan untuk terisi penuh hingga 100 persen butuh waktu selama 1 jam 15 menit. Yang menarik, realme masih tetap menyediakan kepala charger di dalam paket pembelian.

Fitur

Review realme Narzo 50 5G: Hp 5G Terjangkau yang Powerfull
Narzo 50 5G juga dibekali beragam fitur menarik. Seperti memiliki speaker stereo ganda yang kualitasnya sangat baik. Audio yang dihasilkan terdengar cukup keras dan jernih. Masih enak didengar untuk mendengarkan musik bersama keluarga atau teman.

realme juga masih menyediakan port jack audio 3.5mm, dan ini sangat berguna bagi pengguna yang lebih suka menggunakan earphone kabel untuk mendengarkan musik atau video.

Selain itu, Narzo 50 5G juga sudah memiliki fitur NFC yang jarang ditemukan pada hp dikelasnya. Fitur NFC ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran digital atau yang paling umum adalah untuk mengecek dan mengisi saldo emoney.

Sedangkan untuk antarmuka, Narzo 50 5G berjalan dengan Realme UI 3.0 berbasis Android 12. Tampilannya sangat ramah pengguna sehingga mudah dimengerti.

Sayangnya banyak bloatware atau aplikasi pihak ketiga bawaan yang bisa mengurangi memori perangkat. Meski demikian, kita masih bisa menghapus instalan aplikasinya.

Kesimpulan

Melalui seri Narzo, realme memang sedikit tampil beda. Lebih mengedepankan performa, tapi tetap memberikan sesuatu yang lebih di fitur-fitur lainnya.

Kamera misalnya, meski awalnya terkesan standar karena hanya punya dua sensor tapi hasil fotonya diluar perkiraan. Sangat bisa diandalkan untuk mengabadikan momen penting, atau bisa buat pamer di sosmed.

Dan bicara performa, Narzo 50 5G memang sangat mumpuni untuk hp dikelasnya. Cocok untuk pengguna yang mencari hp 5G dan memiliki performa yang apik untuk aktivitas harian hingga gaming.

Jika tertarik, harga realme Narzo 50 5G dibanderol Rp 3.299.000 dan akan dijual secara merata mulai 4 Juni 2022.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 12
Ukuran Layar 6.6 inch
Screen Resolution 1080 x 2408 Pixel
Detail Prosesor MT6833P Dimensity 810 (6 nm)
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 48 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 2 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB Type-C
NFC Ya
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1830 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.