Diperbaharui pada Senin, 4 Juli 2022 | 14:45

Review realme GT Neo 3T: Performa Cepat, Charging Kilat

Review realme GT Neo 3T
Sejak pertama kali diperkenalkan awal Juni 2022 lalu, realme GT Neo 3T cukup menyita perhatian saya. Walau menunggu agak lama, akhirnya saya berkesempatan untuk melakukan review realme GT Neo 3T ini.

Yang paling membuat penasaran saya adalah keberadaan teknologi fast charging 80W SuperDart Charge di hp realme ini. realme menyebut baterai GT Neo 3T dapat terisi hingga 50 persen hanya dalam waktu 12 menit. Dan di klaim sebagai hp dengan charging tercepat di segmennya.

Tidak itu saja, realme GT NEO 3T juga dibekali spesifikasi yang tidak kalah mumpuni. Punya layar AMOLED yang mendukung refresh rate 120 Hz, ditenagai prosesor sekelas flagship hingga sistem pendingin apik.

Nah, untuk melihat kemampuannya secara langsung, saya akan coba membagikan pengalaman saya selama menggunakan langsung hp realme terbaru ini.

Review realme GT Neo 3T

Berikut hasil review realme GT Neo 3 T :

Desain

Review realme GT Neo 3T
Awalnya saya berharap bisa mereview unit realme GT Neo 3T warna Dash Yellow. Penasaran dengan tampilannya yang punya desain bendera racing balap mobil. Sayangnya, unit yang masuk ke meja redaksi ternyata realme GT Neo 3T dengan warna Shade Black.

realme sendiri memang menghadirkan dua pilihan warna untuk pasar Indonesia, yaitu Dash Yellow dan Shade Black. Khusus warna Dash Yellow memang cukup menarik, karena terinspirasi oleh bendera racing balap mobil. Dimana desain GT NEO 3T mewakili kecepatan (sprint) dan kemenangan (victory).

Sedangkan untuk warna Shade Black tampil polos tanpa adanya desain yang serupa. Tapi bagi saya tetap menarik, hanya soal selera saja. Bagi yang suka tampil beda, realme GT Neo 3T Dash Yellow bisa jadi prioritas. Sementara yang suka tampilan simpel, warna Shade Black merupakan pilihan yang pas. 

Terlepas dari itu, realme mendesain belakang GT Neo 3T sedikit melengkung hingga batas bingkai samping. Membuatnya cukup nyaman saat berada di genggaman, karena lengkungan akan mengikuti pola telapak tangan saat memegang.

Review realme GT Neo 3T
Warna hitamnya tidak pekat dan terasa agak sedikit licin. Beruntungnya tidak memunculkan sisa jejak sidik jari, meskipun akan terlihat dalam jarak yang lebih dekat. Jika benar-benar ingin bersih bisa menggunakan softcase yang sudah disediakan realme dalam paket penjualan.

Selain aman dari bekas sidik jari, menggunakan softcase juga bisa mengurangi resiko dari goresan saat meletakkan perangkat di permukaan yang kasar. Apalagi bagian kompartemen kamera yang cukup menonjol keluar sehingga rawan tergores. Jadi ini merupakan solusi terbaik.

Penempatan port juga tidak ada yang berbeda dari hp realme lainnya. Tombol power ditempatkan di sebelah kanan yang bisa diakses menggunakan ibu jari. Bagian kiri ada tombol volume, sedangkan bagian bawah berjajar konektor USB-C, speaker, dan port kartu SIM.

Yang harus dicatat, baki kartu SIM hanya menyediakan dua slot tanpa ketersediaan ruang untuk microSD. Tidak perlu khawatir, karena penyimpanan internat di realme GT Neo 3T sudah cukup besar kok. 

Untuk pengamanan, realme menggunakan sensor fingerprint di dalam layar. Sensor ini punya kinerja yang sangat baik, cukup responsif dalam memindai sidik jari sehingga kunci layar bisa terbuka dalam waktu yang cukup cepat.

Layar

Review realme GT Neo 3T
Layar merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan realme GT Neo 3T. Hp realme terbaru ini menggunakan panel layar AMOLED 120Hz E4. Panel E4 ini menunjukkan generasi baru bahan yang digunakan Samsung sebagai manufaktur untuk membuat tampilan Diode Pemancar Cahaya Organik. 

Bahan yang menghasilkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi, kontras yang ditingkatkan dan akurasi warna, sekaligus menghemat daya dalam prosesnya. Panel 6.62 inci AMOLED E4 yang digunakan realme GT NEO 3T beresolusi 1.080 x 2.400 piksel.

Layarnya mendukung ruang warna DCI-P3 dan HDR10+, yang mendapatkan nilai A+ dari DisplayMate. Kecerahannya dapat disesuaikan dengan mulus dalam total 8.192 tingkatan dan mencapai puncak pada 1.300 nits. Dengan refresh rate tinggi, mampu hasilkan visual yang juga mulus pada setiap gerakan.

Saya merasa cukup nyaman beraktivitas dengan layar ini, mulai dari browsing, chating, menonton bahkan hingga gaming. Tidak ada keluhan yang dirasakan selama saya melakukan pengujian perangkat ini.

Menggunakannya diluar ruangan untuk membaca berita online maupun melakukan video call masih cukup nyaman. Saya juga masih bisa mengatur mode warna pada layarnya. Pilihannya ada mode vivid, natural hingga pro mode. 

Untuk tampilan warna yang lebih kaya bisa memilih mode vivid atau mode Pro mode dengan opsi Brilliant. Sedangkan untuk warna yang natural pilihannya mode Natural dan mode Pro dengan opsi Cinematic. Semua bisa disesuaikan dengan aktivitas yang sedang dilakukan. 

Scroling menu juga lancar berkat tingkat refresh rate yang mencapai 120Hz. Tapi saya mengatur setingan layar dalam mode otomatis. Dimana layarnya akan menyesuaikan refresh rate layar dengan aplikasi yang dijalankan. Ini akan lebih menghemat daya baterai.

Apalagi di seting hingga 120Hz pun juga akan terasa sia-sia, karena sampai saat ini masih sulit menemukan game yang sudah mendukung refresh rate layar 120Hz.

Kamera

Review realme GT Neo 3T
realme GT Neo 3T dibekali tiga kamera belakang da satu kamera depan. Untuk konfigurasi kamera belakangnya terdiri dari sensor utama 64 MP dengan aperture f/1.8, ultrawide 8 MP (f/2.3) dan makro 2 MP.

Menu kamera tidak berbeda dari hp realme sebelumnya, cukup geser kekanan atau kiri untuk memilih mode kamera yang diinginkan. Pilihannya ada mode Photo (ultrawide), video, street, night, portrait, 64 MP dan opsi lainnya.

Dimana pada bagian "Lainnya" mengakomodasi mode ultra macro, panorama, movie, slo-mo, time lapse, dual-view video hingga mode Pro yang memungkinkan kita mengontrol manual ISO, eksposur, fokus, white balance dan kecepatan rana.

Kamera utama GT Neo 3T yang memiliki resolusi 64 MP memiliki kualitas yang sangat baik. Di luar ruangan dengan kondisi cahaya melimpah hasilnya fotonya cukup memuaskan. Foto terlihat detail dengan warna yang tidak over.

Berikut hasil foto kamera realme GT Neo 3T mode 64 MP :

Review realme GT Neo 3T: Performa Cepat, Charging Kilat-5Mode 64 MP dengan AI aktif
review realme gt neo 3tMode 64 MP dengan AI tidak aktif

Lalu saat berada di dalam ruangan memang ada sedikit penurunan, terutama untuk ketajamannya. Meski demikian penurunannya tidak terlalu signifikan, masih sangat aman untuk diposting di media sosial.

Oiya, di mode 64 MP ini tidak ada fasilitas zoom, jadi kita harus bergerak maju atau mundur untuk mendapatkan foto close up maupun foto jarak jauh.

review realme gt neo 3tFoto indoor
review realme gt neo 3tFoto mode portrait
review realme gt neo 3tFoto night mode

Lanjut ke kamera kedua yang menggunakan sensor ultra wide. Tingkat resolusinya hanya 8 MP yang cukup kontras dengan kamera utama. Jadi cukup wajar bila hasil fotonya tidak setajam dan sedetail kamera utama.

Untuk hasil foto yang terbaik usahakan jarak antara kamera dengan subjek tidak terlalu jauh. Meski tidak sebagus kamera utama, namun dalam jarak yang ideal kita masih bisa menjaga ketajaman fotonya.

review realme gt neo 3tFoto ultrawide

Sementara untuk perekaman videonya, kamera utama dapat merekam video 4K hingga 60fps, sedangkan ultrawide hanya terbatas pada perekaman 1080p. Oiya, realme juga menyediakan mode Movie yang menawarkan kontrol manual saat merekam video. Ibaratnya mode pro saat memotret.

Yang membedakan perekaman mode Movie dengan video standar adalah kita bisa mengubah ISO dan juga shutter speed saat proses perekaman. Tapi mode Movie ini tidak memiliki fitur zoom seperti pada video biasa.

Performa

Review realme GT Neo 3T
Masuk ke performa. Realme GT Neo 3T ditenagai prosesor powerful kelas flagship dari Qualcomm yaitu Snapdragon 870 5G yang hadir dengan CPU Kryo 585 hingga 3.2GHz dan GPU Adreno 650.

Chipset ini dikombinasikan dengan kapasitas RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Konfigurasi yang cukup apik, multitasking lancar dan bisa memberikan performa lebih dari cukup untuk aktivitas sehari-hari, termasuk gaming.

Dari hasil pengujian benchmark, skor yang didapat hp realme ini cukup menyakinkan. Skor Antutu v9 GT Neo 3T mencapai 712.555 (hasil bisa berbeda-beda, dari hasil pengamatan saya skor Antutu v9 tertinggi untuk realme GT Neo 3T mencapai 820.539). 

Lalu pengujian benchmark dengan 3DMark Wild Life skornya mencapai 4280 dan Geekbench 5 skor yang diperoleh yaitu 997 (single core) dan 2724 (multi core).

Review realme GT Neo 3T
Lanjut ke performa gaming. Di game Mobile Legend setingan grafis Ultra dan frame rate High dtabil di 60 fps. Begitu di Apex Legend setingannya bisa tembus di grafis ExtremeHD dengan frame rate Ultra dan permainan bisa berjalan lancar di 60 fps. Sedangkan mencoba bermain Genshin Impact juga lancar tanpa hambatan, di setingan Medium masih bisa dapat 50-60 fps.

Yang menarik, realme GT NEO 3T dilengkapi dengan Stainless Steel Vapor Cooling (VC) System Plus, mengadopsi struktur pembuangan panas 8-lapis yang mencakup bahan konduktif termal terkuat di alam untuk menutupi sumber panas inti 100%. 

Area VC yang lebih besar dengan rangka tengah bahan paduan konduktivitas termal tinggi memberikan efisiensi pembuangan panas yang lebih tinggi. Teknologi ini akan mengurangi rasa panas berlebih saat bermain game maupun aktivitas berat lain.

Baterai

Review realme GT Neo 3T
Kekuatan lain di realme GT Neo 3T ada pada baterai dan fitur fast charging yang didukungnya. Baterainya sendiri cukup besar berkapasitas 5000mAh. Tidak hanya besar tapi juga menggunakan teknologi yang aman.

realme GT NEO 3T mengadopsi struktur dual-cell, mengurangi penurunan efektivitas kapasitas baterai dan memastikan daya tahan baterai setelah penggunaan jangka panjang. Soal keamanan, realme GT NEO 3T sudah mendapat Sertifikasi Sistem Pengisian Cepat dan Aman dari TÜV Rheinland.

Baterai ini memiliki daya tahan yang bisa diandalkan. Menonton video Youtube dengan resolusi Full HD 1080p pada setingan 120Hz selama 30 menit baterainya turun sebesar 6 persen. Sedangkan di turunkan ke 60 Hz baterainya hanya berkurang 4 persen.

Kemudian bermain game super berat seperti Genshin Impact selama 30 menit baterainya hanya turun sekitar 9 persen. 
Yang paling menarik adalah realme GT Neo 3T didukung oleh teknologi pengisian daya 80W SuperDart Charge. Dimana baterai 5000 mAh di GT Neo 3T dapat terisi hingga 50% dalam waktu 12 menit saja.

Sangat berguna saat kita tidak memiliki banyak waktu untuk mengisi ulang baterao. Dan baterainya akan benar-benar terisi penuh 100 persen dalam waktu 40 menit.

Sebagai informasi tambahan, hp ini dibekai mode direct charging dan memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi hingga 99%. Serta perlindungan chip Smart Multi-IC membuat proses pengisian baterai lebih aman dan efisien.

Kesimpulan

Review realme GT Neo 3T
Sebagai informasi, sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, realme GT Neo 3T dan realme GT Neo 3 berhasil mencatat penjualan lebih dari 2000 unit selama masa pre order. Artinya sambutan terhadap hp ini cukup positif.

Hal ini cukup wajar apalagi jika melihat kemampuannya. hp realme terbaru ini punya layar yang tajam dan responsif dengan penggunaan panel AMOLED, resolusi Full HD+ serta sudah mendukung refresh rate 120Hz.

Kamera realme GT Neo 3T memang bukan yang terbaik, tapi dengan resolusi 64 MP serta didukung mode pemotretan yang bervariasi masih oke untuk mengabadikan momen pribadi.

Secara kinerja, performa Sanpdragon 870 tidak usah diragukan lagi. Game seberat Genshin Impact masih bisa dimainkan dengan lancar. Dan fitur 80W Super Dart Charge akan menjadi daya tarik utama di hp realme ini.

Dengan banderol harga 5 jutaan, realme GT Neo 3T bisa menjadi salah satu opsi yang harus masuk dalam daftar pembelian.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 12
Ukuran Layar 6.62 inch
Screen Resolution 1080×2400 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 870 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 64 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
USB Type-C
NFC Ya
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1830 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.