Diperbaharui Pada Kamis, 13 Jul 2023 | 14:42

Sony Luncurkan Kamera Vlogging dan Lensa Half-Macro 0.5 Pertama di Dunia

Foto: Sony

Sony resmi meluncurkan 2 (dua) produk terbarunya, yaitu kamera vlogging ZV-1 II dan lensa half-macro telephoto zoom FE 70-200mm F4 Macro G OSS II. Keduanya menawarkan fitur-fitur yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan para vlogger.

Pada peluncurannya, Yoshiyuki Fujioka selaku President Director PT Sony Indonesia mengatakan "ZV-1 II adalah perangkat baru yang menarik bagi para kreator konten dan akan menjadi kamera pilihan bagi banyak orang, termasuk lifestyle vloggers, traveler, influencer media sosial, dan para kreator konten.”

Yoshiyuki Fujioka menjelaskan bahwa kamera ini dibuat berdasarkan masukan-masukan dari komunitas vlogger dan kreator konten yang hingga saat ini setia membuat konten menggunakan kamera Sony seri ZV.

Lebih lanjut, Yoshiyuki Fujioka menyatakan, “Peluncuran ini menandai lensa E-mount full-frame Sony yang ke-50. Lensa FE 70-200mm F4 Macro G OSS II merupakan half-macro telephoto zoom lens pertama di dunia dengan desain yang ringkas dan ringan. 

“Lensa ini dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti, aktivitas fotografi portrait, wedding, dan bahkan macro.” sambung Yoshiyuki Fujioka.

Sony ZV-1 II

Dengan 1.0-type Exmor RS image sensor (sekitar 20.1 MP efektif), BIONZ X image processing engine, dan lensa ZEISS Vario-Sonnar T* 18-50mm F1.8-4 , kamera vlog ultra wide-angle zoom ZV-1 II ini mampu beradaptasi dengan berbagai tingkat keahlian para kreator konten.

Kamera vlogging ini dibekali dengan lensa sudut lebar 18-50mm yang dapat mengambil gambar mulai dari group selfies hingga gambar di ruangan yang sempit, atau merekam aktivitas sehari-hari yang dinamis.

Selain itu, Sony ZV-1 II juga dilengkapi dengan fitur Multiple Face Recognition yang dapat mengenali beberapa wajah, dan secara otomatis menyesuaikan fokus agar semua wajah tetap jelas saat mengambil gambar selfie yang melibatkan dua atau tiga orang.

Kamera vlogging Sony ZV-1 II sangat cocok untuk dibawa saat bepergian, karena mengusung desain yang praktis dan ringan. Bahkan dengan optical wide zoom lens-nya, kamera ini mudah dibawa di dalam saku atau tas kecil.

Untuk memudahkan operasional, Sony ZV-1 II dilengkapi dengan fitur aksesibilitas, termasuk fungsi screen reader untuk pengguna dengan gangguan penglihatan. 

Selain itu, fungsi Focus Magnification and Peaking membuat fokus manual menjadi lebih mudah. Lalu fitur seperti Touch Focus, Touch Tracking, dan Touch Shutter memungkinkan pengguna untuk fokus, melacak, dan mengambil foto hanya dengan menyentuh subjek di layar monitor. 

Beberapa fitur aksesibilitas ZV-1 II di antaranya adalah Screen Reader, Touch AE, Focus Magnifier, Peaking Display, Real-time Eye AF, Real-time Tracking, Touch Focus, Touch Tracking, Touch Shutter, layar LCD Vari-angle, dan fungsi kustom lainnya.

Kamera vlogging Sony ZV-1 II akan tersedia di Indonesia pada bulan Agustus 2023 dalam warna hitam dan putih dengan harga Rp 13.999.000.

Sony FE 70-200mm F4 Macro G OSS II

Lensa zoom telephoto FE 70-200mm F4 Macro G OSS II memiliki cakupan panjang fokus dari 70mm hingga 200mm, dengan aperture maksimum F4. Lensa ini kompatibel dengan seri E-mount Alpha full-frame 35mm.

Sony FE 70-200mm F4 Macro G OSS II adalah lensa zoom telephoto ringkas dan ringan yang dapat digunakan dalam berbagai situasi. Tidak hanya memiliki AF berkecepatan dan performa tinggi, lensa G juga merupakan lensa zoom pertama di dunia yang menawarkan kemampuan setengah makro di seluruh zoom range, dengan perbesaran maksimum 0.5 kali. 

Lensa Sony FE 70-200mm F4 Macro G OSS II dibanderol dengan harga Rp 24.999.00 dan akan tersedia di Indonesia pada bulan Agustus 2023.

Content Writter

1502 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.