Diperbaharui pada Rabu, 28 September 2022 | 11:05

Intel Rilis Prosesor Intel Core 13th Gen dengan Banyak Peningkatan

Intel Rilis Prosesor Intel Core 13th Gen dengan Banyak Peningkatan
Dalam ajang Intel Innovation, Intel mengumumkan keluarga prosesor 13th Gen Intel Core, dengan proseseor Intel Core i9-13900K, yang akan menjadi prosesor desktop tercepat di dunia.

Keluarga 13th Gen Intel Core terbaru ini mencakup enam prosesor desktop unlocked yang memiliki hingga 24 core dan 32 thread serta clock speed luar biasa hingga 5,8 GHz, sehingga bisa memberikan pengalaman gaming, streaming, dan perekaman terbaik.

Diawali dengan peluncuran prosesor Intel Core 'K', keluarga prosesor desktop 13th Gen Intel Core akan terdiri dari 22 prosesor dan lebih dari 125 system design dari para mitra – yang memberikan pengalaman tanpa kompromi dalam performa aplikasi dan kompatibilitas platform.

Para penggemar berat dapat memanfaatkan peningkatan kinerja prosesor 13th Gen Intel Core ini dengan chipset motherboard Intel 600 yang ada saat ini atau seri baru Intel 700.

Dikombinasikan dengan dukungan terhadap memori DDR5 terbaru dan masih tetap kompetibel dengan memori DDR4, para pengguna dapat menikmati manfaat 13th Gen Intel Core sambil menyesuaikan pengaturan mereka berdasarkan fitur dan preferensi anggaran masing-masing.

“Kami sekali lagi meningkatkan standar kinerja PC dengan hadirnya prosesor flagship 13th Gen Intel Core,” kata Michelle Johnston Holthaus, executive vice president and general manager Client Computing Group di Intel.

Ia menambahkan, keluarga 13th Gen Intel Core merupakan contoh terbaru mengenai bagaimana Intel bisa memberikan pengalaman luar biasa saat menggunakan PC -dalam semua skala dan segmen produk PC.

“Melalui penggabungan dengan ekosistem para mitra terkemuka di industri dan beragam solusi baru seperti Intel Unison, maka kami akan menunjukkan kepada dunia apa saja yang mungkin bisa dilakukan ketika pengalaman menggunakan PC terus mengalami kemajuan,” ujarnya lagi.

Serba Bisa untuk Game dan Berkreasi

Intel Rilis Prosesor Intel Core 13th Gen dengan Banyak Peningkatan
Dibangun di atas teknologi proses Intel 7 yang matang serta kinerja arsitektur hybrid x86, prosesor desktop 13th Gen Intel Core akan menghasilkan performa sistem yang lebih baik – bahkan melalui beban kerja multitasking yang paling demanding sekalipun. 

Ini mencakup peningkatan kinerja single-threaded hingga 15 persen lebih baik dan kinerja multi-threaded yang hingga 41 persen lebih baik.

Dengan generasi ini, performance hybrid architecture dari Intel menghadirkan Performance-cores (P-cores) tercepat yang pernah diciptakan dan bersama dengan hingga dua kali lipat jumlah Efficient-cores (E-cores) –memberikan peningkatan kinerja single-threaded dan multi-threaded yang menghasilkan :

1. Pengalaman gaming terbaik di dunia

Tersedia dengan hingga 24 core (8 P-core, 16 E-core) dan 32 thread, prosesor Core i9-13900K terbaru memberikan pengalaman gaming, streaming, dan merekam yang terbaik. Dengan hampir 5,8 GHz serta kinerja single-thread yang 15 persen lebih baik, ia dapat mendorong frame rate yang tinggi dan memungkinkan pengalaman memainkan game-game top dengan lebih bebas.

2. Kemajuan berkelanjutan dalam kinerja kreasi konten

Jajaran prosesor desktop 13th Gen Intel Core menambahkan lebih banyak E-cores dan kinerja multi-threaded hingga 41 persen lebih baik untuk menangani banyak beban kerja komputasi intensif untuk mendukung orang agar tetap kreatif.

3. Pengalaman Overclocking yang Tak Tertandingi

Prosesor 13th Gen Intel Core menawarkan pengalaman overclocking yang tak tertandingi untuk semua kalangan – mulai dari expert hingga pemula. Pengguna prosesor 13th Gen Intel Core dapat melihat kecepatan overclocking rata-rata yang lebih tinggi di seluruh memori P-cores, E-cores, dan DDR5.

Intel juga memperbarui fitur easy 1-click overclocking, Intel Speed Optimizer, untuk mendukung prosesor generasi ke-13 ini, sehingga para pengguna dapat melakukan overclocking dengan mudah. Dan ekosistem Intel Extreme Memory Profile (XMP) 3.0 yang tangguh menyediakan berbagai pilihan modul overclocking.

Ketika digabungkan dengan Intel Dynamic Memory Boost, fitur ini memberikan pengalaman overclocking memori yang lebih mudah, baik dengan DDR4 maupun DDR5.

Rob Bartholomew, chief product officer di Creative Assembly mengatakan, “Kami telah bekerja dengan Intel selama lebih dari satu dekade untuk menghadirkan pengalaman Total War yang luar biasa pada CPU Intel. Kami telah mengoptimalkan Total War: WARHAMMER III untuk arsitektur hybrid Generasi ke-12, dan kami sangat senang bisa melanjutkannya dengan prosesor 13th Gen Intel Core terbaru.”

Fitur Terdepan di Industri untuk Platform Desktop

Intel Rilis Prosesor Intel Core 13th Gen dengan Banyak Peningkatan
Prosesor desktop 13th Gen Intel Core memberikan performa dan pengalaman terdepan untuk para pengguna baik untuk gaming, kreasi konten, dan pekerjaan, dengan beberapa fitur baru serta yang sudah ditingkatkan termasuk:

  • Intel Adaptive Boost Technology dan Thermal Velocity Boost – secara oportunistik meningkatkan frekuensi clock di prosesor berdasarkan power dan thermal headroom saat diberikan workload. Tersedia di SKU Intel Core i9 yang sudah unlocked
  • Lebih banyak E-cores di Intel Core i5, i7, i9 – mendorong lompatan besar dalam performa multi-threaded dan pengalaman multitasking/mega-tasking yang lebih baik bagi pengguna
  • Mendukung PCIe Gen 5.0, dengan hingga 16 lane di prosesor
  • Peningkatan dukungan memori DDR5-5600 dan DDR5-5200, tapi tetap kompetibel dengan DDR4
  • Cache L2 hingga 2x dan peningkatan cache L3

Memperkenalkan Chipset Intel 700 Series

Intel Rilis Prosesor Intel Core 13th Gen dengan Banyak Peningkatan
Bersama dengan prosesor desktop 13th Intel Core, Intel juga meluncurkan chipset Intel 700 Series terbaru yang hadir dengan fitur-fitur canggih untuk peningkatan reliability dan kinerja.

Delapan lane PCIe Gen 4.0 tambahan dikombinasikan dengan PCIe Gen 3.0 menghadirkan total 28 lane di chipset itu, peningkatan port USB 3.2 Gen 2x2 (20 Gbps) memberikan peningkatan kecepatan konektivitas USB, dan DMI Gen 4.0 meningkatkan throughput chipset-to-CPU untuk akses cepat ke perangkat dan jaringan periferal.

Selain itu, Intel menghadirkan forward dan backward compatibility. Manfaatkan peningkatan kinerja prosesor 13th Gen Intel Core dengan motherboard berbasis chipset Intel 600 yang eksisting.

Ketersediaan

Prosesor desktop 13th Gen Intel Core ‘K’ dan chipset Intel Z790 akan tersedia mulai 20 Oktober 2022, termasuk boxed processor, motherboard, dan penjualan perangkat desktop.  

Detail tambahan mengenai keseluruhan keluarga 13th Gen Intel Core akan menyusul. 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2434 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.