Diperbaharui pada Selasa, 27 Desember 2016 | 11:38

Hape Samsung Masih Menjadi yang Terlaris di Indonesia

Tahun 2016 sebentar lagi berakhir. Tentu menarik mengetahui siapa penguasa pasar hape di Indonesia? Apalagi tahun ini cukup banyak produsen yang merilis hape berkualitas premium hingga hape dengan harga murah.

Menyadari hal tersebut, IDC (International Data Corporation) merilis laporan terbaru mengenai total pengiriman hape di Indonesia pada kuartal ketiga 2016. Dalam laporan tersebut tampak pengiriman hape sedikit menurun dari kuartal sebelumnya, tepatnya menurun 7 persen. Namun, angka ini mengalami peningkatan 4 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Untuk data pangsa pasar produsen ponsel Android di Indonesia masih ditempati Samsung di posisi teratas dengan 32,2 persen. Disusul OPPO 16,7 persen, ASUS 8,2 persen, Advan 6 persen, Smartfren 5,7 persen dan vendor lainnya 23,5 persen.

Reza Haryo selaku Senior Market Analyst, Client Devices, IDC Indonesia mengungkapkan, setelah musim puncak lebaran berakhir, para vendor hape menurunkan pengiriman mereka dan lebih berfokus pada peningkatan kinerja penjualan serta bersiap-siap untuk mengantisipasi puncak musim belanja pada kuartal keempat 2016.

Menariknya, hape dengan rentang harga Rp3 juta – Rp4 juta tumbuh secara signifikan di berbagai negara. Sebut saja varian Oppo F1s dan Samsung Galaxy J7 yang cukup laris manis di pasar harga tersebut.

Untuk pasar Indonesia secara keseluruah segmen hape murah dengan kisaran harga Rp1-2 juta tetap laris manis. Hal ini terjadi berkat permintaan untuk ponsel Android 4G di kelas entry-level. Ponsel di kelas ini biasanya menggunakan RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Dalam data IDC, orang Indonesia menggunakan hape untuk fungsi hiburan seperti mengakses media sosial, nonton video streaming, bermain game hingga browsing internet.

Oleh karena itu, permintaan ponsel layar lebar di Indonesia menungkat dari 11 persen pada kuartal ketiga 2015 menjadi 16 persen pada kuartal ketiga 2016. Ponsel yang laris biasanya berasal dari produsen Samsung, OPPO, dan ASUS. Yang menarik, ponsel paling populer ialah Samsung Galaxy J7, Oppo F1s dan Asus Zenfone Selfie.

Baca juga artikel:
Camera 360 Lite Jadi Salah Satu Aplikasi Google Play Terbaik 2016
Inilah Daftar Smartphone Terlaris di Indonesia Selama Kuartal Kedua 2016
17 Smartphone Terlaris dari Berbagai Brand di ITC Roxy dan Blok M Square
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts