Diperbaharui pada Kamis, 14 April 2022 | 14:10

Review realme 9 4G: Kameranya Cakep, Baterai Awet

Review realme 9 4G
realme kembali memperkenalkan hp terbaru mereka yaitu realme 9 4G untuk pasar Indonesia. Hp realme terbaru ini melengkapi seri yang sudah rilis lebih dulu yaitu realme 9 Pro dan realme 9 Pro+.

Secara desain masih mirip-mirip, bedanya di dua seri sebelumnya sudah mendukung jaringan 5G, dan realme 9 4G masih menggunakan koneksi 4G. Meski demikian, realme 9 tetap dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni.

Beberapa fitur unggulan hp realme ini mencakup penggunaan chipset Snapdragon 680, layar Super AMOLED dengan refresh rate 90hz, kamera beresolusi 108 MP hingga baterai besar dengan fast charging 33W.

Harga realme 9 4G sendiri dibanderol mulai 2 jutaan (varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB), masih cukup worth it jika melihat spesifikasi yang ditawarkan. Untuk lebih meyakinkan, saya akan coba melakukan review realme 9 4G langsung.

Simak ulasannya di bawah ini.

Review realme 9 4G

Setelah penggunaan beberapa hari, berikut hasil review 9 4G :

Isi Kotak realme 9 4G

Review realme 9 4G
realme 9 4G terbungkus dalam sebuah kotak berwarna kuning dengan list hitam dibagian bawahnya. Bagian depan terdapat angka ‘9’ yang lumayan besar dengan tulisan ‘realme’. Begitu pulsa di sisi samping hanya ada tulisan realme 9 dan realme.

Sedangkan bagian belakangnya terdapat beberapa informasi terkait produk, seperti fitur unggulan, kapasitas RAM dan ROM dan beberapa informasi lainnya. Jadi kita bisa memastikan bahwa varian yang diterima sesuai.

Didalamnya tentunya ada unit realme 9 4G yang terbungkus plastik, sebuah kotak tipis (berisi soft case transparan, buku panduan serta SIM ejector), kabel data dan juga kepala charger. 

Oiya, untuk kepala charger bawaan ini sudah memiliki kapasitas output hingga 33W. Cukup menarik, mengingat saat ini beberapa vendor sudah tidak menyertakan charger di dalam paket penjualannya.

Desain

Review realme 9 4G
Setelah membongkar isi kotak penjualan realme 9 4G, sekarang saya akan mulai membahas sisi desainnya. Bagian depan realme 9 4G mengusung konsep layar punch hole dengan sebuah lubang di pojok kiri atas layar.

Bukan lubang biasa, tapi berisi kamera depan yang memiliki resolusi 16 MP (akan saya ulas di sesi uji kamera). Di bagian sisinya saya menemukan satu hal yang berbeda, dimana realme menempatkan tombol power dan tombol volume di lokasi yang berbeda.

Jika di generasi sebelumnya (realme 8) tombol power dan volume berada di posisi yang sama (samping kanan) kini di realme 9 4G tombol volume berpindah posisi di samping kiri dan tombol power tetap di kanan.

Menurut saya, posisi ini memberi kemudahan saat ingin screenshoot layar. Dimana proses screenshoot yang mengombinasikan tombol power dan volume bawah bisa dilakukan dengan satu tangan saja (menggunakan jempol dan jari manis atau jari tengah).

Untuk port yang lain ada SIM card (diatas tombol volume), serta jack audio 3,5mm, speaker dan port type C (bagian bawah). Kita tidak akan melihat sensor sidik di bagian bodi, karena realme 9 4G menggunakan fingerprint in display (di dalam layar). Saat dicoba, sensor sidik jarinya bekerja sangat cepat untuk membuka  kunci layar.

Review realme 9 4G
Lanjut ke bagian belakang. realme selalu mengemas produk mereka dengan menarik. Dimana case belakang realme 9 4G dibuat melalui 6 lapisan pengerjaan dan realme pertama kalinya menggabungkan Plasma Atom-coating Process dan UV-nano Imprinting Process untuk menciptakan tekstur 3D bergelombang.

realme 9 dilapisi dynamic 3D ripple texture yang diciptakan melalui proses Plasma Atom-coating dan UV-Nano Imprinting yang inovatif. Dengan teknik tersebut, mampu menampilkan desain dengan efek cahaya bergelombang seperti ombak.

Jadi saat terkena pantulan cahaya matahari maka warna realme 9 akan berubah. Bias cahaya dan bayangan di tangan pun mampu menampilkan efek ombak.

Teknologi ini cukup menarik dan inovatif untuk ukuran hp harga 2 jutaan. Apalagi dengan bobot 178g dan ketebalan hanya 7.99mm, realme 9 sangat nyaman ketika digenggam.

Layar

Review realme 9 4G
realme 9 4G dibekali layar Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci dan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 pixel. Dengan komposisi ini layarnya mampu menampilkan gambar dengan tajam dan cukup detil.

Menikmati konten video di Youtube atau menonton film di Netflix terasa nyaman di mata karena warnanya cukup kaya. Apalagi kita juga bisa mengatur keluaran warna layarnya di menu seting. Pilihannya ada Vivid, Natural dan Pro Mode.

Semua pilihan mode layar yang ada menawarkan kualitas yang baik. Jika ingin warna yang cerah bisa memilih mode layar Vivid, atau mau standar pilihannya Natural.

Sedangkan Pro Mode menyediakan dan opsi yaitu Cinematic (display P3 mode) dan Brilliant dengan color gamut lebih luas. Cocok untuk yang suka melihat layar dengan warna yang lebih ngejreng.

Layar realme 9 4G juga sudah mendukung refresh rate 90Hz (90 frame per detik) yang memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan layar 60Hz. Sehingga bisa menyuguhkan visual yang halus dan tajam.

Di dukung dengan touch sample rate 360Hz membuat sentuhan dan proses scrolling saat browsing di layar semakin halus.

Oiya, layar realme 9 4G ini juga sudah memiliki tingkat kecerahan hingga 1000 nits yang diklaim layarnya masih bisa dilihat saat berada di luar ruangan. Walau nyatanya saya harus menaikkan brightness layar diatas 50 persen agar layarnya dapat dilihat saat terkena sinar matahari.

Terlepas dari itu, realme 9 4G sudah memberikan proteksi layar dengan Corning Gorilla Glass 5. Menurut klaim Corning, Gorilla Glass 5 dapat mengurangi resiko keretakan hingga 80% meski jatuh dari ketinggian 1 meter diatas permukaan yang sangat keras.

Meski saya belum mengujinya secara langsung, setidaknya ini bisa memberi perlindungan ekstra jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

realme UI 3.0

Review realme 9 4G
Realme 9 4G berjalan dengan realme UI 3.0 yang sudah berbasis Android 12. realme UI 3.0 memperkenalkan tampilan baru yang lebih segar dengan desain Fluid Space dan Sketchpad AOD.

UI juga mengusung sederet fitur baru yang lebih personal, perlindungan yang lebih baik dan peningkatan di seluruh sistem. Akan sangat panjang jika saya membahas fitur-fitur yang ada di realme UI 3.0.

Namun ada beberapa saya anggap cukup menarik. Salah satunya fitur floating window 2.0. Fitur ini memungkinkan saya membuka 2 aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Kini menonton Youtube sambil chat via WA menjadi dua aktivitas yang bisa saya lakukan bersamaan.

Ada juga fitur Smart Sidebar yang menawarkan akses cepat ke beberapa tools atau aplikasi yang sering digunakan. Posisinya ada di samping kanan dan bisa dibuka dengan menggesernya ke arah kiri.

Fitur lainnya adalah pengukuran detak jantung. Untuk menggunakannya masuk ke menu realme Lab dan pilih heart rate measurement.

Fitur ini terintegrasi dengan sensor sidik jari dalam layar realme 9 4G yang 98% hasilnya akurat. Cukup letakkan dan tahan jari jempol pada bagian sensor sidik jari, tunggu hingga pengukuran selesai.

Namun yang perlu dicatat, deteksi detak jantung ini bukanlah alat medis yang dapat mendiagnosa lebih lanjut. Fitur ini bisa digunakan hanya sebagai referensi saja. Dan fitur untuk mengukur detak jantung ini  sangat menarik.

Kamera

Review realme 9 4G
Masuk ke bagian kamera. Kamera realme 9 4G terdiri dari kamera utama 108 MP, lensa super-wide 8 MP dan lensa makro 2 MP. Dengan banderol harga 2 jutaan, bisa dibilang realme 9 4G akan menjadi hp dengan 108 MP termurah saat ini.

Salah satu kelebihan dari kamera dengan resolusi 108 MP bisa menghasilkan foto dalam resolusi yang tinggi. Sangat berguna ketika kita melakukan croping foto, karena hasilnya akan tetap bagus.

Untuk kamera utama 108 MP nya sendiri menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 yang memiliki aperture f/1.75. Artinya, selain memiliki resolusi besar juga dibekali bukaan lensa besar yang berguna untuk memotret di kondisi minim cahaya.

Sensor ini juga menggunakan teknologi Nonapixel Plus yaitu teknologi baru 9 in 1. Tidak seperti teknologi 3-average tradisional HM2, teknologi ini benar-benar menggabungkan 9 piksel menjadi satu. 

Dengan begitu, mampu menghasilkan sensitivitas cahaya low-dark light dan fitur noise control capability telah ditingkatkan sehingga menciptakan performa maksimal untuk pemotretan malam hari. Berkat dukungan smart ISO, kecerahan maksimum sensor HM6 meningkat 1,6 kali dalam kondisi minim cahaya.

realme 9 juga menggunakan teknologi ultra-zoom dalam sensor sensor HM6 untuk mengambil foto setara dengan foto yang diambil dengan 3X optical zoom. Dengan penggabungan algoritma mampu membuat hasil foto yang jika diperbesar masih terlihat lebih jelas dan detail.

reaview realme 9 4G
Tapi yang harus diingat, file foto dari jepretan kamera 108 MP ini memiliki ukuran yang besar. Dalam catatan saya, ukuran file foto paling besar menggunakan kamera 108 MP di realme 9 4G ada di kisaran 23 MB.

Lanjut ke kamera kedua yang menggunakan lensa super-wide 8 MP. Kamera ini bisa digunakan untuk mengambil objek dalam sudut lebar. Lensa jenis ini juga cukup membantu memotret banyak orang dalam satu frame meski di ruang yang sempit.

Kamera ketiga merupakan lensa makro yang memiliki resolusi 2 MP. Kamera ini memungkinkan kita memotret dalam jarak yang cukup dekat, sekitar 4cm. Cocok untuk memotret benda-benda kecil atau objek dengan lebih detail.

Kamera realme 9 4G juga dibekali banyak fitur untuk mendukung berbagai macam pemotretan. Salah satunya fitur Street Photography Mode 2.0  yang berisi banyak filter unik dan menarik. 

Di realme 9 4G sudah mendapat pembaruan seperti filter Peak & Zoom dan Pop 90-an. Ada juga fitur Night Mode, Pro, Panorama, Slow mo, time lapse dan lainnya.

Berikut hasil foto kamera realme 9 4G :

Review realme 9 4GHasil foto kamera 108MP realme 9 4G

review realme 9 4gHasil foto portrait realme 9 4G

Review realme 9 4GHasil foto normal realme 9 4G
Review realme 9 4GHasil foto night mode realme 9 4G

Review realme 9 4GHasil foto makro realme 9 4G
review realme 9 4gHasil foto selfie realme 9 4G

Performa

Beralih ke dapur pacu, dimana realme 9 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 680 yang diproses dengan fabrikasi 6nm. Prosesor ini di sokong memori RAM 8 GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Untuk penggunaan harian, konfigurasi ini bisa memberi kinerja yang cukup bisa diandalkan. Beralih antar aplikasi cukup lancar dan cepat, termasuk saat menjalankan beberapa aplikasi pada saat bersamaan (multitasking).

Dari hasil tes benchmark hasilnya cukup bagus. Untuk benchmark Antutu v9 skor yang didapat mencapai 288.354, lalu Geekbench 5 skornya adalah 377 (single) dan 1534 (multi).

Review realme 9 4G

Sedangkan performa gaming, prosesor Snapdragon 680 memang masih bisa diajak untuk memainkan beberapa game, termasuk PUBG. Hanya saja masih terasa kurang maksimal.

Untuk setingan game PUBG sendiri mentok di grafis smooth dan frame rate high atau grafis balance dan frame rate medium. Selama permainan, frame yang didapat berada di kisaran 29-30fps.

Sedangkan game Mobile Legend bisa dimainkan dengan lacar dengan frame rate stabil di 60fps.

Baterai

Review realme 9 4G
Untuk urusan sumber daya, realme 9 4G sudah menanam baterai besar berkapasitas 5000mAh. Selama penggunaan aktif dari pagi hingga malam, baterainya selalu tersisa dikisaran 15-20 persen.

Tapi semua tetap tergantung pada aplikasi yang dijalankan. Beberapa aplikasi yang berat tentu akan menyebabkan penurunan baterai yang lebih cepat, salah satunya game yang haus grafis.

Untuk beberapa aktivitas tertentu, baterainya memberikan daya tahan yang bervariasi. Nonton Youtube Full HD dengan durasi 1 jam, baterainya turun sebesar 6-7 persen. Lalu main game PUBG dengan durasi 30 menit baterainya berkurang 7-8 persen.

Baterai realme 9 4G sudah didukung fitur pengisian cepat 33W Dart Charge. Pengisian selama 30 menit baterainya terisi 49 persen, dan terisi penuh dari 0-100 persen dalam waktu 1 jam 15 menit.

Kesimpulan

review realme 9 4g
Secara umum, kemampuan realme 9 4G bisa menjadi hp harga 2 jutaan yang paling worth it untuk dimiliki. Punya layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Resolusi kamera yang mencapai 108 MP sudah di dukung dengan kaya fitur. Anda bisa mengeksplorasi fitur-fitur kameranya untuk mendapatkan hasil foto yang menarik. 

realme 9 juga sudah di dukung baterai yang memiliki daya tahan lama, plus kemampuan fast charging 33W yang bisa diandalkan. Tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengisi ulang baterainya.

Jika tertarik, harga realme 9 4G RAM 6 GB dan ROM 128 GB dibanderol Rp 2.999.000 saat pre order 14-22 April 2022 dari harga normal Rp 3.399.000.

Sedangkan harga realme 9 4G RAM 8 GB dan ROM 128 GB dipasarkan Rp 3.599.000 secara pre order 14-22 April 2022. Hp realme terbaru ini akan tersedia di seluruh Indonesia 23 April 2022.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 12
Ukuran Layar 6.4 inch
Screen Resolution 1080 x 2400 Pixel
Detail Prosesor SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 108 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
USB Type-C, USB OTG
NFC Tidak
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Simak juga review realme 9 4G di channel Youtube Pricebook dibawah ini :

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1927 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.