Diperbaharui pada Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:15

Review realme Narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan

Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
realme Narzo 50i Prime merupakan keluarga baru dari lini Narzo 50 series. Dibanderol harga hanya Rp 1 jutaan, hp realme terbaru ini menyasar pada segmen anak muda yang ingin punya dana terbatas.

Meski dipasarkan dengan harga terjangkau, bukan berarti Narzo 50i Prime dibuat sembarang. realme sendiri mengemas si Narzo 50i Prime dengan desain baru kekinian yang disebut Vertical Stripe Design. Bahkan melihat desainnya tidak seperti hp 1 jutaan pada umumnya.

Beberapa spesifikasi realme Narzo 50i Prime juga cukup menarik seperti mengusung layar IPS 6,5 inci, ditenagai chipset Unisoc Tiger T612 terbaru yang disokong opsi RAM 3 GB dan peyimpanan 32 GB serta RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB hingga baterai besar 5000 mAh.

Selain itu, khusus penyimpanan internalnya, hp ini menggunakan teknologi flash storage UFS 2.2 yang punya kecepatan baca dan tulis data 3 kali lebih cepat daripada eMMC 5.1.

Untuk mengetahui performanya, saya akan coba memberikan pengalaman selama menggunakan hp 1 jutaan dari realme ini.

Review realme Narzo 50i Prime

Berikut hasil review realme Narzo 50i Prime yang sudah saya gunakan selama beberapa hari.

Desain

Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
Secara desain, Narzo 50i Prime mengusung desain flat (dengan sedikit lengkungan pada bagian bingkai) pada layar dan bagian belakang, yang kini banyak diterapkan hp keluaran terbaru.

Namun, bagi saya yang biasa menggunakan hp dengan desain melengkung di bagian belakang desain flat ini memang agak sedikit canggung. Seperti ada yang mengganjal saat digenggam, terutama di bagian tepi.

Tapi ini hanya masalah kebiasaan saja, setelah beberapa hari digunakan saya mulai terbiasa dengan bentuknya. Apalagi realme juga mengusung desain baru yang disebut Vertical Stripe Design.

Desain ini dibuat berdasarkan susunan halus dari tekstur yang tertata rapi yang mencerminkan kesempurnaan dari garis tersebut. Saat terkena cahaya akan muncul efek yang menarik, seperti garis yang saling menyilang.

Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
Permukaan belakang tidak licin karena memiliki tekstur sedikit kasar dan yang terpenting tidak meninggalkan jejak sidik jari.

Khusus kompartemen untuk modul kamera secara visual memiliki ukuran yang cukup besar tanpa diberi tekstur. Sudut-sudutnya membulat dengan bodi yang cukup ramping, dengan ketipisan 8,5 mm. Bobotnya pun ringan, hanya berkisar 182 gram saja.

realme narzo 50i Prime sendiri hadir dalam 2 varian warna yaitu Dark Blue (unit yang saya review) dan Mint Green. Secara umum, bagi saya tampilan realme Narzo 50i Prime ini terlihat mewah untuk ukuran hp dikelasnya.

Layar

Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
realme narzo 50i Prime hadir dengan layar IPS berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 pixel) serta rasio layar 88,7%. Konfigurasi ini adalah hal biasa untuk ukuran hp di kisaran harga 1 jutaan.

Tidak ada masalah yang berarti pada layar di hp realme terbaru ini. Layar sentuhnya cukup responsif saat menggeser-geser menu. Untuk keluaran warnanya, realme menyediakan 3 pilihan mode yaitu Standar, Warm dan Cool.

Pilihan tergantung pada kebutuhan saja. Untuk penggunaan sehari-hari rasanya pilihan warna standar lebih pas. Sedangkan mode cool lebih cenderung ke warna biru.

Namun ketika ingin membaca dalam durasi yang lama seperti browsing berita bisa menggunakan mode Warm dengan temperature warna yang lebih kuning, sehingga mata tidak cepat lelah.

Satu hal yang menurut saya terasa kurang adalah tingkat kecerahan layar Narzo 50i Prime masih belum optimal. Bahkan tingkat kecerahannya akan menurun jika dilihat dari sudut miring. Untuk mendapatkan kecerahan yang ideal saya harus menaikkan level hingga 50 persen. 

Tidak perlu khawatir, karena realme Narzo 50i Prime menyediakan fitur video display enchancement. Dimana saat fitur ini aktif bisa meningkatkan kecerahan dan membuat warna lebih cerah. Beberapa aplikasi yang sudah didukung mencakup Youtube, Photos, dan file dari Google.

Kamera

Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
Lanjut disisi kamera. Disini realme hanya menempatkan satu kamera saja dibelakang. Kamera ini sendiri memiliki kapasitas resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0. Memang bukan tingkat resolusi yang ideal, namun masih cukup untuk mengabadikan momen.

Beberapa mode kamera yang disediakan mencakup video, foto, portrait, pro, panorama, time lapse dan night mode. Di cahaya melimpah pada siang hari hasil foto kameranya bisa diandalkan untuk diposting di media sosial, terlihat cerah dan lumayan detail.

Begitu pula saat memotret di dalam ruangan atau menggunakan noght mode, meski ketajaman detailnya rendah namun kecerahannya masih cukup baik. Untuk perekaman video memiliki mencapai 30 fps dengan resolusi tertinggi adalah Full HD. Meski kamera cukup untuk memotret, tetapi jangan terlalu berharap lebih yaa.

Beralih ke kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP. Kamera ini juga bisa menghasilkan foto selfie yang baik saat di kondisi cahaya yang baik pula.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil foto kamera realme Narzo 50i Prime :

Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain MenawanNight mode

Performa

Bagaimana performanya? Realme Narzo 50i Prime sendiri diotaki chipset Unisoc Tiger T612. Bagi yang belum tau, Unisoc merupakan perusahaan asal China yang memproduksi chipset dengan nama Unisoc.

Dulu, chipset Unisoc dikenal dengan Spreadtrum sebelum diakuisisi oleh Tsinghua Unigroup. Lalu Unisoc T612 sendiri masuk ke dalam kategori SoC (System on Chip) untuk hp entry level.

Prosesor ini diperkenalkan pada Mei 2022 dan diproduksi dengan teknologi 12nm besutan TSMC. Unisoc T612 mempunyai konfigurasi Octa-Core yang terdiri dari Dual-Core Cortex-A75 berkecepatan 1,8 GHz dan Hexa-Core Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz.

Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
Dari beberapa sumber, melihat konfigurasinya chipset ini memiliki kinerja yang hampir sama dengan Helio G70. Meski bukan untuk gaming, tapi masih bisa kok untuk memainkan game macam PUBG.

Saat menjajal main PUBG, setingan maksimal bisa mencapai grafis HD dengan frame rate High. Memang agak tersendat di awal, namun setelahnya permainan dapat dimainkan dengan lancar.

Yang gemar game Mobile Legends juga tidak perlu khawatir, game ini juga lancar dimainkan tanpa hambatan. Meski demikian, tetap harus diingat jika konfigurasi ini memilki batas kemampuan.

Sementara itu, saya juga melakukan beberapa tes untuk hasil benchmark, hasilnya adalah sebagai berikut :

  • Antutu v9 : 194.139
  • Geekbench 5 : 347 (single core), 1328 (multi core)
  • PCMark for Android Work 3.0 : 7756

UFS 2.2 dan realme UI R Edition

Review realme narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
Satu hal yang cukup menarik di realme Narzo 50i Prime sudah didukung penyimpanan berteknologi UFS 2.2. Ini merupakan teknologi flash storage yang dapat memberikan kecepatan baca dan tulis data 3 kali lebih cepat daripada eMMC 5.1.

Dan teknologi flash storage UFS 2.2 ini lebih banyak digunakan untuk hp di segmen mid-to-high. Jadi cukup menarik jika realme narzo 50i Prime menggunakan UFS 2.2 yang harganya dikisaran satu jutaan.

Untuk kapasitas penyimpanannya tersedia pilihan sebesar 32 GB serta 64 GB dan masih bisa diperbesar menggunakan kartu microSD.

Dari sisi user interface, hp Narzo ini masih berjalan dengan Android 11 dengan realme UI ‘R Edition’. Dimana UI ini memiliki sedikit perbedaan dari realme UI pada umumnya.

Salah satunya tidak memiliki fitur Mode Game yang bisa memaksimalkan performa perangkat saat bermain game. Fitur lain yang juga tidak ada di realme UI ‘R Edition’ adalah Split Screen. Jadi kita tidak bisa membagi layar untuk dua aplikasi yang berbeda.

Selain fitur-fitur tersebut, secara umum UI di Narzo 50i Prime tidak berbeda secara signifikan. 

Baterai

 Namun di sisi lain, hadirnya kamera pendukung seperti kamera makro dan kamera depth yang umumnya hanya dibekali dengan resolusi kecil (di hp dengan rentang harga yang sama) rasanya juga tidak memberikan banyak kelebihan.  Jadi keputusan realme mengusung satu kamera bisa dibilang wajar-wajar saja.
Dari sisi baterai, Narzo 50i Prime dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Cukup besar untuk menemani aktivitas sehari-hari. Berdasarkan hasil pengujian realme Lab, realme narzo 50i Prime dapat bertahan selama 45 hari dalam keadaan standby.

Baterai ini juga dapat memutar audio terus menerus selama 102 jam. Digunakan menotnon video Youtube HD selama 1 jam baterainya berkurang 7 persen. Lalu main game PUBG selama 30 menit baterainya turun sekitar 5-6 persen.

Sayangnya, realme tidak menyertakan kepala charger dalam paket penjualannya dan hanya dibekali pengisian daya 10W serta masih menggunakan micro USB.

Saat diisi ulang menggunakan charger 2.0A, baterainya terisi 21 persen dalam waktu 30 menit. Lalu menjadi 40 persen dengan waktu pengisian 60 menit. Dan benar-benar terisi penuh dalam waktu 2 jam 50 menit.

Kesimpulan

Review realme Narzo 50i Prime: Hp Sejutaan dengan Desain Menawan
Untuk ukuran hp 1 jutaan, realme Narzo 50i Prime memiliki tampilan yang tidak biasa dengan desainnya yang menarik. Cocok untuk anak muda yang ingin bergaya namun punya dana terbatas.

Meski berbekal satu kamera saja juga tidak serta mengurangi daya tarik hp realme ini. Dan menurut saya masih cukup wajar jika melihat harganya.

Yang menarik tentu saja keberadaan memori UFS 2.2 nya yang bisa memberikan kecepatan yang baik. Saya juga tidak ragu dengan kemampuan baterai 5000 mAh yang digunakannya. Namun memang akan lebih apik lagi seandainya realme melengkapinya dengan charger.

Bagi yang tertarik, berikut harga realme Narzo 50i Prime di Indonesia :

  • realme Narzo 50i Prime RAM 3 GB/ 32 GB : Rp 1.399.000 (normal) dan menjadi Rp 1.299.000 saat flash sale (mulai tanggal 23-31 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB di Lazada, Akulaku, Blibli, Tokopedia, Tiktok, realme.com
  • realme Narzo 50i Prime RAM 4 GB/ 64 GB : Rp 1.699.000 (normal) dan menjadi Rp 1.549.000 saat flash sale (mulai tanggal 23-31 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB di JD.id dan realme.com)

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 11
Ukuran Layar 6.5 inch
Screen Resolution 720 x 1600 Pixel
Detail Prosesor Tiger T612 (12 nm)
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 8 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya -
Resolusi Kamera Depan 5 MP
USB microUSB, USB OTG
NFC Tidak
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2077 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.