Diperbaharui pada Selasa, 20 September 2016 | 14:06

Inilah Daftar Smartphone Terlaris di Indonesia Selama Kuartal Kedua 2016

Pasar smartphone di Indonesia semakin dinamis, setiap minggunya diramaikan oleh merek dan model baru, terlebih karena smartphone LTE semakin diburu banyak peminat.

Disebutkan oleh Counterpoint Research, perkembangan pasar smartphone Indonesia selama kuartal kedua tahun 2016 mengalami peningkatan, dimana pengiriman smartphone dengan teknologi LTE naik sebanyak 900 persen pertahun, hampir 2/3 dari total pengiriman smartphone.

Peningkatan ini didapatkan berdasarkan kontribusi dari E-commerce. Kendati demikian, Counterpoint Research menyebutkan bahwa peran E-Commerce di Indonesia yang memberikan kontribusi hampir 12% dari semua pengiriman smartphone di kuartal tersebut masih lebih rendah ketimbang India.

Sementara itu, persaingan semakin sengit karena banyaknya vendor asal Tiongkok yang bermain di segmen smartphone terus menggempur pasar Indonesia. Hasilnya, smartphone yang didatangkan dari negara tersebut penjualannya terus meningkat hingga 33%.

Sementara itu, ini dia daftar merek smartphone paling laku di Indonesia:

Daftar Merk Smartphone Terlaris

Berdasarkan daftar diatas, Samsung memimpin dengan memegang 22% pangsa pasar di Indonesia. Sementara itu, OPPO naik ke peringkat kedua dengan pangsa pasar 17% pada kuartal kedua tahun 2016.

Kuartal keempat tahun lalu, Asus berada di posisi puncak dalam memimpin pasar smartphone di Indonesia, menggeser Samsung dan OPPO. Sekarang, merek ini masuk posisi ketiga dengan memegang 13,9% pangsa pasar, disusul oleh Evercoss dan perangkat-perangkat smartphone dari Smartfren.

Mengenai daftar model smartphone terlaris, ini dia tabelnya:

Daftar Model Smartphone Terlaris

Sebagaimana tabel diatas, peringkat pertama dan kedua datang dari merek Samsung, yakni seri Galaxy J1 Mini dan Galaxy J2. Kedua smartphone ini menyasar segmen low-end, harga jualnya kurang dari Rp 2 juta.

Yang menarik, OPPO memimpin pasar kelas menengah melalui seri F1, diikuti OPPO Neo 7 yang berada di kelas lebih bawah.

Selanjutnya, Asus masuk dalam rangking lima melalui ZenFone Go yang juga menyasar kalangan bawah, diikuti kembali oleh Samsung lewat seri Galaxy J1 (2016) di posisi keenam.

Secara keseluruhan, 10 smartphone terlaris di Indonesia ini meliputi lima produk dari Samsung, tiga smartphone buatan OPPO dam dua smartphone dari Asus.

Dalam laporan yang sama, Analis Senior Counterpoint Jim Lee mengatakan bahwa disamping peningkatan penjualan smartphone yang terjadi di pasar Indonesia masih ada permasalahkan terkait aturan TKDN yang masih tidak jelas sehingga memperlambat pertumbuhan pasar.

Sementara itu, Analis Senior Tarun Pathak mengatakan bahwa penetrasi pasar smartphone di Indonesia masih di bawah 50% dan sebagian smartphone ini masih menggunakan konektivitas 2G dan 3G.

Perkiraannya, pertumbuhan LTE dalam perangkat dan layanan akan meningkat pesat selama tahun 2016 ini. Hal ini bisa dilihat dari penjualan smartphone LTE yang meningkat 900% selama kuartal kedua tahun 2016 ini, didominasi oleh Samsung, Oppo dan Asus.

Harga smartphone terlaris kuartal 2 2016 

Baca juga artikel:
Duel Ponsel Selfie, Oppo F1 Plus dan Vivo X7 Plus
Smarfren Hadirkan Paket Bundling Samsung Galaxy J1 Ace VE Harga 1,4 Juta Rupiah
Kumpulan Smartphone Selfie Terbaik Harga 3 Juta di Blibli
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts